taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mencari Modal Usaha Nasi Goreng, Manfaat, dan Perhitungannya

Cara Mencari Modal Usaha Nasi Goreng, Manfaat, dan Perhitungannya

Menjadi salah satu makanan khas di Indonesia yang terbilang familier serta banyak dicari, menjadikan bisnis nasi goreng dipandang menjanjikan. Kini banyak orang yang membuka usaha ini dengan beragam skala, baik nasi goreng kaki lima, kios, warung, hingga restaurant besar. Berbeda skalanya, maka bisa beda pula modal usaha nasi goreng yang diperlukan.

rincian modal usaha nasi goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang terbilang mudah dibuat oleh setiap orang, akan tetapi cita rasa yang dihasilkan bisa berbeda-beda. Banyak yang menganggap, bahwa nasi goreng yang dijual pedagang selalu memiliki cita rasa yang nagih dan khas. Oleh karenanya, meskipun persaingannya besar, namun tetap banyak yang memilih membuka usaha jenis ini.

Meskipun terlihat mudah karena begitu banyak yang menjalani, namun memulai dan membangun usaha ini perlu diproses dengan tepat. Ada banyak tips yang menjadi poin penting lancarnya membuka bisnis nasi goreng dengan lancar, salah satunya dari segi permodalan. Berikut ini beberapa pembahasan penting seputar modal bisnis nasi goreng.

Cara Mencari Tambahan Modal Usaha Nasi Goreng

1. Mengumpulkan Modal

Agar bisnis nasi goreng dapat berdiri sesuai rencana, maka pastikan bahwa modal usaha sudah dikantongi. Jika Anda memiliki kebingungan bagaimana caranya memiliki modal bisnis nasi goreng, maka salah satunya bisa menggunakan tabungan pribadi. 

Mengandalkan tabungan diri sendiri dipandang sebagai pilihan terbaik, apalagi untuk mengukir keuntungan di masa depan. Karena ke depannya jika bisnis dapat berkembang, tabungan yang digunakan dapat terganti dengan keuntungan yang dihasilkan.

2. Mencari Rekanan Bisnis

Ada cara lain yang dapat mempermudah beban pencarian modal usaha, yaitu dengan mencari penanam modal atau rekanan bisnis. Taktiknya, Anda harus bisa menemukan orang yang sama-sama memiliki minat untuk mendirikan bisnis nasi goreng.

Dengan begitu Anda bisa melakukan pembagian modal yang bisa ditanggung bersama-sama. Sisi positif lainnya, bukan hanya beban modal yang termudahkan, akan tetapi arah dan usaha-usaha mengembangkan bisnis juga bisa dilakukan bersama. Jika begini maka usaha yang dilakukan bisa lebih efektif.

3. Mencari Penanam Modal

Jika bisnis nasi goreng yang akan didirikan berskala besar, seperti cafe atau restaurant, maka jangan lewatkan untuk mencari investor. Bahkan bagi Anda yang terbilang masih baru saat menjalankannya, maka menggandeng penanam modal dapat sangat membantu perkembangan bisnis agar stabil dan terarah.

Untuk menarik investor biasanya perlu adanya pembuatan proposal usaha, yang mampu menggambarkan rencana bisnis secara rinci, mulai dari visi, misi, strategi, tujuan, pembagian keuntungan, termasuk anggaran biaya yang diperlukan. 

Ini juga menjadi tantangan bagi pendiri usaha, agar ia dapat menarik penanam modal melalui proposal yang dibuat. Selama investor menyanggupi, meskipun besaran biaya yang diperlukan terhitung besar, namun jika tujuannya terarah dan menjanjikan maka suntikan dana pun sangat mungkin digulirkan.

