taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mencari Investor Asing Untuk Modal Usaha Paling Jitu

Cara Mencari Investor Asing Untuk Modal Usaha Paling Jitu

Memulai usaha sebenarnya tidak harus mempunyai modal yang cukup besar, karena yang penting adalah mempunyai ide bisnis yang kreatif. Bahkan ada cara mencari investor asing untuk mendanai ide anda yang ditaksir akan menguntungkan tersebut.
Cara Mencari Investor
Tentu ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan sumber dana dari luar negeri tersebut. Cara yang tidak sama dengan mendapatkan modal usaha dari dalam negeri. Karena akan mempunyai proses yang cukup rumit dengan melewati birokrasi dan hukum.

Cara Mencari Investor Asing Untuk Modal Usaha

Sebelum memutuskan untuk memodali ide bisnis cemerlang Anda dengan cara mencari investor asing. Maka alangkah baiknya kalau juga menyiapkan mental Anda dengan baik, selain itu juga menguatkan terlebih dahulu tekad sekuat baja.

Selain itu juga sudah harus benar-benar siap dan yakin dengan ide, konsep dan strategi bisnis yang akan dijalankan, Alangkah baiknya juga kalau sudah mempunyai toko online atau bisnis start up yang sudah berjalan sehingga investor asing akan lebih yakin untuk menanamkan modal.

1. Mengajukan Proposal Kepada Calon Investor Asing

Cara yang pertama adalah dengan mengajukan proposal kepada calon investor asing. Karena Proposal ibarat sebuah jembatan bagi perusahaan untuk mencari tambahan modal. Baik saat mencari investor ataupun untuk meminjam dana.

Agar peluang keberhasilan lebih besar maka alangkah baiknya kalau membuat proposal yang menarik. Selain itu jika proposal tersebut juga sesuai dengan situasi usaha, maka dampaknya akan sangat baik bagi penilaian terhadap perusahaan. 

Anda harus membuat proposal yang terlihat istimewa dan menarik perhatian untuk memikat hati calon investor. Alangkah baiknya kalau dalam proposal tersebut memuat secara detail mengenai visi dan misi dari perusahaan yang sedang Anda jalankan. Cantumkan juga posisi arus kas perusahaan, dan rencana usaha yang akan datang.

2. Melakukan Presentasi yang Menarik

Kemudian cara mencari investor asing berikutnya adalah mempresentasikan proposal yang sudah Anda buat dengan menarik tadi. Meskipun sebelumnya para calon investor tersebut telah membaca proposal yang sudah dibuat namun dengan presentasi pengaruhnya akan memberikan dampak yang besar.

Agar presentasi yang anda lakukan di depan calon investor terlihat lebih menarik maka dapat membuat slide presentasi yang menarik. Tidak perlu terlalu banyak tulisan yang bertele-tele, intinya singkat, padat dan mewakili ide yang ingin disampaikan.

Buatlah slide presentasi tersebut dengan menambahkan sedikit animasi sehingga calon investor memahami dengan jelas penjelasan Anda. Jangan lupa untuk membahas mengenai manajemen keuangan, prospek usaha dan tim kerja pada perusahaan.

Dengan tampilan slide yang cantik dan animasi yang dapat mewakili dari ide usaha yang ditawarkan. Investor asing juga dapat melihat gambaran kesungguhan dari pemilik usaha tersebut dalam menawarkan usahanya.

Jangan lupa juga saat menyampaikan presentasi harus dengan penuh percaya diri. Usahakan menguasai materi yang ingin disampaikan dan poin penting dari usaha tersebut yang menjanjikan keuntungan bagi investor yang tertarik untuk berinvestasi.

3. Menjelaskan Risiko Usaha

Dalam setiap usaha yang dilakukan selain mempunyai peluang keuntungan juga memiliki resiko yang mungkin datang. Sehingga sebagai calon penerima modal yang baik maka Anda harus menjelaskan risiko yang mungkin terjadi kepada calon investor.

Jelaskan dengan detail kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dengan detail. Apalagi ketika ingin mendapatkan tambahan modal usaha jangan sekali-kali menyembunyikan risiko tersebut dari calon investor asing. 

Karena investor asing yang akan menjadi penanam modal tersebut berhak tahu hambatan apa saja yang mungkin dialami oleh perusahaan. Dengan demikian investor dapat mengetahui hambatan yang mempengaruhi perusahaan mendapatkan keuntungan dan membantu mencari solusi terbaik.

