taupasar.com

we read, we create and we share it.

15 Ide Usaha Modal 50 Ribu Menghasilkan Untung Besar. Semua Orang Bisa Memulai

15 Ide Usaha Modal 50 Ribu Menghasilkan Untung Besar. Semua Orang Bisa Memulai


Ketika membaca judul diatas, mungkin sebagian besar dari Anda akan bertanya, Modal 50.000 usaha apa? Jawabannya adalah banyak. Terutama apabila Anda memiliki bakat atau hobi yang bisa mendatangkan pundi-pundi cuan ke dalam kantong. Sudah banyak kok orang-orang sukses dan kaya raya yang memulai usaha mereka dengan modal kecil dan nampak tak masuk akal.

ide usaha

Kuncinya tentu saja adalah ketekunan dan keseriusan dalam menjalani bisnis tersebut. Tak peduli modal besar ataupun kecil, jika dijalani dengan sungguh-sungguh tentu akan memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya. Jadi jangan sampai karena modalnya kecil Anda menjadi meremehkan dan asal-asalan.

15 Inspirasi Ide Usaha Modal 50 Ribu


Bagi Anda yang masih bingung memulai usaha dengan modal kecil, jangan khawatir lagi. Keterbatasan modal tidak boleh menjadi halangan bagi setiap orang untuk menjemput rejeki mereka melalui wirausaha. Berikut merupakan beberapa inspirasi usaha yang dapat dimulai hanya dengan modal 50 ribu saja.

1. Menjadi reseller

Di jaman serba online, banyak orang mulai berbondong-bondong beralih dari belanja manual menjadi belanja online. Belanja online ini bisa dilakukan via marketplace atau memesan langsung kepada teman yang memasarkan produk mereka melalui media sosial. Istilah reseller sendiri berarti menjual kembali, jadi Anda menjual produk orang lain dan mengambil keuntungan dari penjualan tersebut.

Salah satu keuntungan menjadi reseller adalah, Anda tidak perlu kerepotan produksi. Tugas Anda tinggal menyediakan beberapa stock barang untuk dijual kepada pembeli. Kabar baiknya, beberapa produsen bahkan menerapkan skema reseller sebagai contributor mereka kepada pembeli sehingga reseller mendapatkan pembekalan bagaimana cara mempromosikan produk agar menarik dan ramai terjual.

Untuk menjadi reseller, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Cukup biaya untuk membeli kuota internet dan menyediakan beberapa stock barang (jika memungkinkan). Jika produk yang dijual cukup mahal, Anda bisa menerapkan strategi pemesanan atau Pre-Order (PO) sehingga pembeli memesan terlebih dahulu jadi Anda tidak perlu menyediakan stock satupun. 

2. Menjadi dropshipper

Bisnis online modal 50 ribu lainnya yakni dropsipper. Perbedaannya dengan reseller, Anda hanya berperan sebagai perantara penjualan produk dari produsen ke pembeli. Jadi, pengiriman barang tidak melalui Anda terlebih dahulu. Lalu apakah kita mendapat keuntungan? Tentu saja iya. Pembeli akan membayar barang melalui Anda terlebih dahulu, baru Anda mengirimkannya kepada produsen.

Untuk menjadi dropshipper, Anda hanya perlu menyediakan anggaran kuota internet dan kemampuan dalam menawarkan produk. Selebihnya Anda tak perlu ribet packing, mengecek stock, atau lainnya.  

3. Menjual camilan

Bagi Anda yang hobi membuat makanan ringan seperti keripik, kue-kue kecil, bakso kering dan lain sebagainya. Mengapa tidak mencoba memasarkannya kepada teman dan pengikut Anda di media sosial? Karena konsep awalnya sendiri adalah camilan maka tak perlu stock terlalu banyak sehingga membutuhkan modal besar.

Hari ini, camilan banyak sekali digemari oleh kalangan anak muda untuk teman nongkrong, nonton film, atau bersantai dengan keluarga. Jangan lupa membuat pengemasan yang menarik ya..

4. Menjual aksesoris / kerajinan dari barang tidak terpakai

Di tangan orang yang kreatif, barang tak terpakai bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Misalkan tempelan dinding estetik dari kardus bekas. Bagi Anda yang belum berpengalaman, referensi pembuatan bisa dipelajari dari berbagai platform media seperti Tiktok dan Youtube.

Tentu saja, tak perlu biaya besar untuk membeli bahan-bahan pembuatan yang notabene adalah barang yang sudah tidak terpakai. Selain mendapatkan keuntungan besar dari modal kecil, Anda secara tidak langsung juga berkontribusi untuk menjaga kebersihan lingkungan loh.

5. Menjual makanan melalui Grab/ Gojek

Untuk membuka sebuah warung makan, seseorang tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Misalnya membuat / menyewa gerai, membeli etalase, atau lain sebagainya. Namun tidak demikian dengan menjual makanan melalui aplikasi pengantaran makanan.

Anda tidak perlu menyediakan warung mentereng atau dekorasi makanan. Hanya berbekal kulkas untuk menyimpan bahan makanan, peralatan dapur, dan aplikasi Anda sudah bisa mulai memasarkan produk. Untuk pemula, tidak masalah menjual dua atau tiga menu lebih dulu, jika jumlah pelanggan sudah banyak barulah mengembangkan menu yang lain.

