taupasar.com

we read, we create and we share it.

Modal Usaha Untuk Membuka Warteg, dengan Beberapa Cara yang Sangat Mudah

Modal Usaha Untuk Membuka Warteg, dengan Beberapa Cara yang Sangat Mudah 

Mendengar kata warteg, bagi sebagian besar warga Indonesia sudah tidak asing lagi di telingan mereka. Warung tegal atau biasa yang suka di sebut dengan warteg merupakan jenis usaha makanan kuliner yang banyak di gemari oleh semua orang termasuk di sebagian besar masyarakat di pulai jawa. 

modal untuk warteg

Meskipun pada saat ini sudah cukup banyak orang yang membuka usaha makanan yang serba kekinian dan praktis, tetapi usaha bisnis warteg ini tidak kalah saing, masih banyak yang berminat dan menyukai makanan kuliner yang satu ini dan mempunyai pelanggan yang setia sehingga tidak takut untuk mejualnya juga. 

Untuk tetap menarik perhatian para pembeli kamu harus membuat tempat usaha makanan kuliner ini lebih menarik dan kekinian serta lebih Instagramable

Harus lebih banyak inovasi terbaru dalam mengembangkan usaha bisnis yang satu ini, dengan tempat yang kekinian akan membuat pembeli lebih tertarik dan lebih lama lagi ketika membeli makanan di tempat kamu, karena mereka merasakan kenyamanan yang baik.

Persiapan Modal Untuk Membuka Warteg

Jika kamu tertarik untuk membuka usaha makanan kuliner yang satu ini, tentunya kamu harus mempersiapkan beberapa modal terlebih dahulu mulai dari biaya untuk menyewa tempat, membayar gaji untuk karyawan dan membeli semua peralatan dan bahan untuk membuat makanan  usaha ini sebagai berikut :

1. Modal dan Estimasi Keuntungan yang Akan di Dapat

  • Biaya untuk sewa tempat selama 1 tahun : Rp. 25 juta 
  • Peralatan furniture dan alat – alat untuk memasak : Rp. 10 juta 
  • Biaya untuk membeli bahan makanan lengkap : Rp. 15 juta 
  • Jadi total biaya dari semuanya : Rp. 50  juta

Untuk membuka usaha warung ini kamu sekiranya membutuhkan modal sebesar Rp. 70  juta, kamu juga harus lebih memperhatikan modal operasional tiap bulannya, seperti yang telah di rincikan di atas bahan makanan untuk membuat masakan kuliner ini harus menggunakan bahan – bahan yang segar sepanjang hari. 

Sehingga akan membuat makanan lebih enak untuk di makan, untuk membeli bahan yang masih segar biasanya harga yang di keluarkan akan sedikit lebih besar tetapi keuntungan yang di dapat juga akan lebih besar.

  • Untuk biaya operasional : Rp. 10 juta 
  • Biaya lain – lain : Rp. 40 juta 
  • Total : Rp. 50 juta

Walaupun modal yang di keluarkan untuk usaha ini lumayan cukup banyak, tetapi keuntungan yang akan di dapat dari mendirikannya usaha bisnis makanan kuliner yang popular dengan kata warteg ini cukup menjanjikan. 

Misalnya dalam datu hari saja estimasi perkiraan pembeli yang datang untuk membeli makanan kamu sebanyka 60 orang dengan membayar makanan satu porsinya seharga Rp. 35 ribu , maka kamu kali kan saja dengan 30 hari atu waktu satu bulan. Kamu akan mendapatkan pendapatan dengan omzet sekitar Rp. 63 juta dalam satu bulan.

2. Perkiraan Keuntungan yang di Dapat

Untuk menghitung keuntungan yang di dapat, kamu bisa menghitung dengan menggunakan cara ini.

Pendapatan biaya kotor – biaya operasional tiap bulan 

Rp. 60 juta – Rp. 50 juta = Rp. 10 juta

Dari hasil perhitungan estimasi keuntungan di atas dapat di ketahui bahwa kamu mendaptkan keuntungan sekitar Rp. 10 juta setiap bulannya. 

Tips Memulai Usaha Warteg 

Untuk membuka usaha warteg memang gampang – gampang susah, banyak persiapan yang harus di lakukan sebelum membuka usaha ini mulai dari modal, tempat usaha, dan cara pemasaran yang kamu lakukan. 

