taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips dan Cara Mengelola Bisnis Minuman Agar Sukses dan Berkembang

Tips dan Cara Mengelola Bisnis Minuman Agar Sukses dan Berkembang

Bisnis minuman semakin beragam jenisnya. Bisnis ini menjadi pilihan terbanyak bagi pengusaha pemula. Hal ini tentu saja karena peluang bisnis ini sangat luas dan menjanjikan. 
Cara Mengelola Bisnis
Banyak brand baru yang bermunculan dengan merk yang beragam dan jenis minuman yang banyak variannya. Mereka terus berinovasi mengembangkan bisnisnya.

Beberapa brand minuman merasakan keuntungan bisnis minuman sangatlah besar dan menjanjikan. Ada yang bahkan terus mengembangkan bisnisnya hingga memiliki ratusan outlet yang terdaftar dan ribuan cup yang terjual setiap harinya. 

Mengelola bisnis agar sukses meraup keuntungan yang besar, maka kamu harus tahu cara mengelolanya. Berikut di bawah ini tips dan cara mengelola bisnis minuman agar sukses dan berkembang. 

Cara Mengelola Bisnis Minuman

1. Menentukan Target Pasar

Sebelum memulai usaha sebaiknya kamu menentukan target pasar bisnis minuman kamu terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah dalam melakukan promosi, branding dan membuat desain kemasan minuman. 

Misalnya target pasarnya anak-anak maka kamu harus membuat branding minuman kamu yang cocok untuk anak-anak, dan membuat desain kemasan minuman pun harus disesuaikan dengan minat dan kesukaan anak-anak.

Minuman kekinian bisa dijadikan sebagai bisnis pilihan kamu, karena bisnis ini bisa mencapai target pasar yang luas. Tidak hanya anak-anak, melainkan orang dewasa dan orang tua pun menyukai minuman kekinian. 

2. Membuat Catatan keuangan dan Laporan Laba Rugi

Mencatat keuangan seperti pembelian bahan baku, peralatan, bayar sewa lokasi usaha, total penjualan barang. Ini adalah hal penting yang harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar usaha kamu terus terkontrol dan dapat mengetahui berapa jumlah pengeluaran uang dan untuk apa saja juga berapa jumlah uang yang masuk.

Tips dan cara mengelola bisnis minuman juga salah satunya adalah dengan membuat laporan laba rugi. Laporan laba rugi akan menunjukan dalam posisi bagaimana usaha yang kamu jalankan. Apakah untung ataukah rugi. Dengan begitu kamu bisa mengukur dan menilai langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnis kamu.

3. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi usaha minuman bisa menentukan keberhasilan bisnis kamu. Memilih lokasi usaha haruslah tempatnya yang strategis untuk jualan minuman. Pilihlah lokasi usaha yang tingkat pengunjungnya banyak.

Lokasi usaha yang strategis salah satunya adalah di tempat keramaian. Seperti mall, sekolah atau kampus, jalanan, di tempat pusat perbelanjaan, di dekat Alfamart atau Indomaret dan lainnya. Semakin banyak tingkat pengunjung lokasi akan meningkatkan tingkat penjualan minuman kamu. 

4. Menggunakan Bahan Berkualitas

Sebagai pengusaha minuman untuk tetap menjaga tingkat kepuasan konsumen adalah dengan menggunakan bahan yang berkualitas. Konsumen akan merasakan efek dari mengkonsumsi minuman yang kamu jual. Jika menggunakan bahan yang tidak berkualitas dan menyebabkan konsumen sakit, jangan harap mereka akan berlangganan lagi. 

Pilihlah bahan yang masih fresh dan berkualitas. Jangan menggunakan bahan yang sudah kadaluarsa. Menggunakan bahan yang sudah kadaluarsa akan menyebabkan efek buruk terhadap konsumen seperti keracunan, muntah-muntah atau lainnya. 

5. Membuat Varian Menu yang Unik

Inovasi menu sangatlah penting untuk menarik calon konsumen. Mereka akan melihat seberapa unik menu minuman yang kamu jual hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membeli minuman yang kamu tawarkan. 

Varian menu yang harus kamu tawarkan harus disesuaikan dengan target pasarnya. Jika target pasarnya anak-anak maka hindarilah minuman yang bersoda, minuman kopi dan lainnya. Tetapi jika target pasarnya orang dewasa kamu bisa bebas membuat varian menu apa saja. 

Buatlah resep minuman kekinian yang menjadi ciri khas dan keunikan bisnis minuman kamu. Minuman yang khas dan unik akan mampu menarik konsumen lebih banyak. Usaha kamu pun akan mampu bersaing dengan bisnis minuman yang lainnya. 

6. Membuat Kemasan Produk Minuman yang Unik dan Menarik

Kemasan suatu produk akan mempengaruhi daya tarik konsumen untuk membeli produk kamu. Beberapa orang akan membeli suatu produk usaha hanya karena kemasan produknya unik dan menarik. Misalnya yang pernah dilakukan McDonalds. 

Brand minuman ini pernah menggunakan kemasan produk dengan konsep BTS salah satu Boyband Korea yang memiliki banyak penggemarnya di Indonesia. penggunaan kemasan dengan konsep BTS ini membuat penjualan McD semakin meningkat drastis. 

Gunakanlah kemasan produk minuman bisnis kamu yang menarik dan unik dengan konsep tertentu. Hal ini dijamin membuat penjualan produk minuman usaha kamu meningkat drastis. Laba usaha pun semakin banyak dan kamu bisa menambah dan mengembangkan usaha kamu. 

7. Melakukan Promosi di Media Sosial maupun di Dunia Nyata

Lokasi strategis, kemasan produk yang unik, dan minuman dengan rasa yang unik tidak membuat usaha kamu terus meningkat. Kamu harus melakukan promosi dengan gencar dan rutin baik melalui media sosial maupun di dunia nyata. 

Gunanya promosi adalah untuk memperkenalkan produk yang kamu jual. Caranya bisa dengan membuat brosur dengan ukuran kecil untuk kemudian dibagikan disekitar lokasi usaha. Promosi di media sosial pun penting. Buatlah akun sosial media bisnis minuman dan lakukanlah promosi dengan akun tersebut. 

Buatlah jadwal postingan bulanan, dan siapkan caption dan Foto yang menarik. Caption dan foto bisa mempengaruhi ketertarikan pengguna sosial media lain untuk membeli dan berkunjung ke lokasi usaha kamu.

Promosi melalui sosial media pun bisa menggunakan cara bekerjasama dengan influencer atau tokoh terkenal. Untuk mempromosikan minuman yang kamu tawarkan. 

Buatlah surat kesepakatan untuk melakukan kerjasama dengan mereka. Melakukan promosi dengan bekerjasama dengan followers besar bisa meningkatkan penjualan usaha minuman kamu. 

Jangan sampai kamu lewatkan sejumlah informasi lainnya yang tak kalah menarik berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 7 tips dan cara mengelola bisnis minuman agar sukses dan berkembang. Semoga 7 cara di atas bisa membantu kamu dalam meraih kesuksesan dengan berbisnis minuman kekinian. 
Related Posts