taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menganalisis Bisnis Toko Obat Mudah Dipahami Untuk Pemula

Cara Menganalisis Bisnis Toko Obat Mudah Dipahami Untuk Pemula

Toko obat memang termasuk bagian kebutuhan penting bagi manusia agar bisa sembuh dari sakit yang dideritanya. Maka tidak heran, di setiap daerah pasti memiliki toko obat. Tahukah kamu, buka usaha toko obat ini bisa dilakukan oleh siapa saja meskipun kamu tidak memiliki keahlian farmasi. Namun, agar obat yang terjual aman kamu harus sesuai aturan Permenkes No 14 Tahun 2021.
Cara Menganalisis Bisnis Toko
Dapat dikatakan bisnis toko obat sangat berpeluang besar apalagi jenis bisnis ini tidak akan lekang oleh waktu, yaitu tidak bakal mati meskipun adanya perkembangan zaman. Sebelum mendirikan toko obat sendiri, bagi pemula sebaiknya harus mencari tahu dahulu cara menganalisis bisnis toko obat agar bisa berjalan lancar hingga sukses.

Berikut ini akan membahas mengenai cara menganalisis toko obat yang mudah dipahami khususnya bagi kamu yang masih pemula.

Cara Menganalisis Toko Obat

1. Lakukan Rencana Bisnis Sebelum Memulai

Sebelum kamu terjun mengelola toko obat, sebaiknya direncanakan terlebih dahulu bisnis yang akan kamu jalani nanti. Jangan sampai bisnismu malah memberikan dampak buruk. Tentukan target pasar yang kamu tuju, dan pastikan jenis obat yang kamu jual merupakan aman dan lengkap.

Selain itu, tidak ada salahnya kamu melakukan analisis terhadap kompetitor kamu yang memiliki bidang pasar yang sama.

Dengan begitu kamu bisa merumuskan strategi pemasaran dan penjualan, kemudian mampu menetapkan harga obat sesuai standar harga obat, dan analisis SWOT bisnis yang kamu geluti ini. 
Jadikan semua perencanaan itu akan menghasilkan proyeksi modal yang harus dibayarkan hingga pendapatan bahkan pengeluaran.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Perlu kamu ketahui, memiliki lokasi yang strategis sebagai tempat toko obat yang akan dijual akan memberikan keuntungan. Maka dari itu, cara menganalisis bisnis toko obat agar tidak mengalami kegagalan yaitu harus mencari lokasi yang strategis dan mudah di akses oleh calon pelanggan kamu. 

Coba pikirkan jika membuka bisnis toko obat di dekat klinik media, kamu pastinya bisa menemukan banyak pelanggan yang potensial dan hal ini akan memberikan dampak penjualan yang baik pada bisnis kamu.

3. Perhatikan Modal Usaha

Jalan atau tidaknya suatu bisnis itu tergantung seberapa modal yang kamu keluarkan, maka dari itu sebelum memulai kamu harus tahu cara menganalisis bisnis toko obat dengan modal yang pas. Umumnya modal yang diperlukan untuk membuka bisnis toko obat meliputi tempat pada ruangan yang didesain khusus untuk toko obat.

Peralatan pendukung seperti meja, etalase, kursi, lemari, serta biaya untuk mengurus perizinan dan sarana promosi kemudian biaya operasional lainnya seperti gaji pegawai jika punya atau untuk pembelian stok obat-obatan.

Untuk membuka toko obat biaya yang dikeluarkan sekitar Rp25 juta, hal ini sudah termasuk obat-obatan yang umum dikonsumsi, seperti sirup, tablet generik, dan antibiotik. Meskipun begitu, nominal biaya modal toko obat ini bisa berubah sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Membuat Perizinan Buka Bisnis Toko Obat

Usaha toko obat termasuk hal sensitif karena menyangkut aman atau tidak bagi tubuh manusia, maka dari itu diperlukan untuk mengikuti aturan yang berlaku. Di Indonesia pendirian toko obat telah diatur dalam izin Pedagang Eceran Obat pada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. 

