taupasar.com

we read, we create and we share it.

Kiat Sukses Memulai Ide Usaha Tahu Pocong

Kiat Sukses Memulai Ide Usaha Tahu Pocong


Memulai bisnis kini ada banyak ide, dan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendirikannya. Kebanyakan pelaku usaha mendirikan sebuah bisnis berdasarkan dengan tren pasar. Karena dengan mengikuti tren pasar, bisnis yang dijalankan akan memiliki peluang fantastis.
ide usaha



Tak jarang pula para pebisnis melakukan inovasi dan menerapkan hal-hal baru dari ide usaha yang didapatkannya. Cara seperti ini pun memiliki prospek yang menjanjikan. Sebab target pasar bisa menemukan produk atau dagangan yang sedang tren namun dikemas dengan cara yang unik. Biasanya konsumen pun akan memiliki rasa penasaran, sehingga akan mencoba membelinya.

Berbicara tentang tren pasar, ada salah satu ide bisnis sederhana yang kini sedang marak dicari, yaitu jualan tahu pocong. Makanan tahu berbentuk persegi panjang dengan isian pedas dan dibalut tepung terigu ini memangbanyak disukai. Sehingga dapat menjadi ide dan referensi buat kamu berwirausaha.

Tips Menjalankan Ide Usaha Tahu Pocong


Meskipun termasuk jenis usaha sederhana yang bisa dijalankan sebagai bisnis rumahan, namun usaha tahu pocong juga bisa dikembangkan menjadi usaha besar-besaran. Dan melalui ide usaha tahu pocong berikut ini, kamu bisa terus mengembangkannya.

1. Riset Pasar

Baik jika kamu sudah memiliki ide jualan tahu pocong ini sebelumnya atau tidak, yang pasti sangat direkomendasikan untuk melakukan riset pasar. Riset pasar ini sebagai strategi yang menjadi kunci utama, bahkan secara umum pebisnis pasti melakukan hal satu ini. Dngan tujuan agar rencana usaha lebih terukur dengan baik.

Ketika melakukan riset, cari tahu sebanyak mungkin referensi usaha yang baik dan sesuai dengan passion. Berbisnis tahu pocong ini pun pasti ada dan banyak ditawarkan, khususnya untuk ide usaha rumahan atau jajanan unik dan sederhana masa kini.

Jika pebisnis telah cocok dengan bisnis tahu pocong, selanjutnya sangat penting untuk mengukur sejauh mana peluang di pasaran. Pertimbangkan kembali apakah usaha tersebut memiliki prospek yang menjanjikan atau tidak.

Namun jika dilihat secara keseluruhan, usaha tahu pocong memang ide yang sangat tepat. Diantaranya karena memiliki peminat yang besar, bahkan mencari lokasi jualan yang strategis pun mudah disesuaikan.

2. Menentukan Lokasi Jualan Strategis

Tips selanjutnya, diperlukan pula riset lokasi yang tepat untuk berjualan. Misalnya kamu mencari tahu wilayah seperti apa yang akan meminati jajanan tahu pocong. Jika dilihat, banyak yang berjualan tahu pocong di tempat-tempat dekat sekolah atau kampus. Lalu ada juga yang berjualan di wilayah pasar, depan minimarket, dan lainnya.

Ada satu lagi ide yang kini bisa dijadikan sebagai lapak untuk berjualan, yaitu pasar online. Dengan berbagai perhitungan dan rencana usaha, kamu bisa memilih teknik penjualan seperti apa yang ingin dijalankan.

Dan sebagai referensi, berjualan secara online dapat dipilih. Misalnya pebisnis membuka usaha tahu pocong sebagai usaha rumahan, yang bisa dibeli langsung di rumahnya ataupun bekerjasama dengan kurir yang bisa mendistribusikan dagangan ketika ada pesanan secara online.

3. Dukungan dan Motivasi

Menjalankan bisnis memang berangkat dari niat terbesar pribadi. Akan tetapi kita juga memerlukan dukungan dari orang-orang sekitar agar mampu menambah motivasi dan semangat untuk berkembang, juga tidak mudah putus asa dalam berbisnis. Apalagi ini menjadi salah satu kunci utama keberhasilan merintis usaha.

Mintalah pendapat, saran, dan dukungan yang bisa menjadi penyemangat, baik dari keluarga, saudara, sahabat, hingga kerabat. Terlebih lagi dengan begitu, kita pun bisa sekaligus mendapatkan pepatah dan saran yang membangun.

