taupasar.com

we read, we create and we share it.

8+ Cara Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula yang Mudah dilakukan

8+ Cara Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula yang Mudah dilakukan


Untuk memulai bisnis kuliner, apalagi sebagai pemula. Tentunya kamu harus belajar terlebih dahulu, kepada pebisnis yang sudah lama berkecimpung dengan bisnis ini. Karena bisnis kuliner ini sudah banyak sekali orang yang bergerak di dalamnya, sehingga kamu tidak boleh sembarangan. 
cara memulai bisnis
Usaha Kuliner ini merupakan usaha yang sudah cukup menjanjikan, oleh sebab itu banyak sekali yang berminat dalam bisnis kuliner ini. 

Karena makanan merupakan salah satu yang paling dicari oleh semua orang, dan menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan seiring berkembangnya zaman, bisnis kuliner berkembang semakin pesat. Makanya tidak heran, jika setiap harinya orang-orang semakin banyak mengembangkan ide bisnis jualan yang mereka buat. 

Cara Memulai Bisnis Kuliner


1. Menetapkan Bisnis yang Kita Inginkan 

Kenapa sebelum membuka bisnis, kita harus menetapkan terlebih dahulu bisnis kuliner apa yang nantinya akan kita jalankan? Karena hal ini sangat di perlukan, supaya kamu tidak hanya mengikuti trend saja, tetapi untuk selamanya. 

Biasanya jika hanya mengikuti trend, usaha yang kamu buat tidak akan bertahan lama. Maka dari itu sebaiknya kamu memiliki ide kuliner yang nantinya akan bertahan lama, sebagai masa depan yang pasti dan tidak mengalami kegagalan. 

Kamu bisa memulai bisnis kuliner dengan cara memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki. Boleh saja mengikuti tren yang ada, tetapi kamu harus mempunyai satu usaha kuliner yang tetap. 

Karena biasanya jika mengikuti trend saja, orang-orang atau pembeli hanya sesaat pada saat itu saja tertarik dengan kuliner tersebut. Berbeda dengan usaha yang kamu buat sendiri, meskipun perlahan tapi pasti. 

2. Survei Tempat Untuk Pemasaran dan Potensi dalam Bisnis

Hal ini menjadi salah satu yang penting, karena sebelum kamu memulai usaha, tentunya harus melakukan survei tempat terlebih dahulu. Kamu harus mengetahui bagaimana lokasi yang akan di tempati dan tingkat pemasarannya jika kamu menempati tempat itu. 

Hal ini tidak boleh di sepelekan, karena dengan melakukan survey, kamu dapat mengetahui perkiraan daya beli masyarakat yang ada di sekitar. Karena jika tempat yang kamu pilih berlokasi strategis, maka pendapatan yang kamu dapat akan menjanjikan sekali, berbanding terbalik jika kamu salah memilih lokasi untuk membuka bisnis kuliner. 

3. Mempersiapkan Modal Awal untuk Usaha

Untuk memulai atau membuka usaha bisnis apapun, tentunya hal yang paling utama adalah modal. Jika kamu ingin membuka usaha bisnis kuliner, maka modal yang kamu siapkan harus sesuai, dengan apa yang nanti akan kamu buat. Untuk modal disini tidak usah terlalu besar, dengan modal kecil saja kamu sudah bisa untuk memulai bisnis kuliner. 

Dengan modal kecil, kamu bisa membuat usahamu semakin berkembang, jika kamu giat dan gigih dalam menjalankannya. 

Untuk mendapatkan penghasilan yang tetap, kamu harus mempunyai pelanggan, harga yang di jualkan harus sesuai dengan isi kantong masyarakat sekitar. Sering mengadakan promosi dan potongan harga, karena itu semua merupakan strategi yang baik, untuk menarik perhatian dan daya beli dari masyarakat.  

4. Memilih Lokasi untuk Usaha

Ketika kamu ingin membuka bisnis, menentukan lokasi merupakan bagian yang sangat penting. Pilih lokasi usaha yang bagus dan sesuai dengan modal yang kamu punya. Karena modal yang di keluarkan, tidak hanya untuk sekali saja tetapi berjalan, agar usaha yang kamu buat semakin maju dan berkembang. 

Untuk menyewa tempat, pilihlah tempat yang harganya masih terjangkau. Karena jangan sampai modal yang kamu punya terkuras habis. Jika setiap hari usaha kamu ramai oleh pembeli dan sudah berjalan lama, maka sisihkan setiap keuntungan disetiap harinya. 

