taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Sejumlah Tips, Cara dan Rincian Modal Usaha Angkringan

Inilah Sejumlah Tips, Cara dan Rincian Modal Usaha Angkringan

Rincian modal usaha angkringan – keputusan untuk membuka suatu bisnis atau usaha adalah hal yang membutuhkan beragam pertimbangan. Salah satu pertimbangan di dalamnya adalah mengenai modal usaha tersebut. Hal ini karena dengan adanya modal, sebuah usaha tentu akan bisa berjalan.

modal usaha angkringan
Modal untuk sebuah bisnis atau usaha bermula dari modal yang kecil hingga modal yang besar. Hal tersebut sejalan dengan beragam jenis usaha yang akan dijalankan, seperti usaha dalam bidang bengkel, laundry, perdagangan, jasa privat, hingga angkringan. Dalam artikel kali ini akan diulas mengenai rincian modal usaha angkringan bagi pemula.

Usaha angkringan termasuk ke dalam salah satu jenis usaha yang menjanjikan dan juga menguntungkan. Hal ini tentu saja disebabkan oleh warung angkringan yang hanya memerlukan modal kecil tetapi berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar. 

Bisnis angkringan juga termasuk ke dalam bisnis kuliner yang memiliki masa depan cerah karena makanan dan juga minuman adalah kebutuhan utama manusia yang tidak bisa sedikit pun diabaikan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki modal kecil tetapi ingin tetap membuka usaha, maka pilihlah usaha angkringan sebagai solusinya. 

5 Tips dan Cara Membuka Usaha Angkringan


Setelah memutuskan untuk membuka usaha angkringan, perlu Anda simak tips-tips menjalani usaha angkringan yang efektif. Di antara tips-tips tersebut adalah:

1. Memilih lokasi yang strategis

Tidak hanya untuk membuka usaha angkringan, pemilihan lokasi yang strategis juga penting untu dilakukan dalam membuka usaha apa pun. Lokasi inilah yang akan memberikan pengaruh kepada suksesnya usaha angkringan tersebut.

Usahakan agar Anda membuka lokasi usaha angkringan di dekat pangsa pasar, contohnya di dekat kampus, kos-kosan, tempat wisata, sekitar pemukiman warga, dan juga pusat perkantoran. 

Membuka usaha angkringan di pedesaan juga sangat memungkinkan, apalagi jika desa tersebut terletak di jalur antar kota. Warung angkringan tersebut berpotensi menjadi tempat singgah pengendara yang berlalu-lalang.

2. Mempertimbangkan konsep angkringan

Warung angkringan kini memiliki beragam model, mulai dari yang sederhana hingga yang bergaya gaul dan juga modern. Untuk itu, Anda pun perlu menentukan model yang tepat pada angkringan yang akan dibuat nantinya. Lakukanlah pertimbangan yang matang pada konsep angkringan tersebut agar bisa menentukan estimasi ke depannya.

3. Menyediakan menu yang unik dan juga menarik

Hal ini pun menjadi salah satu yang harus ada ketika Anda memutuskan untuk membuka usaha angkringan. Tonjolkan menu yang spesial dan juga unik sehingga para calon pelanggan tertarik untuk membeli dan berlangganan di warung angkringan yang Anda buka. 

Perhatikan pula kualitas makanan dan minuman yang dijual tersebut. Jika makanan dan minuman tersebut memiliki cita rasa yang lezat, maka konsumen pun tidak akan segan-segan berlangganan di warung angkringan Anda.

4. Menjaga kebersihan gerobak angkringan

Jika Anda memilih konsep sederhana untuk angkringan, contohnya gerobak, maka perhatikanlah kebersihannya. Hal ini termasuk ke dalam poin penting yang wajib diperhatikan. Usahakanlah untuk rajin membersihkan gerobak dan tempat lesehan, jika ada, agar para pelanggan merasa nyaman.

5. Mempertahankan ciri khas dan melayani dengan baik

Harga yang relatif murah dan terjangkau bagi masyarakat adalah ciri khas dari angkringan yang perlu dipertahankan. Usahakan agar Anda tidak mematok harga yang mahal pada produk yang ada di angkringan sehingga para pelanggan memutuskan untuk tetap membeli di warung angkringan Anda.

Kamu juga bisa mengetahui sejumlah rincian modal usaha lainnya, simak informasinya di bawah ini. 

baca juga:





Tidak hanya itu, berikanlah pelayanan yang baik terhadap para konsumen. Sebab, sikap yang baik kepada konsumen juga penting untuk diperhatikan. Sikap yang baik dan ramah akan membuat konsumen betah berlama-lama di warung angkringan Anda.

Rincian Modal Usaha Angkringan Bagi Pemula

Setelah mengetahui tips-tips membuka usaha angkringan, hal selanjutnya yang penting untuk diketahui adalah rincian modal usaha. Rincian modal usaha inilah yang bisa membantu Anda dalam menyisihkan modal ketika akan membangun warung angkringan. Di antara rincian modal usaha tersebut adalah:

1. Biaya Investasi Usaha

Gerobak angkringan + Tikar + Kursi + Meja + Terpal: Rp 1.400.000

Gelas biasa 2 lusin: Rp 40.000

Teko plastik ukuran besar 2 pcs: Rp 20.000

Termos Es: Rp 40.000

Sendok 2 lusin: Rp 30.000                      

Garpu 6 pcs: Rp 10.000

Tempat sendok: Rp 5.000

Nampan 4 buah : Rp 18.000

Tempat nasi: Rp 20.000                                  

Ember ukuran sedang 2 buah: Rp 20.000

Tempat sampah bahan plastik 3 buah: Rp15.000

Total biaya investasi usaha: Rp 1.618.000

2. Biaya Operasional per hari

Gas LPG 3 kg Rp 22.000 : 3: Rp  7.400

Arang Rp. 25.000 : 5 hari: Rp  5.000

Gula dan kopi: Rp 38.000

Susu 3 kaleng: Rp 26.000

Jahe 1,5 kilogram: Rp 12.000

Es batu: Rp  3.000

Teh 5 bungkus : Rp  8.000

Jeruk 1,5 kilogram: Rp  5.000

Cabe merah keriting campur: Rp  8.000

Beras 3 kilogram: Rp 27.000

Bawang merah ¼ kilogram: Rp  6.000

Bawang putih ¼ kilogram: Rp  4.000

Bumbu masak: Rp  15.000

Gula merah: Rp  5.000

Telor puyuh dan daging ayam: Rp 65.000

Tahu dan tempe: Rp 28.000

Tape: Rp  5.000

Tepung Beras dan terigu: Rp  20.000

Total Biaya Modal Kerja Rp 287.400 per hari. Jika dihitung per bulan adalah Rp 281.400 x 30 hari = Rp 8.662.000.

Itulah rincian modal usaha angkringan dan juga tips yang bisa dilakukan ketika akan membuka usaha angkringan. Dapat disimpulkan bahwa usaha angkringan ini adalah jenis usaha yang hanya memerlukan sedikit modal sehingga Anda dapat menjadikan jenis usaha ini sebagai pilihan yang tepat ketika akan melakukan usaha atau bisnis. 

Jangan lupa pula untuk memperhatikan hal-hal teknis lainnya agar tujuan dan juga target bisa tercapai. 

Penulis: Melia F

Related Posts