taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Rekomendasi Bisnis Cocok untuk Anak Magang dengan Peluang Menjanjikan

7 Rekomendasi Bisnis Cocok untuk Anak Magang dengan Peluang Menjanjikan

Berbisnis dan magang adalah salah satu cara bagi seseorang yang ingin menempa dan mengembangkan bakat sesuai dengan keahlian atau potensi yang dimilikinya. Di samping itu, menjalankan ide bisnis mudah di samping magang kerja juga bertujuan untuk menambah penghasilan dan memenuhi biaya hidup.

bisnis untuk anak magang

Ada banyak manfaat tujuan positif bagi seseorang yang berkeinginan untuk berbisnis dan magang. Bukan hanya itu, jenis bisnis atau pekerjaan untuk anak magang pun semakin luas dan beragam. Oleh karenanya pembahsan mengenai bisnis cocok untuk anak magang ini penting untuk diketahui.

Peluang Kerja dan Bisnis Cocok Untuk Anak Magang

1. Mengelola Toko Online

Mengelola toko atau bisnis online, menjadi ide menarik dan memang banyak diminati orang-orang, terutama di masa serba digital ini. Bisnis seperti ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan untuk menambah pemasukan, ataupun dijadikan sebagai mata pencaharian utama. 

Poin pentingnya, menjalankan bisnis online memang memerlukan kesiapan bagi owner atau penjual untuk aktif merespon pembeli kapan saja, namun jam kerjanya lebih santai layaknya kerja magang atau paruh waktu. 

Dan jangan salah, meskipun pada dasarnya bisnis online harus memulai dari awal dengan penghasilan yang secukupnya, akan tetapi tidak sedikit orang yang berhasil menjadikan bisnis online ini sebagai lahan menguntungkan yang luas.

2. YouTuber 

Bagi siapa pun yang ingin mencari pekerjaan tambahan di samping pekerjaan magang, menjadi content creator dan memiliki kanal YouTube pribadi, menjadi ide brilian bagi anak magang zaman sekarang. Memang saat ini YouTuber telah bertambah banyak, namun bukan berarti hal itu menghentikan minat dan bakat seseorang. 

Setiap orang memiliki peluang yang sama, apalagi jika seseorang tersebut mampu membuat konten yang berbeda, baru, dan kreatif. Hal baiknya, menjadi pembuat konten YouTube memiliki waktu kerja yang begitu fleksibel.

Ia tidak terikat aturan jam kerja seperti dalam sebuah perusahaan. Jadi ini sangat cocok untuk diadopsi sebagai bisnis di samping pekerjaan magang. Selain itu kita juga dapat menentukan sendiri pemilihan waktu untuk berkreasi sehingga tidak akan mengganggu jam kerja utama.

3. Penulis Konten

Menjadi penulis konten bisa menjadi rekomendasi terbaik lainnaya. Saat ini cukup banyak orang seorang freelancer yang mengandalkan penghasilan tambahan dari hasil menulis untuk konten website, misalnya. Bahkan menjadi content creator memiliki waktu kerja yang sedikit lebih fleksibel dari YouTuber. 

Hal ini menimbang bahwa untuk menjadi YouTuber kita masih harus meluangkan waktu untuk membuat video hingga editing. Memang dari segi waktu, menulis dipandang lebih santai. 

Hanya dengan mengandalkan perangkat pendukung seperti laptop dan koneksi internet, semuanya dapat teratasi. Karenanya, bagi anak mahang yang sudah memiliki jam kerja cukup padat, maka ide ini bisa menjadi solusinya.

4. Desainer Grafis

Membuka jasa desainer grafis juga sedang menjadi tren sekarang ini. Seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis memang banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor, baik untuk keperluang besar ataupun kecil. 

Namun jangan salah, menjadi desainer grafis dapat memberikan pemasukan tambahan yang menjanjikan dan jam kerja menyesuaikan. Oleh karenanya membuka bisnis jasa ini sangat perlu dipertimbangkan, apalagi jika telah memiliki modal keahlian, pengalaman, dan cukup terlatih sebelumnya.

Menjadi desainer grafis biasanya hal-hal seperti membuat logo dan poster bisnis, hingga konten untuk media sosial. Jika mampu mengelola pembagian waktu kerja yang baik dan efisien, maka bisnis ini tidak akan menyebabkan hal buruk pada kerja magang yang dilakukan. Keduanya dapat dijalankan bersama-sama, dengan pembagian waktu yang sesuai.