Manfaat Memiliki Modal Usaha Nasi Goreng

1. Mewujudkan Usaha Lebih Cepat

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika pemilik usaha berhasil mendapatkan modal. Salah satunya membantu mempercepat pendirian usaha. Perkara biaya atau modal dalam usaha bisa menjadi faktor penentu ke depannya. Bahkan tidak jarang calon pengusaha yang mengalami tersendatnya rencana dikarenakan modal belum terkumpulkan.

Baik modal yang didapatkan dari tabungan sendiri maupun dengan bantuan investor, jika dana telah tersedia maka modal dapat segera dibelanjakan sesuai dengan rencana anggaran biaya.

Terkhususnya bagi investor, mereka pun mampu melihat mana rencana bisnis yang menjanjikan sehingga bantuan modal yang diberikan bisa sama-sama menguntungkan. Jika investor sudah memberikan kepercayaannya kepada Anda, maka gelontoran dana sesuai kebutuhan pun dapat segera diberikan. Membangun bisnis pun dapat diwujudkan sesuai waktu yang telah ditentukan.

2. Membangkitkan Motivasi Berbisnis

Memang perkara biaya bukanlah satu-satunya hal yang memegang kunci penting pendirian bisnis nasi goreng. Akan tetapi permodalan ini dapat diumpamakan sebagai ujung tombak pendirian sebuah bisnis. 

Ketika Anda sudah dijanjikan akan ketersediaan modal usaha nasi goreng, semangat untuk mendirikan bisnis bisa berkali-kali lipat. Karena itu artinya rencana yang sejak awal dibuat, akan segera terealisasikan. Begitu pula sebaliknya jika modal usaha belum kunjung didapatkan, malah bisa memutuskan semangat untuk berbisnis karena pikiran menjadi kalut dibuatnya. 

3. Modal Biaya Pembelian Perlengkapan 

Manfaat pasti setelah terkumpulnya dana untuk memulai bisnis, diantaranya adalah untuk modal pembelian perlengkapan yang dibutuhkan. Seperti misalnya alat dan bahan membuat nasi goreng, bahkan untuk melakukan promosi.

Perkiraan Modal Usaha Nasi Goreng

Membahas mengenai manfaat serta cara mencari modal usaha nasi goreng saja belum cukup rasanya jika belum dilengkapi dengan perkiraan modal yang dibutuhkan. Perhitungan tersebut berguna untuk memberikan gambaran seberapa besar dana yang dibutuhkan.

1. Perhitungan untuk Alat

Sebagai gambaran, Anda bisa mempersiapkan peralatan masak yang berkisar mulai dari harga Rp 1.500.000, gerobak seharga Rp 2.000.000, meja dan kursi Rp 400.000, lalu tabung gas beserta kompor Rp 300.000.

2. Perhitungan untuk Bahan 

Selain peralatan, bahan-bahan pembuatan nasi goreng juga perlu dipersiapkan. Seperti bumbu-bumbu berkisar Rp 450.000, beras 150 kg yang bisa mencapai Rp 1.350.000, telur 1 kg mencapai Rp 350.000, minyak goreng mencapai Rp 200.000, dan lainnya.

Selanjutnya masing-masing kebutuhan dapat dijumlahkan totalnya. Namun semua perhitungan tersebut diberikan berdasarkan perkiraan dan sebagai referensi saja. Ada baiknya Anda melakukan persiapan lebih daripada perkiraan yang diberikan di atas, sebagai persiapan jika dibutuhkan biaya tidak terduga.

Sejumlah informasi di bawah ini, juga bisa dijadikan refernsi atau informasi tambahan, simak selengkapnya.

Baca juga:

1. Rincian Modal Usaha Nasi Uduk

2. Modal Usaha Fried Chicken

3. Modal Usaha Ayam Bakar

4. Kata-kata Promosi Makanan di Medsos

Demikian beberapa pembahasan mengenai cara, perhitungan, hingga manfaat mendapatkan modal usaha nasi goreng yang berguna sebagai patokan bisnis bagi Anda yang memiliki rencana mendirikannya.

Penulis: Ratih Pratiwi

Related Posts