6. Menerima pesanan cinderamata

Jika Anda merasa khawatir rugi karena produk tidak terjual, sistem pemesanan adalah tips yang bisa diadopsi. Misalkan pemesanan cinderamata. Anda bisa menyiapkan satu sample saja pada setiap produk untuk dimasukkan ke dalam katalog. Jika ada pembeli, barulah Anda menyiapkan produk tersebut.

Kelebihan produk cinderamata adalah bahannya tahan lama, tidak mudah basi, dan tidak membutuhkan produksi terlalu mahal. Namun begitu, keuntungan dari bisnis ini juga tidak sedikit. Apalagi peluang mendapatkan pesanan dalam jumlah besar juga terbuka lebar.    

7. Membuka jasa travel kecil-kecilan

Kebutuhan liburan adalah mutlak bagi setiap orang. Hampir semua komunitas, sekolah, organisasi, paguyuban, atau sejenisnya rutin mengadakan wisata bersama minimal satu tahun sekali. Fakta ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka jasa travel kecil-kecilan atau menjadi perantara.

Membuka jasa perantara travel tidak membutuhkan modal besar karena Anda bisa menggunakan DP dari konsumen untuk membayar sewa di awal. Selebihnya Anda melakukan kerjasama dengan pemilik kendaraan, supir, guide (jika diperlukan), dan konsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman.   

8. Membuka jasa laundry

Jika ada mesin cuci di rumah, sayang sekali jika tidak memanfaatkannya secara maksimal. Salah satu caranya ialah dengan membuka jasa laundry kiloan di rumah. Dengan modal pewangi pakaian, setrika, dan pembungkus platik, Anda bisa melipat gandakan penghasilan meskipun di rumah saja.  

9. Membuka counter dan Jasa pembayaran e-money

Semua orang membutuhkan pulsa atau jaringan internet untuk handphone dan smarphone mereka. Selain itu, opsi berbelanja secara online juga sedang menjamur di kalangan masyarakat baik itu di perkotaan hingga pedesaan. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai ajang membuka jasa pembayaran e-money, baik itu top-up, transfer, atau pencairan.

10. Jasa pijat

Bagi Anda yang mempunyai tenaga berlebih dan seringkali dipuji karena mempunyai pijatan yang baik, membuka jasa pijat adalah usaha yang tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa memulai dengan menawarkan jasa di aplikasi Go-Massage, memasang banner atau pamflet, atau sejenisnya.

Meskipun nampak seperti kurang diminati, nyatanya jasa pijat memiliki progress yang tinggi. Nantinya Anda dapat mengembangkan bisnis tersebut dengan cara menambah personil dan lain sebagainya.

11. Jasa potong rambut

Membuka jasa potong rambut cocok bagi Anda yang tertarik pada dunia hairstyle. Di tengah trend mode yang sedang digandrungi oleh kalangan anak muda, ide usaha ini pasti memiliki banyak peminat. Untuk pemula, modal 50 ribu pun cukup untuk membeli peralatan yang dibutuhkan. Ingat, jangan unggulkan gengsi terlebih dahulu ya.. 
 
12. Penulis freelance

Tips ini cocok bagi Anda yang mempunyai hobi menulis entah itu mengarang cerita, membuat opini, atau menulis ilmiah. Berbekal laptop, smartphone, dan paket data Anda bisa berselancar mencari para pemilik website yang sedang membutuhkan penulis untuk blog mereka.  

13. Jasa ketik

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing lainnya yaitu menerima jasa ketik. Kelebihan yang Anda tawarkan tentu saja kecepatan dan ketepatan dalam mengganti dokumen tulisan tangan dalam bentuk digital. Meskipun sudah banyak sekali orang yang pintar memegang laptop, belum tentu mereka memiliki skill mengetik cepat tersebut.

14. Content creator

Kini, menjadi content creator tidak harus mempunyai kamera yang mahal atau peralatan seharga jutaan rupiah. Berbekal kamera android, skill mengolah foto atau video serta digital marketing yang baik, Anda sudah bisa menjadi seorang content creator dengan modal 50.000 saja.

Di era digital seperti saat ini, content creator adalah profesi yang sangat menjanjikan. Mulai banyak anak-anak muda yang beralih menekuni bidang ini untuk mendapatkan eksistensi sekaligus pundi-pundi uang. Jadi, jika Anda hobi posting foto atau video di media sosial, alangkah baiknya jika hobi tersebut ditekuni lebih serius. 
    
15. Membuka les privat

Agar pengetahuan tidak mengendap begitu saja di dalam otak dan kemudian hilang, membuka les privat adalah salah satu upaya agar ilmu yang dimiliki terdistribusi dengan baik. Selain itu, membuka les privat tidak membutuhkan modal besar, hanya kuota internet untuk terkoneksi dengan siswa dan biaya transportasi.

kamu juga bisa mengetahui sejumlah informasi terkait, tentunya pada sejumlah artikel di bawah ini.

baca juga:



Seiring berjalannya waktu, ketika kemampuan mengajar Anda sudah kian meningkat, tidak menutup kemungkinan jasa Anda akan berkembang seperti menambah jumlah tutor, membuka cabang di kota lain, dan sebagainya.

Demikian 15 ide usaha modal 50 ribu yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Hanifah Saifuddin
 

Related Posts