taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jangan Bingung, Inilah Cara Mengelola Usaha Warung Kopi

Jangan Bingung, Inilah Cara Mengelola Usaha Warung Kopi

Indonesia berpeluang besar dalam memproduksi kopi yang berkualitas, hal ini menjadi sebuah peluang usaha warung kopi yang berpotensial dan menjanjikan. 
Cara Mengelola Usaha Warung
Kopi adalah salah satu jenis minuman yang diminati oleh segala kalangan, bahkan minuman ini sudah menjadi bagian budaya dalam bersantai sejenak.

Kebiasaan ngopi sambil bercengkrama sudah lama dilakoni oleh masyarakat, tidak heran usaha warung kopi berjamuran dimana-mana karena memiliki banyak peminat. Biasanya pengunjung warung kopi mayoritas adalah lelaki, sementara perempuan cenderung menikmati sendiri di rumah.

Selain banyak peminat, usaha ini bisa dilakukan meskipun dengan modal kecil. Untuk membuat warung kopi sederhana dengan modal relatif kecil dimulai dari 5 juta. Setelahnya kamu bisa menggunakan tambahan modal dalam mengembangkan usaha warung kopi ini.

Penasaran bagaimana cara mengelola usaha warung kopi yang dipandang sebagai karya seni ini? Berikut penjelasannya.

Cara Mengelola Usaha Warung Kopi     


1. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis menjadi salah satu penentu kesuksesan warung kopi kamu, sebaiknya kamu harus menaruh modal cukup banyak dalam memilih lokasi. 

Pilihlah tempat yang sering dilewati oleh kenderaan atau dekat komplek perumahan yang ramai atau daerah perkantoran sesuai dengan konsep warung kopi dan target konsumen kamu.

Kamu juga bisa mencari bangunan bekas restoran agar tidak membangun warung kopi dari awal, cara ini bisa diterapkan untuk menemukan lokasi terbaik untuk bisnis kopi kamu.

2. Cari Supplier Kopi Terbaik

Hal yang harus diperhatikan mengenai cara mengelola usaha warung kopi adalah mencari supplier kopi terbaik dengan kualitas bagus. Kamu bisa melakukan uji coba jenis biji kopi sampai menemukan kopi yang sesuai.

Pastikan supplier yang kamu pilih memiliki harga terjangkau dengan lokasi yang strategis sehingga kamu bisa menghemat dalam biaya kirim produk.

3. Mengikuti Tren

Bukan warung kopi saja yang kekinian, pemilik warung kopi harus mengikuti style kekinian. Jadi pemilik kopi bisa mencari tahu apa yang menjadi topik hangat dimasyarakat, bisa dari minat konsumen, era, gaya, dan perkembangan zaman.

Setelah kamu mempelajari tren tersebut, selanjutnya kamu aplikasikan untuk mengembangkan usaha warung kopi kamu. Bisa berupa desain ruangan atau suasana kopi kekinian, sehingga dapat menarik minat konsumen untuk menikmati warung kopi kamu.

4. Bangun Jaringan Seluas Mungkin

Cara mengelola usaha warung kopi kamu harus memiliki pengalaman dengan mengunjungi tempat ngopi yang ada disekitar kamu, setidaknya ke cafe yang memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan apa yang kamu rencanakan.

Kamu bisa membangun hubungan dengan pemilik kopi, kalau kamu bisa bergaul dengan mereka, maka secara otomatis mereka akan suka rela membagikan pengalaman tentang dunia kopi.

Jaringan bukan sekadar berhubungan dengan orang-orang yang kamu anggap berada diposisi tinggi, melainkan membangun jaringan dengan lingkungan sekitar termasuk calon pelanggan yang membantu perkembangan bisnis kopi kamu.

Bergabung di acara amal bisa membantu kamu untuk tunjukkan diri dan eksistensi usaha warung kopi kamu, dengan begitu akan ada pelanggan yang tertarik dengan kamu.

5. Luwes dalam Bergaul

Salah satu kriteria yang harus kamu memiliki adalah kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dengan konsumen. Baik owner maupun karyawan sudah sewajibnya bisa menguasai keterampilan komunikasi yang baik terhadap siapapun.

Jika warung kopi kamu memiliki pelayanan yang baik, hal ini akan menjadi daya ingat yang baik untuk konsumen sehingga merasa nyaman dan sering berkunjung warung kopi kamu. 

Agar memiliki kualitas pelayanan terbaik kamu harus memiliki hubungan solid dengan kerja tim dengan memperlakukan sebagai sahabat antar karyawan dengan owner. 

6. Riset Menu

Meskipun menu utama usaha kamu adalah kopi, kamu jangan melupakan menu lain yang cocok mendampingi dengan minuman kopi. Seperti kue, gorengan, mie instant, dan berbagai camilan lainnya.

Kebiasaan nongkrong di warung kopi bisa jadi peluang kamu untuk memanfaatkannya sebagai bisnis. Maka dari itu tambahan menu-menu lainnya yang sekiranya cocok dan banyak dicari oleh pembeli. Kamu bisa menjadikan menu tersebut menjadi otentik atau ciri khas yang hanya ada di warung kamu.

7. Perencanan Keuangan yang Tepat

Perencanaan keuangan adalah cara mengelola warung kopi, karena hal ini memiliki faktor yang sangat vital dalam melakukan segala kegiatan usaha. Perencanaan keuangan yang tepat tidak sekadar struktur dan omzet modal, melainkan bersifat jangka panjang.

Jadi perencanaan keuangan memiliki pengaruh besar terhadap keuntungan dan operasional warung kopi yang kamu jalankan. Sebelum membuka usaha warung kopi, alangkah baiknya kamu sudah memahami perencanaan keuangan. 

Referensi Model Bisnis Kopi


Ingin membuka usaha kopi namun masih bingung konsep yang diusung? Berikut beberapa model bisnis kopi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Kios Kopi

Menggunakan mesin kopi dan booth kecil, kamu bisa menjual kopi dengan sistem take away.

2. Coffeehouse

Model bisnis kopi yang sering digunakan oleh para pengusaha kopi, menggunakan model ini kamu harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan sesuatu yang berbeda dengan yang lain agar bisa lebih menonjol.

3. Café Bistro

Tidak mengandalkan rasa kopi yang enak, namun juga menyajikan makanan dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau, model cafe ini biasanya menyediakan hiburan seperti live music.

4. Coffee Roaster

Konsep bisnis ini adalah menyediakan biji kopi roasting berkualitas. Target yang dituju bukan hanya individu pencinta kopi saja melainkan cafe yang memerlukan biji kopi hingga supermarket dan restoran. 

Model ini pembeli bisa mencicipi racikan kopi secara langsung, pastikan juga kamu memiliki koneksi langsung ke petani atau produsen kopi yang terpercaya.

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah penjelasan mengenai cara mengelola usaha warung kopi yang dapat kamu terapkan. Membuka usaha warung kopi tidak semudah membuat secangkir kopi. Maka dari itu kamu harus memiliki persiapan yang matang dan mulailah dengan penuh percaya diri agar mendapatkan hasil terbaik.

Penulis: Putri Geo
Related Posts