Solikhah

CEO Taupasar.

Upaya Instagram Perangi Corona di Sosial Media

Berita Hoax adalah salah satu ancaman serius dalam distribusi informasi. Apalagi disaat genting dalam masa pandemi covid-19 ini banyak sekali beredar pesan yang kurang valid. Tidak sedikit seseorang yang termakan berita palsu berujung pada kesalahan ambil tindakan.

corona di sosial media - pixabay

Sejak World Health Organization (WHO) mengumumkan COVID-19 sebagai darurat kesehatan global pada januari lalu, Instagram telah mengambil beberapa langkah untuk memastikan penyebaran informasi yang akurat terkait COVID-19 di Instagram.
  1. Instagram menghapus berbagai misinformasi terkait COVID-19. Ketika pengguna mengetuk tagar terkait COVID-19, Instagram akan mengarahkan pengguna untuk mencari informasi di sumber-sumber terpercaya seperti @WHO, @CDC, dan otoritas kesehatan setempat.
  2. Instagram bekerjasama dengan mitra pengecek fakta pihak ketiga untuk melakukan pengecekan informasi yang salah.
  3. Aplikasi berbagi gambar ini juga memblokir tagar yang digunakan untuk menyebarkan misinformasi terkait Covid-19.
  4. Mereka juga memblokir berbagai iklan yang mencoba memanfaatkan situasi.
Selain itu, Instagram berkomitmen untuk memastikan para pengguna mendapatkan informasi terkini yang terpercaya terkait Covid-19. "Dalam beberapa hari kedepan, Instagram akan meluncurkan stiker yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka terhadap para petugas kesehatan yang telah bekerja tak kenal lelah dalam menjaga keselamatan masyarakat, Stiker ini akan segera tersedia di galeri stiker Instagram".

Dengan demikian, diharapkan informasi yang beredar di masyarakat akan lebih mudah terfilter. Tujuannya jelas, segala sumber informasi yang diterima masyaratak bisa valid dan membuat kita sama - sama lebih optimis wabah ini bisa segera diatasi.

Penulis : Sigit Ardho
Related Posts