1. Pilih Lokasi yang Sangat Strategis 

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membuka usaha makanan kuliner yang satu ini adalah menentukan lokasi atau tempat untuk menjual makanan. Karena lokasi atau tempat yang kamu gunakan biasanya akan mempengaruhi kemajuan dan kesuksesan untuk usaha kamu sendiri. 

Meskipun kamu merintis usaha ini dengan sangat bagus, tapi jika kamu salah dalam memilih tempat misalnya jauh dari keramaian dan susah untuk di temui oleh orang – orang maka usaha yang kamu lakukan selama ini akan sia –sia. 

Maka dari itu kamu sebaiknya memilih tempat yang sangat strategis ramai, dan mudah di kunjungi serta di ketahui oleh semua orang. Misalnya di dekat kantor, kampus, perumahan, pabrik, dan masih banyak lagi tempat ramai lainya yang dapat di jangkau oleh para calon pelanggan.

Itulah pentingnya sebelum mendirikan sebuah usaha harus lebih memperhatikan tempat, meskipun semuanya sudah di persiapkan dengan sangat matang. Untuk pemilihan lokasi harus di pikirkan dengan sangat baik. 

Sebaiknya sebelum kamu melakukan usaha membuka makanan kuliner warteg ini kamu harus ber investasi terdahulu yang berguna agar usaha yang kamu jalankan dapat berkembang lebih cepat dan pesat. Kamu harus lebih mengenali dulu bagaimana target pasar, dan warteg yang kamu buka ini harus dapat melebihi kelebihan dengan cara memberikan fasilitas yang cukup sangat lengkap.

2. Mempertimbangkan Fasilitas yang Ada di Warteg

Hal yang dapat menarik pelanggan untuk membeli makanan di tempat kamu adalah dengan adanya fasilitas yang berbeda dengan warteg – warteg lainnya. Target pasar harus tetap kamu lakukan misalnya dengan anak muda kebanyakan ingin makan masakan yang enak tetapi dengan harga yang cukup murah dan tentunya bikin perut kenyang. 

Kamu juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik meskipun usaha yang kamu jalankan itu warteg tetapi fasilitas yang ada harus seperti berasa di caffe, lengkapi fasilitas warteg kamu dengan AC dan Wi- Fi, dan musik kekinian yang di sukai anak muda zaman sekarang, secara gratis. Maka hal ini akan membuat pembeli semakin sangat tertarik dengan fasilitas yang kamu berikan dan akan menjadi langganan tetap.

Untuk mendapatkan kepuasan dann kenyamanan pelanggan adalah hal yang utama, jika fasilitas yang ada sudah lengkap maka di jamin penjualan kamu setiap hari akan mendapatkan pendapatan yang besar. Ketika target pemasaran kamu adalah anak muda maka kamu harus menyediakan tempat yang instagramable dan cocok untuk foto – foto atau selfie kekinian. 

3. Membuat Menu Makanan yang Menarik

Sebagai seorang pengusaha kuliner, kamu harus mempunyai kreatifitas yang tinggi dan ide – ide menarik yang bisa di lakukan dalam menjalankan usaha bisnis yang kamu lakukan. 

Meskipun usaha yang kamu dirikan itu hanya warteg tetapi menu makanan yang ada di warteg kamu harus lebih kekinian, jadii pengunjung yang membeli jualan kamu akan dapat merasakan pengalaman yang berbeda dari warteg – warteg yang ada biasanya. 

Harus lebih sering membuat inovasi – inovasi baru untuk menemukan menu – menu makanan yang baru dan tentunya tidak membuat pelanggan bosan. Tetapi kamu tidak boleh menghilangkan ciri khas menu dari makanan warteg contohnya seperti kentang balado, ayam suwir, dan sayur lodeh yamg ,menjadi ikon dalam usaha rumah makan warteg.

Di bawah ini juga tedapat sejumlah pilihan artikel yang masih berkaitan.

Baca juga:

1. Modal Usaha Nasi Goreng

2. Modal Usaha Bakso dan Mie Ayam

.3 Modal Usaha Pecel Lele

4. Modal Usaha Angkringan

Demikianlah beberapa cara modal usaha warteg yang bisa kamu lakukan sebelum memulainya, cara ini tentunya sangat mudah untuk di lakukan, selamat mecoba. Semoga bermanfaat.

Penulis : Nur Sapitri

Related Posts