4. Sumber Modal 

Sumber modal (modal sendiri atau investor, uniknya usaha rumahan bisa dimulai dengan modal pribadi (bootstrapping) dan lebih murah. Merealisasikan bisnis impian dengan lancar, juga perlu didukung dan dipastikan oleh kepemilikan modal. 

Jika tidak ada mosal, maka bagaimana mau mendirikan usaha tersebut?Dari sinilah kita bisa pahami bahwa sumber modal memang sangat penting untuk diperhatikan, bahkan dari jauh-jauh hari. 

Misalnya dengan menabung, sehingga ketika nanti ingin merealisasikan ide usaha tahu pocong, modal tersebut dapat langsung digunakan tanpa menunggu terlalu lama. Ini jika kamu akan menggunakan modal pribadi.

Berbeda lagi jika ingin menambah sumber modal dari investor, maka kuncinya pebisnis harus pandai menarik minat investor agar mau menanam modal di usaha ini. Caranya, yakinkan dengan rencana bisnis yang mampu berkembang dan memberikan keuntungan.

Cara Mulai Berwirausaha Tahu Pocong


Jika persiapan untuk memulai ide usaha tahu pocong telah dijalankan sesuai tips di atas, maka untuk eksekusinya, kamu bisa memulai berwirausaha dengan acuan berikut ini.

1. Cukup Pelajari Kreasi dan Resepnya

Yang menjadi pembekalan paling penting bagi pebisnisnya dalam usaha tahu pocong ini, tentu saja mengetahui cara membuatnya. Jika bentuk usahanya adalah usaha pribadi, rumahan, atau kaki lima, biasanya yang mengolah produk dagangan adalah diri sendiri juga. Maka dari itu, kamu cukup pelajari dengan baik cara pembuatannya, termasuk resepnya.

Namun jika usaha dijalankan dengan membentuk tim, maka kamu bisa mencari pegawai yang bisa memasak dan mengolah tahu pocong yang enak. Bahan-bahan dasar bahkan bisa dicari ketika browsing di internet, kamu juga bisa menambahkan resep rahasia jika ada.

Mulai dari bahan dasar tahu putih, tepung tapioka, sosis, ayam suwir, dan cabe untuk isiannya, semuanya harus dipersiapkan dengan baik.

2. Menyiapkan Alat dan Bahan untuk Jualan

Apabila modal sudah terkumpul dan siap untuk memulai usaha, maka menyiapkan alat dan bahan adalah sebuah keharusan. Apalagi jika resep-resep membuat tahu pocong sudah diketahui, maka selanjutnya bisa belanja bahan-bahan pokok untuk diolah dan dijual.

Selain itu, atur juga anggaran untuk pembelian alat-alat berdagang hingga alat dapur agar lebih dilengkapi, terutama untuk memenuhi kelancaran produksi tahu pocong. Mencari ide inovasi usaha pun kini dapat dicari dengan mudah.

Pebisnis hanya perlu memkirkan hal apa yang akan membuat pembeli semakin tertarik terhadap dagangannya, serta hal apa yang membuat dagangannya berbeda dari kompetitor pada umumnya. Misalnya ide usahamu menambahkan varian rasa baru pada isian tahu pocong, ataupun ide lainnya.

3. Mengembangkan Usaha Lewat Inovasi

Para pebisnis mungkin mengikuti ide berjualan ini berdasarkan tren pasar yang sedang berkembang. Hanya dengan mengikuti ide usaha jualan tahu pocong saja memang sudah bisa memberikan keuntungan kepada pemilik, akan tetapi dalam bidang usaha, semakin unik produk jualan maka konsumen akan sangat tertarik untuk membeli.

Oleh karena itu, ide jualan tahu pocong pun tentu bisa dikreasikan lebih menarik lagi berdasarkan kreativitas. Dengan begitu, kita telah melakukan inovasi baru terhadap ide usaha satu ini.

4. Promosi

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan pebisnis adalah konsisten melakukan promosi. Promosi yang rutin, sama saja memperlakukan daganganmu dengan layak. Agar semakin banyak target konsumen yang membeli, kamu bisa membuat promosi kecil-kecilan, misalnya melalui media sosial, memasang spanduk di depan lapak jualan, dan lain sebagainya.

Di bawah ini juga tersedia sejumlah informasi yang masih berkaitan.

Baca juga:





Seperti itulah tips-tips menjalankan usaha yang perlu dipersiapkan sebelumnya, dilengkapi juga langkah-langkah dalam merealisasikan ide usaha tahu pocong menjanjikan ini.
 
Penulis: Ratih Pratiwi

Related Posts