5. Fotografer atau Videografer

Membuka bisnis jasa fotografi dan videografi juga dapat dipilih. Bahkan ini sebagai salah satu peluang bisnis yang besar. Dengan mengandalkan hobi dan keahlian dalam bidang ini, selain menjanjikan soal upah juga menjanjikan sebagai bahan mengembangkan potensi dan dunia magang. 

Jika sampingan ini sesuai dengan pekerjaan magang yang diambil, maka bisa membawa pengaruh baik pada perkembangan di dunia magang. Menjadi fotografer dan videografer juga bisa melakukan kesepakatan dengan klien sehingga tidak akan mengganggu waktu kerja magang.

6. Translater atau Penerjemah

Masih ada lagi bisnis yang dapat dijadikan usaha sampingan setelah kerja magang, yaitu menjadi jasa translater atau penerjemah. Menjadi penerjemah memiliki cakupan yang luas, misalnya penerjemah sebuah konten media sosial, drama asing, bahkan penerjemah untuk suatu acara secara langsung.

7. Jasa Les Privat

Menjadi jasa les privat juga pilihan yang bagus sela-sela kesibukan magang. Les privat biasanya lebih terjadwal, dengan melakukan pengajuan dan kesepakatan memilih jadwal atau waktu yang sama-sama dapat disepakati, maka ini tidak akan mengganggu loyalitas kerja magang. Bahkan les privat juga terhitung sebagai bisnis jasa yang berpeluang cukup besar.

Tips Menentukan Bisnis yang Cocok Untuk Anak Magang

1. Sesuai dengan Bidang, Minat dan Potensi

Meskipun bisnis yang dijalani merupakan sampingan dari kerja magangmu, namun bukan berarti dapat memilihnya dengan asal. Setidaknya untuk memperoleh tujuan, beberapa hal tetap harus menjadi pertimbangan. Apalagi usaha yang dicari adalah yang berpeluang bagus.

Sebagai bahan pertimbangan, memilih bisnis dapat disesuaikan dengan latar belakang bidang, minat, serta potensi. Misalnya seseorang memiliki minat dan potensi dalam hal menulis, maka bisnis yang dapat ia pilih adalah menjadi penulis konten website. 

Atau jika seseorang memiliki memiliki pengetahuan dan potensi yang bagus dalam metode pemasaran serta manajemen bisnis, membuka bisnis toko online dapat ia pilih. Jika semua didasarkan atas pertimbangan ini, maka bisnis sampingan pun memiliki peluang tinggi untuk berhasil.

2. Lingkungan Kerja yang Positif 

Meskipun menjalankan sampingan kerja magang, bentuknya ada yang menawarkan produk ataupun jasa, akan tetapi lingkungan kerja juga akan ikut mempengaruhi. Jika bisnis yang dipilih memungkinkan bertemu banyak orang, baik yang secara langsung (offline) ataupun tidak (online), maka perlu memastikan memiliki rekan kerja yang baik.

Lingkungan positif lainnya adalah soal menentukan lokasi bisnis yang tepat, serta lingkungan kerja yang dapat membantumu berkembang.

3. Jatah Waktu Kerja fleksibel

Tips menentukan bisnis cocok untuk anak magang, ‘waktu’ menjadi salah satu faktor pentingnya. Jika memiliki dua pekerjaan yang berbeda, meskipun hanya untuk menambah kekosongan waktu sehabis kerja magang, kedua pekerjaan harus memiliki pembagian waktu yang proporsional dan fleksibel.

4. Upah yang Sesuai Kinerja

Memilih dan menentukan sendiri jenis bisnis yang cocok dijalankan seorang anak magang, juga perlu memerharikan bagaimana penghasilan atau upah yang diberikan. Semakin bagus nilai upah kerja yang diberikan, maka hal ini sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sejumlah pilihan artikel di bawah ini juga bisa kamu jadikan pilihan referensi.

Baca juga:

1. Rekomendasi Bisnis Untuk Anak Muda

2. Ide Bisnis Bagi Anak Pesantren

3. Cara Mengetahui Peluang Usaha

4. Langkah Awal Memulai Bisnis

Setelah mengetahui sekurang-kurangnya 7 jenis rekomendasi bisnis cocok untuk anak magang beserta tips-tips ketika menentukannya, menjalankan ide bisnis ini memang patut untuk dicoba.


Penulis: Ratih Pratiwi

Related Posts