taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tak Usah Bingung, Berikut 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Toko Alat Tulis

Tak Usah Bingung, Berikut 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Toko Alat Tulis

Peralatan tulis tidak hanya dibutuhkan oleh para pekerja dan siswa saja. Ya, semua orang juga membutuhkan peralatan ini untuk menunjang kegiatan sehari-hari dan sebagai persediaan peralatan ATK di rumah maupun di kantor. 
Cara Mendapatkan Modal Usaha
Jika dilihat dari segi bisnis, usaha toko alat tulis tidak sesulit yang dibayangkan. Selain itu, modal yang dibutuhkan pun relatif tidak besar.  Maka dari itu, memulai usaha toko alat tulis bisa menjadi peluang bisnis yang mendatangkan kesuksesan. 

Mendapatkan kesuksesan dari menjalankan usaha toko alat tulis dibutuhkan strategi yang sesuai dengan pasarannya. Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah mencari cara mendapatkan modal usaha toko alat tulis.

Penasaran bukan bagaimana cara mendapatkan modal usaha toko alat tulis yang pastinya bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun.

7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Toko Alat Tulis

1. Lakukan Peminjaman di Bank

Sudah menjadi hal umum bahwa Bank menjadi tempat yang paling sering dituju orang apabila sedang membutuhkan modal usaha. Melakukan peminjaman dari Bank bisa menjadi pilihan tepat untuk mencari cara mendapatkan modal usaha toko alat tulis.

Ada program pinjaman di bank yang dinamakan kredit multi guna (KMG), yaitu memberikan sejumlah jaminan misalnya aset properti atau kendaraan bermotor kepada pihak Bank. Bunga yang ditawarkan biasanya antara 9-12 persen dengan tenor antara lima hingga 20 tahun, tergantung jumlah pinjaman yang kamu ambil.

2. Menggunalan P2P atau Fintech Peer to Peer Lending

P2P Lending atau Fintech Peer to Peer Lending merupakan suatu metode memberikan pinjaman uang kepada individu/bisnis dan juga sebaliknya untuk mengajukan pinjaman keperluan individu/bisnis. Maksudnya yaitu menghubungkan antara pemberi pinjaman (pendana/pendana) dengan peminjam secara daring atau online.

P2P Lending ini bisa menjadi solusi untuk cara mendapatkan modal usaha toko alat tulis. Dengan begitu, setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman yang satu dengan yang lain untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara.

3. Gunakan Tabungan dan Jual Aset

Jika kamu ingin mendapatkan modal usaha tanpa meminjam ke Bank karena adanya bunga. Maka menggunakan uang tabungan yang kamu simpan bisa menjadi sebuah solusi.  Apabila uang tabunganmu tidak cukup dijadikan modal usaha, maka tambahkan dengan jual aset yang kamu punya.
Seperti properti rumah, kendaraan motor, emas atau investasi lain yang menguntungkan.

Tidak usaha ragu dan sayang pada aset yang sudah dijual, bila usaha toko alat tulis  berhasil,  kamu bisa membeli aset yang telah dijual tadi dengan yang lebih bagus dan lebih banyak.

4. Sponsor dari Website

Cara mendapatkan modal usaha toki alat tulis yang sedang tren saat ini adalah sponsorship lewat website tertentu yang didukung teknologi internet canggih.  Nama bekennya sih crowdfunding, program ini ternyata masih tergolong baru di Indonesia, tetapi sudah cukup lama dikenal di manca negara. 

Jika ingin menggunakan cara ini, kamu hanya menawarkan jenis usaha yang akan dibuat lewat salah satu situs crowdfunding. Apabila para pengunjung ada yang berminat, hal ini bisa menjadikannya sponsor untuk menyumbangkan uangnya. 

Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan bayaran berupa reward sesuai dengan peraturan dalam situs tersebut. Beberapa situs crowdfunding terkenal di Indonesia misalnya KitaBisa, Wujudkan, atau AyoPeduli.

5. Meminjam dari Keluarga atau Teman Dekat

Jika ingin mencari cara mendapatkan modal usaha toko alat tulis tanpa jaminan yaitu dengan meminjam kepada keluarga atau teman dekat. Tetapi sebelum meminta modal usaha dari orang terdekat, kamu perlu menyiapkan business plan yang lengkap agar mereka paham mengenai bisnis yang kamu jalankan.