Agar tempat usaha yang kamu miliki semakin banyak di kunjungi pembeli, maka hal yang harus kamu lakukan adalah membuat tempat itu senyaman mungkin. 

Tempat usaha yang kamu miliki harus bersifat Instagram-able, sehingga akan membuat anak-anak, ibu-ibu, remaja, dan lainnya semakin nyaman dan tertarik untuk makan sambil nongkrong. 

5. Mempunyai Menu Andalan 

Untuk menentukan menu, kamu harus terlebih dahulu mengetahui makanan yang sedang banyak di sukai atau di gemari di kalangan masyarakat. Karena dengan cara ini kamu bisa menemukan ide untuk menentukan menu apa yang akan kamu buat untuk bisnis kuliner . 

Pilih menu yang belum banyak di gunakan oleh pesaing lain. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik masyarakat, karena mereka akan dibuat penasaran. 

Dengan membuat menu yang berbeda, kamu harus dapat menyesuaikan seperti apa target pasar di sekitarmu dan harus sesuai dengan konsumen. Meskipun menu yang kamu buat itu enak dan kekinian, untuk harga tidak boleh terlalu tinggi, karena pembeli lebih suka dengan makanan yang enak tetapi hemat. 

Untuk pelayanannya harus ramah dan sopan, ini akan membuat pembeli semakin nyaman, dan menjadi langganan. 

6. Memiliki Pemasok Bahan Baku yang Tetap

Membuka bisnis kuliner, tentunya kamu harus sudah mempunyai pemasok bahan baku yang tetap. Karena untuk setiap harinya, jumlah produk yang akan kamu habiskan tidak terduga, sehingga akan lebih baik dan mudah jika sudah ada pemasok bahan baku yang tetap. Akan memudahkan ketika kamu kehabisan stok atau bahan baku yang di butuhkan pada saat itu. 

Keuntungan dalam memiliki pemasok yang tetap adalah, barang atau produk yang kamu beli, harganya relatif lebih murah. Tentunya beda jauh dengan harga yang ada di pasaran. Selain itu, kamu akan selalu di prioritaskan oleh pemasok, ketika bahan baku yang kamu butuhkan sedang langka di pasaran, maka pemasok pasti akan mencari dan mempersiapkannya untuk kamu. 

Untuk usaha bisnis kuliner seperti ini, jumlah pemasok yang di butuhkan tidak sedikit. Karena jika pemasok yang satu kehabisan stok bahan, masih ada pemasok yang lainnya. Sehingga kamu tidak akan terlalu sulit dan dapat memudahkan proses penjualan bisnis kuliner kamu. 

7. Mempunyai SDM yang Handal dan Target Pemasaran

Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam hal ini adalah perilaku, sikap serta skill karyawan. Karena pada dasarnya, untuk bisnis kuliner biasanya karyawan akan terbagi dalam beberapa bagian. 

Diantaranya ada bagian dari kelompok untuk memasak, untuk bagian pelayan dan bagian kasir. Beberapa bagian ini sangat penting, agar usaha berjalan dan teratur secara baik untuk kedepannya. 

Tetapi jika usaha kuliner yang kamu buat itu tergolong kecil, maka yang kamu butuhkan hanyalah asisten saja, untuk membantu pekerjaan lebih mudah. Tetapi asisten yang di butuhkan tidak hanya satu, setidaknya kamu harus memiliki lima orang asisten. Karena meskipun usaha kuliner yang kamu buka ini kecil, tidak menutup kemungkinan untuk di datangi oleh banyak orang dan selalu ramai tiap harinya. 

8. Melakukan Promosi yang Tepat dan Mudah

Promosi, mendengar kata ini membuat masyarakat sangat tertarik. Jika kamu baru saja membuka bisnis kuliner jangan lupa mengadakan promosi. Promosi yang di lakukan tidak usah terlalu lama, minimal satu minggu saja. 

Karena ini hanya merupakan bagian awal dari pengenalan usaha yang baru kamu buka. Setelah melakukan promosi, biasanya masyarakat akan langsung menilai makanan yang kamu jual, jika mereka menyukainya maka akan ketagihan dan membelinya lagi. 

Untuk memperlancar strategi marketing, promosi yang dilakukan tidak hanya pada saat pembukaan saja, tetapi lakukanlah promosi setiap bulannya. 

Sejumlah artikel di bawah ini juga cocok untuk dijadikan tambahan informasi.

Baca juga:





Itulah beberapa pilihan dan cara memulai bisnis kuliner yang bisa kamu lakukan. Cara di atas sangat mudah untuk dilakukan, tentunya cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat.
 
Penulis : Nur Sapitri
Related Posts