taupasar.com

we read, we create and we share it.

Analisa Usaha Membuka Bengkel Motor Untuk Tahap Awal

Analisa Usaha Membuka Bengkel Motor

Analisa usaha bengkel motor bisa Anda lakukan ketika ingin membuka usaha di bidang tersebut. Hal ini bisa menjadi jalan bagi Anda yang ingin benar-benar menekuni dan terjun langsung ke dalam usaha bengkel motor. Apalagi dewasa kini penjualan sepeda motor kian meningkat setiap harinya.

analisa usaha bengkel motor

Masyarakat pun selalu memiliki keinginan untuk membeli sepeda motor dalam keadaan baru. Bahkan ada beberapa dealer di Indonesia yang mengalami peningkatan penjualan motor dalam setiap harinya. Dari hal tersebut itulah terdapat sebuah peluang untuk membuka usaha baru. Yaitu membuka bengkel motor yang dapat menawarkan jasa servis motor dan juga menjual spare part motor yang tentunya sangat dibutuhkan.

Tips Mendirikan Bengkel Motor yang Efektif

Mendirikan sebuah bengkel motor tidak akan jauh dengan kegiatan analisa usaha bengkel motor. Hal ini penting sekali dilakukan guna memiliki sikap cermat dan teliti dalam mendirikan bengkelnya. Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan saat memutuskan akan mendirikan bengkel motor.

1.  Menentukan Lokasi Bengkel Motor

Untuk mendapatkan keuntungan usaha bengkel motor yang didirikan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi yang tepat. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan survey tempat terlebih dahulu dan mempertimbangkan hal-hal lainnya. Ketika bengkel motor tersebut berlokasi di tempat yang strategis, maka tujuan atau target yang direncanakan pun dapat dengan cepat dicapai.

2. Melakukan Survey pada Kompetitor Bengkel Motor

Perencanaan usaha bengkel motor selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan survey. Hal ini bertujuan untuk mempertimbangkan kemungkinan banyaknya konsumen yang akan datang dan kembali ke bengkel. 

Bagi Anda yang baru membuka bengkel, maka diperlukan hal-hal yang menarik perhatian calon pengunjung atau membuat konsumen percaya pada bengkel Anda. Dengan melakukan survey juga Anda akan menciptakan persaingan sehat dengan kompetitor yang ada.

3. Menentukan Target Konsumen

Usaha bengkel motor dan sparepart tidak akan jauh hubungannya dengan target konsumen. Menentukan target konsumen adalah hal yang sangat penting karena Anda dapat mematok harga yang sesuai dan pas. Hal ini pun akan berpengaruh pada jumlah uang masuk setiap bulannya. Tidak hanya itu, penghasilan tersebut pun dapat digunakan sebagai modal untuk mengembangkan usaha yang ada.

Pengembangan juga sangat perlu untuk dilakukan sebab teknologi kendaraan semakin berkembang. Dengan mengembangkan bengkel Anda, maka usaha bengkel pun akan tetap ramai dikunjungi.

4. Menentukan Nama untuk Bengkel

Menyematkan nama pada usaha bengkel Anda juga penting sekali untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar konsumen lebih mudah mengingat nama bengkel Anda. Ketika bengkel Anda sudah dipercaya, maka konsumen pun tidak segan untuk merekomendasikannya pada orang lain untuk mengunjungi bengkel Anda. Pilihlah nama yang mudah diingat dan masih ada kaitannya dengan dunia otomotif.

5. Seragam Pegawai

Dengan adanya seragam bagi para pegawai bengkel, maka hal ini bisa dijadikan sebagai ajang promosi kepada calon pelanggan. Buatlah seragam dengan komposisi warna yang menarik dan juga memiliki ciri khas. Sematkan pula tulisan yang mudah diingat para pelanggan sehingga bengkel Anda selalu dikunjungi.

Rincian Modal Usaha Bengkel Motor

Setelah memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan bengkel, maka Anda juga harus memperhatikan modal yang harus disiapkan. Di antara hal yang harus disiapkan tersebut adalah:

  • Sewa lahan/renovasi
  • Belanja alat untuk operasional bengkel 
  • Biaya operasional bengkel

Itulah beberapa analisa usaha bengkel motor dan persiapan yang dapat Anda lakukan. Penting sekali bagi Anda untuk melakukan persiapan agar bengekel tersebut tidak berhenti di tengah jalan. Selain itu, pastikan bahwa modal yang disiapkan juga cukup untuk membuka usahanya. 

Penulis : Melia F.

Related Posts