taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jangan Lewatkan Ide Bisnis Orang Tua Single

Jangan Lewatkan Ide Bisnis Orang Tua Single


Menjadi seorang singel parent atau orang tua tunggal tentunya menjadi sebuah tantangan hidup yang sangat berat ketika kamu harus sibuk bekerja untuk menopang biaya hidup sehari-hari kamu juga akan disibukkan dengan mengurus keperluan anak dan juga mengurus rumah.
ide bisnis
Apalagi akan semakin berat jika sebelumnya kamu adalah seorang istri yang biasa menggantungkan semua biaya hidup pada suami dan tiba-tiba harus berpisah baik karena perceraian ataupun karena meninggal dunia.

Walaupun pasti akan terasa berat kamu harus tetap tegar dan kuat dalam menjalani hidup, agar kamu tetap dapat memiliki pemasukan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari kamu bisa mulai dengan bekerja , namun jika memiliki anak yang masih kecil dan tidak bisa ditinggal solusi paling cocok untuk masalah ini adalah memulai bisnis.

Dengan menjalankan bisnis di rumah selain kamu bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis yang dialankan, kamu juga tetap bisa mengurus rumah dan juga segala kebutuhan anak bisa terpenuhi, kunci agar hal tersebut dapat berjalan baik adalah dengan manajemen waktu.

Untuk memulai bisnis jangan selalu terpaku dengan modal, besar kecilnya modal tidak menentukan keberhasilan yang terpenting adalah terus berkreasi dan berusaha agar bisnis yang kamu jalankan dapat berkembang.

Untuk menambah informasi dan insprirasi bisnis kamu, berikut ini adalah ide bisnis orang tua singel (tunggal) yang dapat kamu jadikan pilihan.

Ide Bisnis Orang Tua Single


1. Usaha Toko Kelontong

Usaha toko kelontong adalah jenis usaha paling mudah yang bisa kamu lakukan, kamu hanya perlu menyediakan tempat dirumah untuk memajang produk dan kamu sudah bisa berjualan.

Dalam memulai usaha toko kelontong ini besaran modal bisa kamu sesuaikan, jika modal yang ada hanya sedikit kamu bisa memulai dengan berjualan barang yang perputarannya cepat seperti kebutuhan pokok.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menjalankan usaha toko kelontong carilah supplier barang atau toko grosir yang menawarkan harga termurah, selalu riset harga barang dan tentukan harga barang sesuai pasar, ketika baru mulai merintis usahakan hindari memberikan hutang agar terhindar dari modal macet karena pelanggan tidak membayar hutang.

2. Bisnis Jualan Online

Di era digital seperti sekarang ini belanja online sudah menjadi kebiasaan masyarakat, jika dulu orang tidak bisa berbelanja online karena terkendala pembayaran via transfer tapi kali ini untuk berbelanja online disediakan fitur pembayaran ditempat atau dikenal cash on delivery sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk berbelanja online.

Melihat peluang yang sangat bagus tersebut kamu bisa mulai memanfaatkannya  dengan segera membuka toko online baik di media sosial ataupun marketplace, untuk pengadaan barangnya kamu perlu mengenal dua istilah ini yakni reseller dan dropship.

dalam bisnis jualan online dikenal istilah dropship dan juga reseller, untuk reseller biasanya dibutuhkan sejumlah modal untuk membeli stok terlebih dahulu pada supplier dan harga yang diberikan biasanya lebih murah dari sistem dropship.

Sedang dropship kamu sudah bisa mulai berjualan tanpa perlu memikirkan modal dan stok produk karena kamu hanya perlu menawarkan produk dan jika terjual pengemasan dan pengiriman dilakukan oleh supplier.

3. Bisnis Kuliner

Bisnis yang tidak pernah redup dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat adalah bisnis kuliner ditambah sering adanya tren kuliner kekinian semakin menambah peluang dari bisnis kuliner ini.

Jika kamu memiliki kelebihan modal kamu bisa membuat stok dirumah atau menitipkan beberapa di warung tapi jika modal yang kamu miliki terbatas kamu bisa menggunakan sistem pre order atau menunggu sejumlah target tertentu baru membuat pesanan tersebut.

Sistem pre order tersebut sangat menguntungkan karena mengurangi resiko produk tidak terjual dan kamu hanya perlu membuat produk sesuai jumlah pesanan saja.

4. Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis yang bisa dibilang susah- susah gampang bagi kamu yang baru terjun kedalam bisnis ini karena membutuhkan kreatifitas tingi dan ketelatenan.

Namun dibagi kamu yang sudah mempunyai keahlian dalam membuat kerajinan tangan kamu hanya perlu membuat karya unik dan fokus pada pemasaran produk, untuk sekarang ini proses pemasaran produk dipermudah dengan adanya media sosial dan toko online sebagai tambahan kamu juga bisa mempromosikan produk kerajinan tangan dengan mengikuti pameran kerajinan tangan.

Dengan keinginan kuat walaupun kamu baru menekuni usaha kerajinan ini pasti bisa berkembang, contoh produk yang bisa kamu buat tas rajut, tas anyaman, hiasan foto menggunakan daun dan lain sebagainya.

5. Bisnis Jasa

Jika kamu memiliki keahlian jasa tertentu atau pernah bekerja disebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa kamu bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk memulai bisnis jasa dirumah.

Kamu bisa menyesuaikan besaran modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis jasa ini agar tidak terlalu besar karena bisa disesuaikan dengan jasa yang kamu tawarkan dan bisnis jasa seperti ini yang terpenting adalah pelayanan dan juga kemampuan kamu.

Bisnis jasa ini bisa jasa menjahit baju, jasa pangkas rambut, jasa servis produk elektronik dan lain sebaginya.

Tips untuk kamu orang tua singel yang ingin menjalankan bisnis
  • Menggali potensi diri, carilah potensi kemampuan dari dalam diri kamu, kembangkan dan jadikan sebagai modal awal kamu memulai bisnis.
  • Manajemen waktu, karena pasti akan sibuk, kamu harus bisa membagi waktu antara bisnis dan juga keluarga.
  • Pengelolaan keuangan, karena kini kamu harus menanggung semua biaya sehari-hari, kamu harus pintar mengelola keuangan dan pastikan pisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi.
Simak juga sejumlah informasi tambahan pada artikel berikut ini.

Baca juga:





Itulah informasi perihal Ide Bisnis Orang Tua Single. Semoga ulasan tersebut bermanfaat.

Penulis: Davina
Related Posts