taupasar.com

we read, we create and we share it.

8+ Ide Konten Instagram Bisnis yang Efektif

8+ Ide Konten Instagram Bisnis yang Efektif


Mengikuti perkembangan bisnis online yang kini sedang tren, penggunaan media sosial seperti Instagram pun tak hanya sigunakan sebagai medium komunikasi antar pengguna, namun dapat digunakan juga untuk media promosi bisnis.
ide konten instagram
Alasannya sudah jelas karena pengguna internet, atau khususnya IG begitu banyak, tak hanya di Indonesia akan tetapi di seluruh dunia. Oleh karena itu banyak pebisnis atau bidang pemasaran memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi tersebut untuk promosi, berinteraksi dengan konsumen, hingga jual-beli.

Untuk memaksimalkannya, kini Anda dapat menggunakan Instagram Bisnis agar lebih spesifik. Mendapatkan IG bisnis begitu mudah, yaitu dapat Anda lakukan dengan mengonversikan akun menjadi akun IG Bisnis. Caranya dengan mengubah profil dan beralih ke profil bisnis. Setelah itu tmbahkan biografi bisnis Anda di akun tersebut, lalu tautkan dengan website bisnis.

Setelah profil akun berubah, yang paling penting bagi pebisnis adalah memanfaatkannya untuk membuat berbagai konten menarik seputar bisnis. Untuk menghasilkan materi unggahan yang bagus, kita perlu memiliki ide konten Instagram Bisnis yang powerful untuk menarik minat pembeli.

Manfaat Ide Konten Menarik untuk Akun IG Bisnis


Sebelum membahas ide konten yang menarik, setidaknya kita perlu memahami terlebih dahulu apa tujuan adanya konten menarik di Instagram, agar ke depannya pun semakin konsisten dalam berkreasi. Manfaatnya sebagai berikut:

  • Untuk mengundang lebih banyak user mengunjungi akun IG bisnis 
  • Bisa meningkatkan jumlah followers dan calon customer 
  • Konten yang konsisten akan membuat pengikut dan user lebih familiar dengan produk bisnis Anda 
  • Sebagai media promosi, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk bisnis Anda 
  • Memberikan pengetahuan dan informasi kepada pengguna Instagram khususnya followers tentang produk 
  • Menambah daya minat dan daya beli

Ide Konten Instagram Bisnis Menarik


1. Unggah Foto Produk

Ide konten yang sudah pasti dilakukan semua pebisnis adalah mengunggah foto produk yang bagus dan menarik. Agar menarik perhatian calon konsumen, tak jarang pemilik menggunakan photoshoot produk yang eye-catching atau aesthetic.

Inilah bedanya IG untuk akun pribadi dan untuk akun bisnis resmi, di mana admin atau tim akan membuat postingan yang bagus dan menarik mata. Jadi, foto produk pun tidak asal upload saja, Anda dapat menambahkan frame resmi dari brand atau kreasi lainnya.

Apalagi bagi akun bisnis kini bisa ditambahkan detail pada unggahan foto, seperti mencantumkan harga produk. Sehingga pengguna mana pun yang menemukan unggahan foto tersebut dapat mengetahui harga jual dari produk hanya dengan tap foto tersebut. Dengan adanya berbagai foto, akun IG sudah dimanfaatkan sebagai katalog produk.

2. Caption yang Mendukung

Jika sebelumnya Anda berganggapan bahwa tidak ada yang terlalu spesial dari penggunaan kolom caption di IG, maka kini harus mengubah mindset-nya. Agar tidak monoton dan agar lebih aktif, unggahan foto atau video harus dilengkapi caption, kata-kata atau deskripsi yang mewakili produk bisnis.

Melalui deskripsi yang ditambahkan, bisa sekaligus sebagai usaha untuk meningkatkan kepercayaan pembeli. Istilahnya kita sedang membangun citra produk melalui promosi dengan menyebutkan berbagai kelebihannya. Bahkan biasanya bagi reseller, tidak perlu kesulitan merangai kata lagi, ia dapat menggunakan detail deskripsi dari agen.

3. Konten Quotes Menarik

Meskipun sebagai akun bisnis, namun kita pun jangan terlalu kaku dalam penggunaannya. Sebagai intermezo, akun bisnis dapat diselingin dengan sesuatu yang menarik lainnya. Anda dapat membuat unggahan berbagai quotes menarik dan membangun, diatur sedemikian rupa menggunakan fasilitas editing yang ada.

