taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ini Dia Cara Mengelola Usaha Transportasi, Salah Satunya dengan Mengelola Modal

Ini Dia Cara Mengelola Usaha Transportasi, Salah Satunya dengan Mengelola Modal

Untuk memulai bisnis transportasi memang tidak mudah, saat pandemi Covid-19 transportasi baik darat maupun udara turun drastis. 
Cara Mengelola Usaha
Hal ini karena adanya pembatasan untuk berpergian keluar kota dan banyak peraturan pemerintah yang dirasa masyarakat sangat ribet.

Dalam mengelola usaha transportasi, membutuhkan keterampilan untuk mengelola bisnisnya. Untuk itu, berikut ini beberapa cara mengelola usaha transportasi yang harus kamu ketahui.

Cara Mengelola Usaha Transportasi


1. Mencari Lokasi Bisnis yang Tepat

Membuat bisnis transportasi membutuhkan lokasi yang tepat, untuk itu pilihlah tempat yang ramai atau sering disinggahi banyak orang. Contohnya seperti terminal, stasiun, dan lainnya. 

Lokasi ini tergantung kamu membuat konsep bisnis seperti apa jika bisnis transportasi yang umum, maka memilih lokasi seperti terminal.

2. Belajar Mengelola Modal

Untuk mengelola usaha transportasi, kamu harus bisa mengelola modal agar tidak habis begitu saja. Untuk modal sendiri harus diperkirakan berapa yang kamu butuhkan untuk membuka usaha tersebut.

Bisnis transportasi sangat berpeluang besar jika kamu mengelola dengan baik, maka bisa kamu gunakan untuk mencari modal dengan mengajak saudara maupun teman berinvestasi di usaha yang kamu kembangkan.

3. Menentukan Harga yang Sesuai

Usaha transportasi memang tidak mudah menentukan tarif harganya, hal ini jika kamu mengelola usaha transportasi umum. 

Maka harus sesuai dengan peraturan dari pemerintah yang ditetapkan, akan tetapi jika kamu mengelola transportasi yang lain seperti travel. Untuk harga sendiri ditentukan pemilik, dan sesuai dengan harga pada umumnya.

4. Memilih Jenis Transportasi yang Dikelola

Jenis transportasi saat ini sangat banyak, mulai dari angkutan umum, mobil travel taksi online, ojek online, dan lainnya. Pilihlah jenis transportasi yang kamu inginkan dan memiliki potensi besar penghasilannya. 

Sebelum ketahap penghasilan, jangan lupa cari tahu resiko kerugian dari jenis transportasi yang dipilih. Jangan sampai asal pilih jenis transportasi, karena akan berakibat pada perusahaan yang kamu kelola nanti.

5. Pilihlah Kendaraan yang Berkualitas

Kendaraan merupakan salah satu hal utama dalam usaha transportasi, maka pilihlah kendaraan yang berkualitas mulai dari keamanan dan kenyamanannya. Karena kendaraan yang berkualitas dapat menjamin keselamatan penumpang kamu. 

Jangan sampai memilih kendaraan yang bekas pakai, karena tidak dapat menjamin keselamatan. Mengelola usaha transportasi memang tidak mudah serta memiliki resiko yang berat apabila terdapat kecelakaan yang menyebabkan kematian. Untuk itu pilihlah kendaraan yang bagus, nyaman, dan aman.

6. Pilih Karyawan yang Kompeten

Saat kamu mendirikan usaha transportasi, pastinya membutuhkan karyawan yang kompeten dibidangnya. Seperti supir, untuk supir sendiri harus sudah berlisensi dan berpengalaman mengendarai kendaraan besar seperti bus diberbagai medan. 

Hal ini karena akan berpengaruh pada kualitas dari usaha kamu, maka pilihlah supir yang berkompeten dan berpengalaman. Selain supir, kamu juga harus mencari karyawan lain seperti untuk bidang keuangan yang akan membantu kamu mengelola keuangan. 

Lalu dibidang bisnis yang akan membantu kamu untuk memasarkan jasa transportasi ini. Untuk bidang bisnis maupun marketing kamu harus mencari yang benar-benar berkompeten, karena memiliki peluang besar untuk kelangsungan usaha yang kamu buat.

7. Melakukan Pemasaran

Pemasaran sangat dibutuhkan dibidang apapun termasuk transportasi, karena penting untuk kelangsungan perusahaan yang kamu  kelola. 

Kamu bisa melakukan pemasaran melalui media sosial secara online, selain itu kamu bisa memanfaatkan teman untuk menawarkan atau mereferensikan ke yang lainnya. Hal tersebut akan sangat membantu saat kamu kesulitan mencari pelanggan.

Mengelola usaha transportasi memang tidak mudah, untuk itu kamu harus persiapkan diri, modal, dan pengetahuan agar usaha berjalan lancar.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain, berikut ini.

Baca juga:





Maka itulah informasi yang bisa diberikan tentunya perihal sejumlah cara mengelola usaha transportasi.

Penulis: Nining
Related Posts