-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Pengertian Endorse Instagram dan Tips Endosement Binis Online

Pengertian Endorse Instagram dan Tips Endosement Binis Online

Endorse Instagram sudah menjadi suatu hal lumrah dalam bisnis online. Endorse adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau setuju terhadap sesuatu. Fenomena Endorse ini tak lain dan tidak bukan adalah salah satu bentuk promosi atau advertisement yang dilakukan bisnis online shop untuk menggaet konsumen baru.

endorse instagram
credit : Danang W - Pixabay


Keberadaan Instagram sangat membantu bagi seorang pebisnis yang ingin meningkatkan brand awareness produknya. Karena di Instagram ada banyak influencer yang bisa diajak kerja sama dengan sistem endorse. Tidak heran endorse ig (istagram) marak digunakan saat ini.

Namun masih banyak orang yang belum mengetahui strategi endorse yang baik itu seperti apa. Kebanyakan hanya sekedar melihat jumlah follower dari influencer. Asumsi paling sering digunakan adalah "banyak follower banyak anggagement". Tidak salah namun harus lebih cermat. Influencer atau selebgram seperti apa yang tepat untuk produk atau brand kita.

Catatan penting, jumlah follower bukan faktor penentu utama keberhasilan promosi lewat endorsement. Misal kita mau endorse makanan, tidak melulu suka posting makanan atau banyak followernya saja.

Faktor Keberhasilan Memilih Endorse Instagram

Dari sekian banyak faktor yang harus diperhatikan, kita bahas beberapa faktor keberhasilan endorsement lewat IG :

1. Engagement Rate Sosial Media

Kamu sebaiknya memperhatikan rate engagement yang terjadi di akun instagram calon influencer (selebgram/public akun). Semakin besar rate nya, maka semakin baik akun tersebut dipilih sebagai influencer.

Baca juga : Bagaimana menaikkan coversion rate sosial media?

Dengan rate engagement yang besar berarti tingkat loyalitas follower si akun tersebut semakin baik, singkatnya....dia udah dipercaya oleh followernya. Dengan begitu, ketika dia mempromosikan produk Kamu maka semakin besar tingkat kepercayaan follower terhadap brand kamu.

2. Relefansi Konten dalam Instagram


Misal kita sedang membuat promosi makanan. Endorser yang kita pilih pastikan memiliki kesamaan isi konten yang spesifik dan jelas. Makanan saja terlalu luas. Sebaiknya diikuti dengan jenis makanannya, misal kesehatan, snack atau jenis laiinya.

Tujuannya jelas, ,mempresisi target market yang kita bidik. Misal selebgram suka makanan sehat, relefan kalau kita kerja sama untuk makanan organik atau makanan vegan misalnya.

3. Komparasi Budget Endorser / Selebgram

Jangan buru - buru untuk memutuskan selebgram atau endorser produk kita. Sebaiknya coba cari info beberapa akun sehingga mendapatkan perbandingan biaya. Bisa jadi dari beberapa ada yang bisa mendapatkan estimasi biaya lebih murah.

Endosement adalah bagian dari promosi. Sudah pasti pada ujungnya adalah melihat efektifitas promonya tetap harus dengan cost yang kita keluarkan.


Penulis : Sigit Ardho
Related Posts