Selain itu membuat mereka akan lebih mudah dalam memberikan keputusan karena sudah tahu apa yang mereka dapatkan dari bisnis yang kamu jalankan.

6. Memanfaatkan Bantuan dari Pemerintah

Cara mendapatkan modal usaha toko alat tulis yang bisa kamu manfaatkan adalah bantuan dari pemerintah. Selama beberapa tahun terakhir ini, pemerintah telah mengeluarkan BLT atau Bantuan Langsung Tunai yang ditujukan kepada para pelaku UMKM. 

Pemerintah memahami dan tahu betul kesulitan yang dihadapi oleh pelaku UMKM apalagi masa pandemi.  Dana ini dikhususkan karena pemerintah ingin menguatkan dan menjaga stabilitas UMKM supaya bisa berkembang menjadi perusahaan besar. Jadi tidak ada salahnya kamu menggunakan bantuan dari pemerintah sebagai modal usaha toko alat tulis kamu.

7. Gunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Selain dalam bentuk bantuan langsung tunai, ternyata pemerintah juga menyediakan layanan pinjaman lain yang disebut Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR ini ditujukan untuk kamu sebagai para pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha. 

Melalui Kredit Usaha Rakyat, setiap pelaku UMKM diharapkan dapat mengembangkan bisnisnya, bahkan dapat menjadikannya sebagai bisnis yang besar. Syarat utama untuk mengajukan pinjaman KUR adalah:
  • Memiliki kekayaan bersih setidaknya Rp50 juta. Jumlah ini dikhusus untuk usaha mikro. 
  • Memiliki kekayaan bersih setidaknya Rp50 juta sampai Rp500 juta. Jumlah ini diperuntuk usaha kecil. 
  • Memiliki kekayaan bersih sekiranya Rp500 juta sampai Rp10 miliar. Jumlah ini untuk usaha menengah. 
Jika telah memenuhi syarat, pinjaman Kredit Usaha Rakyat bisa jadi pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk melakukan pengajuan dan transaksi melalui website resmi milik pemerintah karena saat ini ada banyak penipuan yang mengatasnamakan pemerintahan. Untuk membangun usaha toko tulis, kamu harus tahu tips dan trik supaya usaha lamu semakin sukses.

Tips Membuka Toko Alat Tulis

1. Penyediaan Alat Tulis yang Lengkap

Semakin lengkap produk alat tulis kamu, semakin banyak pula pembeli yang datang. Selain itu, pembeli juga tidak perlu berpindah ke tempat lain untuk mencari kebutuhannya, karena semuanya tersedia di toko kamu.

2. Penataan yang Rapi

Agar produk alat tulis kamu selalu terlihat rapi, gunakan etalase atau lemari.  Hal ini akan memberi kemudahan pada pembeli untuk memilih alat tulis tanpa harus membongkar sana-sini.

3. Harga Bersaing

Harga menjadi penentu laris atau tidak usaha. Maka dari itu, tetapkan harga bersaing yang terjangkau agar pembeli tidak berpaling ke toko lain.

4. Perkenalkan Secara Online

Agar toko alat tulis kamu semakin menghasilkan banyak cuan, jangan lupa untuk memasarkannya secara online.

5. Melayani Pembeli dengan Baik

Ingat, pembeli adalah raja. Maka jadikan kepentingan dan kepuasan mereka menjadi fokus utama dalam berbisnis. Jika pembeli puas, mereka pasti akan kembali membeli di toko kamu. Dengan begini, omzet penjualan dipastikan akan meningkat secara terus-menerus.

Untuk bisa mendapatkan informasi menarik lainnya, Anda bisa menyimak nya di bawah ini.

Baca juga:





Demikian cara mendapatkan modal usaha toko alat tulis dan beberapa tips dan trik supaya usaha kamu lebih menghasilkan cuan yang banyak.Ingat, menjalankan sebuah usaha harus tekun dan bekerja keras. Selain itu, pastikan kamu pantang menyerah meskipun usahamu tidak berjalan mulus.
Related Posts