taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ingin Mengetahui Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kuliner Dengan Modal Minim

Ingin Mengetahui Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kuliner Dengan Modal Minim

Anda hobi memasak dan ingin berbisnis kuliner? Namun, bingung dengan modal yang sangat minim? Tidak perlu khawatir karena dengan modal yang minim.
Cara Mendapatkan Modal Usaha U
Anda dapat melaksanakannya. Lantas Bagaimana cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis kuliner tersebut?

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kuliner 

Berbisnis di bidang cemilan dan makanan adalah sebuah peluang yang sangat menggiurkan. Walaupun dengan modal yang minim bisnis kuliner dapat terlaksana. Namun, sebelum Anda memulai usaha kuliner tersebut terdapat sebuah cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis kuliner dengan cara modal minim.

Terdapat sebuah langkah yang sangat pasti dan tentunya akan sukses. Jika Anda mengikuti panduan tersebut. Apa sajakah trik jitu dalam membangun kerajaan bisnis kuliner tersebut? 

1. Mencari Konsep yang Jelas

Panduan pertama bagi calon pelaku usaha kuliner, yaitu dengan membuat konsep yang jelas dan matang. Agar kedepannya usaha yang dijalankan mempunyai tujuan yang jelas.

Contoh konsep usaha kuliner tersebut adalah kapan waktu Anda memasak, apakah ketika ada pesanan masuk ataukah sebelum ada pesanan. Semua itu harus dipikirkan secara matang, supaya mempunyai hasil maksimal. 

2. Daftar Menu Kuliner

Selanjutnya adalah menentukan berbagai jenis opsi pilihan daftar kuliner yang sangat diminati oleh customer. Apakah yang ingin dijual dan makanan, minuman atau cemilan apa yang sedang viral.
Contoh jenis minuman yang saat ini sedang viral,  yaitu : 
  • Kopi.
  • Es krim.
  • Es boba. 
  • Thai tea. 
  • Es rumput laut. 
  • Es teler. 
  • Es kelapa muda dsb. 
Untuk jenis cemilan yang sedang trending saat ini contoh adalah :
  • Roti brownies
  • Donat.
  • Pisang Crispy.
  • Martabak
Apabila ingin membuka kuliner khas masakan Jepang, inilah contoh menu yang sedang trending,  yaitu:
  • Ramen.
  • Sushi.
  • Tempura 
Jika lebih memilih masakan korea, masakan Timur, Cina dan Thailand atau bahkan masakan khas India. sebaiknya Anda harus persiapkan  secara matang dan jenis menunya. Atau masakan viral dari indonesia contohnya adalah seafood, soto bakso dan bakmi.

3. Target Pemasaran

Cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis kuliner dengan  dana minim selanjutnya adalah target dalam pemasaran. Langkah yang harus diperhatikan adalah harga, nilai dan keunikan nya. Hal ini harus ter program sejak awal agar bisnis tersebut lancar. Dalam kasus ini sangat penting untuk melakukan survei lapangan.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui berapa harga dan target pasar yang akan diterapkan. Apabila sudah menerapkan harga selanjutnya apakah pemasaran yang akan Anda inginkan?

Apakah pemasaran online ataukah offline ataukah ingin menerapkan kedua pemasaran tersebut? Jika pemasaran online mitra manakah yang ingin Anda ajak kerjasama? Grabfood, Shopee Food atau Gofood. Lantas Bagaimanakah sistem promosinya?

4. Bahan Baku

Setelah menerapkan harga dan target pemasaran. Pelaku usaha harus mencari  dari mana pelaku usaha mendapatkan bahan baku dan proses penyimpanan. Akankah Anda akan mengajak kerjasama dari distributor bahan baku ataukah belanja menuju ke pasar dan itu harus Anda siapkan sebelum membuka usaha.

5. Adanya Bisnis Plan

Cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis kuliner selanjutnya adalah menerapkan Bisnis plan. Hal ini sangat penting bagi pelaku usaha yang ingin merintis usahanya dengan sukses. Dengan adanya bisnis plan, maka akan mengetahui perputaran uang serta rencana usaha. Anda dapat mencari partner atau pun investor.

Tentunya dengan memanfaatkan proposal, maka dapat membantu pelaku usaha dalam mempresentasikan. Pastikan bahwa isi dari rencana bisnis kuliner harus sangat detail. Contoh daftar isi yang berada di bisnis plan adalah:
  • Nominal modal usaha.
  • Adanya rencana keuangan.
  • Kalkulasi mengenai detailnya penggunaan.
  • Adanya tim kerja (kurir, asisten, kasir, admin dan marketing promosi)
Sedangkan untuk modal usaha kecil biasanya owner yang melakukan pekerjaan dari memasak hingga menyajikan.
  • Adanya strategi pemasaran.
  • Kalkulasi keuntungan bisnis.
  • Waktu pelaksanaan.
6. Tempat Tepat dan Strategis

Selanjutnya pelaku usaha harus menemukan lokasi yang strategis. Apabila mencari lokasi yang strategis, maka membutuhkan survei dan pengamatan di lapangan. Untuk pengamatan harus di survei secara langsung. Survei dapat dimulai ketika  pagi, siang dan malam. Amati pula Apakah ketika pagi, siang atau malam banyak orang yang melintas di daerah tersebut?

Survei pula masalah parkir serta keamanannya. Jika perlu tanyakan orang sekitar, apakah lokasi tersebut aman dan bebas banjir.  Pertimbangkan pula mengenai daya beli masyarakat sekitar. Agar produk yang akan Anda jual dapat diminati oleh para customer.

7. Menciptakan Menu dan Nama Usaha

Merk usaha atau menciptakan nama usaha harus dikenali oleh para calon customer. Pengenalan tersebut dapat melalui lapak atau dapat juga melalui GPS map, jika Anda sudah mendaftarkan nya. Kemudian jika menciptakan sebuah nama usaha. Buatlah yang sesuai dengan produk yang dijual. Ambil dari salah satu kata kunci menu makanan yang dijual.

8. Mempromosikan Produk Usaha Anda

Perkenalkan nama menu kuliner dan nama usaha via sosial media. Contoh Twitter, Facebook dan Instagram dengan memasarkan produk melalui media sosial tersebut maka bisnis akan semakin lancar.
Apalagi jika mempunyai akun Fanpage  dan adanya logo yang mudah diingat. Sertakan pula promosi di media sosial dengan konten yang menarik.

Membangun sebuah bisnis tidaklah mudah apalagi jika bisnis tersebut di bidang kuliner. Namun bagi Anda yang memiliki passion pada bidang kuliner tersebut maka harus dapat mencari cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis kuliner.

Meskipun Anda memiliki modal yang minim. Bagaimana agar bisnis tetap dapat berjalan dengan lancar. Kuncinya adalah melakukan promosi dengan cara kekinian. Adanya promosi yang unik, maka akan memikat calon customer untuk datang dan menikmatinya.

Sebagai informasi tambahan, Anda bisa menyimak sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Itulah informasi yang bisa diberikan tentunya perihal cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis kuliner.

Penulis: Farah
Related Posts