Jadi, bagi kamu yang berniat mendirikan toko obat, maka harus mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan membawa persyaratan administrasi yang telah ditentukan.

5. Pilih Distributor Obat Resmi

Setelah bisnis toko obat kamu mendapatkan perizinan, langkah selanjutnya adalah mencari distribusi obat generik yang lengkap dan terpercaya. Sumber obat ini bisa dikatakan cukup sulit dicari bagi kamu yang pemula, namun hal ini ada solusinya yaitu mencari partner dengan pemain lama atau bermitra dengan apotek yang namanya sudah besar sehingga stok obat kamu dapat terus terjaga.

6. Buat Promosi Menarik

Selanjutnya cara menganalisis bisnis toko obat dengan membuat promosi yang baik dan menarik, dengan begitu khalayak bisa tahu usaha toko obat yang kamu jalankan. Selain itu, agar toko obat kamu semakin dikenal lagi kamu dapat menjalin kerja sama dengan dokter dalam satu lokasi dengan kamu. 

Karena dokter biasanya akan merekomendasikan pembeli obat di apotek yang telah bekerja sama dengannya, dan menyediakan waktu untuk layanan konsultasi kesehatan gratis yang sederhana.
Kamu juga bisa memasang papan nama toko dan menyediakan kartu nama, dengan begitu masyarakat akan percaya dan lebih mengenal toko obat yang kamu jual.

7. Pelajari Tentang Obat-obatan

Meskipun kamu bukan latar belakang dari farmasi atau kesehatan, tapi tidak ada salahnya kamu mempelajari jenis-jenis obat yang akan kamu jual ke masyarakat. Setidaknya sebagai pemilik toko obat, kamu bisa mengetahui dan memahami tentang obat-obatan walaupun tidak banyak. 

Sehingga kamu dapat menjelaskan pada karyawan maupun calon pembeli agar bisa mendapatkan obat sesuai kebutuhannya. Hal ini juga untuk menghindari terjadinya kasus salah obat.

Keuntungan Bisnis Toko Obat

1. Prospek Menjanjikan

Bisnis toko obat dapat dibilang memiliki prospek yang menjanjikan, terutama di era modern seperti saat ini yang mana manusia makin rentan terserang penyakit akibat pola atau gaya hidup yang sembarangan.
Dengan adanya toko obat ini, masyarakat bisa memperoleh obat sesuai dengan kebutuhannya saat itu tanpa harus jauh-jauh ke rumah sakit. Pastinya hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga kamu.

2. Bisa Hemat Tempat dan Ruangan

Menjalankan bisnis toko obat tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas, membuka bisnis toko obat di halaman rumah kamu sangatlah bisa. Hanya cukup ditambah dengan pamflet “toko obat” di depan gerbang atau halaman rumah kamu, sehingga para tetangga dan orang-orang lewat akan tahu kalau kamu menjual obat-obatan.

3. Biaya Modal Terjangkau

Di mata masyarakat bisnis toko obat dipandang bagus, makanya tidak heran jika orang mengira modal yang dibutuhkan sangat besar, padahal membuka bisnis ini cukup terjangkau bila dibandingkan dengan bisnis lain. 

4. Pelanggan Selalu Ada

Bisnis toko obat akan selalu ada pelanggan, karena semua orang ingin sehat dan untuk mewujudkannya tentu harus mengkonsumsi tablet obat-obatan, seperti vitamin. Apalagi saat ini lagi musim hujan sarangnya penyakit, sehingga masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan tubuh untuk mencegah kemunculan penyakit.

Demikian pembahasan mengenai cara menganalisis bisnis toko obat yang pastinya mudah dipahami oleh pemula. Meskipun bisnis ini memiliki peluang menjanjikan.

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Namun kamu harus tahu kendala yang bakal kamu hadapi yaitu tidak terjualnya obat-obatan sehingga habis masa kadaluarsa, selain itu beredarnya obat palsu yang berpotensi tinggi. Pelajari dengan tekun mengenai obat-obatan, sehingga bisnis toko obat kamu dapat berjalan dengan lancar.
Related Posts