Pada dasarnya investor juga akan memilih pengusaha yang jujur dalam mencari investasi. Karena menandakan bahwa pengusaha tersebut dapat dipercaya untuk diajak bekerja sama dengan baik dan menguntungkan.

Dibandingkan dengan pengusaha yang hanya mengedepankan kepentingan tanpa menjelaskan resiko, tentu investor lebih memilih yang jujur. Apalagi ketika menemukan pengusaha yang terkesan berlebihan dalam mempromosikan usahanya.

4. Mengikuti Pameran dan Kompetisi 

Cara mencari investor asing yang keempat adalah dengan mengikuti berbagai macam pameran dan kompetisi dalam bidang bisnis. Ketika Anda sudah memiliki usaha yang sudah berjalan dengan baik, maka sebaiknya Anda mengikuti pameran dan juga kompetisi yang mendatangkan banyak calon investor.

Biasanya calon investor tersebut, terutama investor asing datang ke pameran dan kompetisi untuk melihat konsep bisnis yang ditawarkan. Ketika merasa tertarik maka mereka tidak akan segan untuk mengucurkan dana yang dibutuhkan. 

Sehingga bagi pengusaha ajang pameran dan kompetisi adalah langkah terbaik untuk menunjukkan kinerja perusahaan. Sehingga mendatangkan banyak investor asing yang mungkin tertarik dengan ide usaha yang Anda tawarkan.

Tak jarang perusahaan yang menuai kesuksesan berawal dari mengikuti berbagai pameran dan kompetisi. Sebagai ajang branding yang terbaik, Anda akan mendapatkan banyak kompetitor yang mempunyai usaha yang sama.

5. Membuat Strategi Usaha yang Benar 

Tidak ada pengusaha yang tidak ingin usaha yang dijalankannya berkembang dengan baik. Semantara untuk berkembang ini memerlukan tambahan modal usaha dalam mencapainya. Itulah sebabnya ketika menginginkan investor asing mendanai proyek atau usaha yang anda lakukan memerlukan strategi bisnis.

Yang mana strategi bisnis tersebut sangat tepat untuk mengembangkan usaha dan mendapatkan keuntungan yang diharapkan kedua belah pihak. Siapkanlah strategi usaha yang baik dan sempurna karena mencerminkan proyek usaha Anda di masa depan.

6. Merapikan Laporan Neraca 

Merapikan laporan neraca juga merupakan salah satu cara mencari investor asing. Karena saat seorang investor menyetujui untuk menanamkan modal pada perudahaan Anda, tentunya mengharapkan untuk mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut.

Sebelum memutuskan untuk menanam modal biasanya para investor suah mempertimbangkan dengan matang kerugian dan keuntungan yang mungkin mereka dapatkan. Sehingga akan mencermati dengan benar perjalanan laporan arus kas perusahaan Anda melalui neraca keuangan.

Susunlah neraca keuangan pada perusahaan Anda dengan rapi dan jelas dengan rincian perhitungan kas, utang, aktiva lancar, dan aktiva tetap secara terpisah dan detail. Kalau Anda tidak terbiasa atau merasa bingung membuat laporan keuangan dengan format yang benar dan menarik maka dapat menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di internet.

Karena sekarang banyak tersedia aplikasi keuangan yang mumpuni dengan hasil yang memuaskan. Anda dapat mengunduhnya dari Playstore maupun Appstore dengan mudah. Dan memilih yang paling mudah untuk Anda gunakan dengan cepat.

Karena menyusun keuangan dengan rapi dan benar bukanlah pekerjaan yang mudah. Sehingga memanfaatkan aplikasi ini akan membantu meringankan beban pekerjaan yang harus anda lakukan. Sekaligus meningkatkan kinerja Anda dengan baik di mata calon investor.

Di bawah ini juga disediakan sejumlah informasi yang tak kalah menarik, simaklah.

Baca juga:





6 hal penting mengenai cara mencari investor asing tadi dapat anda terapkan untuk mendapatkan tambahan modal bagi perusahaan Anda. Karena usaha yang besar tentunya memerlukan modal yang besar juga sehingga demi perkembangan usaha, jasa investor asing sangatlah bermanfaat.

Penulis: Rien
Related Posts