4. Testimoni dari Customer

Ide konten Instagram Bisnis lainnya dapat dilakukan dengan mengunggah berbagai testimoni terbaik dan terpercaya dari para customer. Untuk melengkapi kreativitas dalam unggahan sekaligus mebambah kepercayaan dari para pengguna IG lainnya, hal ini sangatlah berguna untuk dilakukan.

Jual beli secara online pada dasarnya akan timbul obrolan antara penjual dan pembeli. Di situlah kesempatan bagi penjual untuk menjalin hubungan yang baik dengan pembeli. Seperti memberikan respon yang baik dan cepat, hingga klien tersebut yakin untuk meneruskan pembelian dan transaksi.

Setelah pengiriman barang sampai ke tangan pembeli, biasanya timbul respon dari pembeli. Atau Anda dapat langsung bertanya mengenai pendapat customer terhadap produk yang dibeli tersebut. Tanggapan yang bagus dapat Anda capture dan manfaatkan untuk diunggah di IG story atau dalam feed foto.

5. Mengadakan Give Away Event

Agar lebih aktif, Anda juga bisa menggunakan ide untuk mengadakan give away seperti yang selalu diadakan akun bisnis lainnya. Bahkan cara ini efektif untuk bersaing dengan kompetitor, karena akun bisnis akan mudah diingat para pengguna IG sehingga berimbas pada citra produk.

Membuat program seperti ini tentu bisa diakali dengan mencari sponsor terbaik yang dapat diajak kerjasama. GA bisa diadakan melalui kuis dengan pertanyaan seputar produk bisnis Anda. Beritahukan pula seperti apa reward yang akan didapatkan pemenang, sehingga user lebih tertarik bergabung.

6. Konten Interaktif

Satu lagi ide menarik yang dapat membuat akun bisnis lebih akrab dengan followers yaitu dengan open QnA di story. Program tanya jawab bisa dijadwalkan oleh Anda dalam beberapa waktu yang lebih terjadwal, sehingga bisnis tidak akan kehilangan konsumennya.

Membuka tanya jawab pun bisa dimanfaatkan untuk keuntungan bisnis, yaitu tanya jawab seputar produk atau hal-hal out of the content agar para pengikut terhibur.

7. Update Video

Bukan hanya berfokus pada foto saja, mengunggah konten berbentuk video juga sangat diperlukan untuk menambah variasi di feed IG. Selain itu, biasanya pengguna akan tertarik pada penjelasan yang dikemas dalam format video karena lebih lengkap dan menarik.

Untuk video pun kini fiturnya lebih lengkap. Anda bisa menggunakan fitur Reels untuk upload video pendek. Bisa juga menggunakan fitur IG TV untuk mengunggah konten video berdurasi lebih panjang. Lalu ada pula fitur live yang dapat digunakan untuk promosi dan berinteraksi secara live dengan followers.

8. Unggah Konten Behind the Scene

Sebagai intermezo akun bisnis, ide lainnya dapat memanfaatkan behind the scene dari proses photoshoot produk atau pembuatan video. Dalam setiap proses pembuatan konten, kita pasti menyimpan file mentahan yang tidak terpakai. Daripada dihapus, jika file tersebut menarik untuk dijadikan unggahan behind the scene, maka bisa diunggah pula.

9. Proses Pembuatan Produk

Selain itu bisa juga membuat konten berupa proses-proses pengolahan produk jualan. Misalnya memperlihatkan video pembuatan hingga saat pengemasannya. Karena siapa tahu dengan begitu, pebisnis mendapatkan manfaat lebih untuk semakin dipercaya oleh konsumen.

Ketika calon konsumen mengetahui lebih detail proses pembuatan suatu produk, ia akan lebih yakin akan keamanan konsumsi atau penggunaannya.

Sejumlah artikel berikut ini bisa dijadikan tambahan informasi.

Baca juga: 





Itulah serba-serbi pembahasan tentang ide konten Instagram Bisnis, mulai dari apa yang perlu dilakukan untuk memperkaya konten bisnis, serta kegunaan atau feedback-nya bagi bisnis.
 
 
Penulis: Ratih Pratiwi
Related Posts