-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Mengenal Instagram Bisnis dan Pengembangan Bisnis Online

Apa Itu Instagram Bisnis?

Instagram Bisnis adalah istilah yang sering digunakan bagi seseorang yang berbisnis (bisanyanya jual beli atau promosi lewat sosial media Instagram.  Instagram sendiri adalah aplikasi yang digunakan untuk upload foto atau video. Aplikasi ini dirilis secara perdana pada Oktober 2010. Ketika Anda mengunggah foto atau video ke instagram, Anda dapat membaginya ke akun media sosial lain.

instagram bisnis
instagram bisnis - Pixels


Saat ini media sosial yang bekerja sama dengan instagram yaitu Facebook, Twitter, Tumblr, VKontakte, Ameba, Ok.ru. Anda tinggal menghubungkan akun instagram Anda dengan aplikasi tersebut untuk memperluas jangkauan penyebaran foto Anda di instagram. Hal ini memudahkan Anda sebagai pelaku bisnis online agar tidak perlu upload lagi ke media sosial lainnya.

Sampai saat ini ada banyak fitur yang telah ditambahkan oleh instagram. Mulai dari insta story, stiker, filter, instagram bisnis, multiple upload, dan sebagainya. Bahkan filter pun juga berbeda antara filter yang ada di insta story dan filter untuk upload foto seperti biasa.


Instagram bisnis mulai diluncurkan pada 2016. Inovasi terbaru dari instagram ini memudahkan Anda terutama bagi pelaku bisnis online. Sebenarnya fungsi utama dari akun instagram tidak jauh berbeda. Pengguna instagram bisnis cukup menyediakan facebook page dan kontak yang bisa dihubungi. Karena 2 hal tersebut merupakan syarat utama untuk menjalankan instagram bisnis.

Beberapa bisnis online, terutama online shopping, masih menggunakan akun private untuk melindungi foto-foto barangnya. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi agar foto barangnya tidak dicuri akun lain. Sehingga followers masih perlu meminta ijin untuk dapat melihat foto-foto dari barang penjualan Anda.

Terkadang penulis menemukan beberapa akun online shop, yang sebelumnya private, berubah menjadi tidak private. Cara ini dipercaya mampu menambah followers dari online shop tersebut. Rasanya kurang praktis jika Anda seringkali mengganti pengaturan akun. Karena tetap saja Anda tidak mengetahui data statistik dari followers online shop Anda.

Pengembangan Akun Instagram Bisnis 


Banyak cara yang bisa kamu terapkan dalam mengembangkan akun bisnis kamu di Instagram,
namun 5 cara ini bisa membantu kamu lebih memahami caranya

1. Buat Value Point

Coba kamu berikan point-point yang “ngena” banget untuk audience kamu agar mereka suka
dan memberikan interaksi seperti like dan comment dalam post kamu, caranya gimana? Biasakan baca data mana konten yang engage dan tidak

2. Post feed tiap hari


Membuat postingan setiap hari atau terjadwal itu bukan perkara sederhana. Konsitensi adalah kunci untuk kamu semakin dekat dengan tujuanmu, dengan kamu post setiap hari dan rajin analsis, kamu akan jadi semakin jago dalam membuat konten yang engage.


Perlu diingat, meskipun sudah ada target atau jadwal bukan berarti kita "bebas" posting apa saja yang peting viral. Kesesuaian dan isi konten juga sangat berpengaruh dalam membentuk presepsi target market kita.

3. Hastag yang relevan

Berapa banyak dari kamu yang suka bikin hastag asal alias ikut-ikutan kayak #like4like
#follow4follow, yang sebenarnya tidak relevan karena orang akan mampir ke akun kamu hanya
untuk duduk dan tidak melakukan apa pun, gunakan bantuan mesin pencari hashtag jika kamu
masih bimbang.

Saran, fokus saja pada hastag tang spesifik dan tertarget. Audience yang tertarget lebih akan mempermudah bilamana terjadi response terhadap postingan kita. Tidak usah terlalu terbuai dengan hastag yang sedang viral kecuali memiliki korelasi dengan konten yang kita buat.

4. Stories setiap hari


Buletan display picture yang ada di atas begitu penting, pastikan kamu rajin update dan
gunakan fitur-fitur insta stories untuk interaksi dengan audience kamu, sehingga kamu nongol
terus di atas homepage nya audience kamu.

Namuan tetap batasi dengan kewajaran dan kualitas konten ya. Banyak sekali orang yang "hobi" melakukan story namun mereka lupa bahwa story-nya sudah over load alias kebanyakan. Bukan membuat audience senang justru berpotensi membuat males mereka ikuti Instagram kita.

5. Interaksi dengan followers kamu


Bales comment mereka di setiap postingan kamu, selain membuat followers kamu merasa
dihargai, kamu akan dapat poin plus dari Instagram dari segi engagement. Balas komentar juga menunjukkan seberapa resposif kita.

Referensi : @merchantid.official
Related Posts