taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Contoh Proposal Usaha Minuman yang Paling Efektif

Inilah Contoh Proposal Usaha Minuman yang Paling Efektif


Contoh proposal usaha minuman – membuka usaha minuman kini menjadi hal yang banyak dilakukan oleh para pelaku usaha. Usaha minuman ini juga termasuk ke dalam salah satu usaha yang dapat mendulang banyak keuntungan. Sebab, kini sudah banyak ditemukan produk minuman yang laris-manis di kalangan masyarakat.

proposal usaha minuman
Akan tetapi, jika Anda ingin membuka usaha minuman dan mendapatkan tambahan dana untuk modal, maka Anda perlu membuat suatu proposal. Tujuan dibuatnya proposal adalah untuk mendapatkan modal usaha tambahan agar usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar. Dengan mengajukan proposal juga berpotensi untuk mengundang minat para konsumen.

Tidak hanya itu, proposal usaha minuman juga memungkinkan Anda untuk menjalin suatu kerjasama dan mengembangkan relasi yang dimiliki. Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan bagi banyak pihak yang terlibat di dalamnya. Oleh karena itu, jika Anda sebagai pelaku usaha minuman dan ingin membuat proposal, maka Anda perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengannya terlebih dahulu.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Membuat Proposal Usaha Minuman


Hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat proposal usaha minuman penting sekali untuk diketahui. Karena hal ini akan memberikan pengaruh pada keputusan donatur atau pihak yang akan menjalin kerjasama. Di bawah ini merupakan hal-hal yang bisa Anda lakukan sebelum membuat proposal usaha minuman:

1. Desain yang menarik

Ketika membuat atau menggarap suatu proposal, hendaknya Anda memilih desain yang menarik. Mulai dari sampul hingga konten di dalamnya. Hal ini tentu saja bertujuan agar pihak yang akan diajak kerjasama tertarik untuk membaca dan akhirnya memberikan persetujuan atas proposal yang diajukan. Untuk hal ini, Anda dapat menggunakan jasa desain atau Anda pun bisa mendesainnya dengan kreatif.

2. Tujuan yang jelas

Penting juga bagi Anda untuk mengirim proposal usaha minuman tersebut kepada instansi yang sesuai. Perhatikan pula keuntungan yang sama-sama akan didapatkan oleh pihak yang terlibat. Dengan begitu, maka pengajuan proposal akan disetujui.

3. Pemaparan yang padat

Pemaparan di dalam proposal maupun saat menjelaskan secara langsung pun harus jelas dan juga padat. Hal ini bertujuan agar calon partner bisnis tersebut mendapatkan poin penting dari proposal yang diajukan. Sehingga kerja sama pun bisa terjalin dengan baik dan Anda bisa mendapatkan tambahan modal untuk usaha minuman yang sedang atau akan dijalankan.

Contoh Proposal Usaha Minuman


Di bawah ini merupakan contoh proposal usaha minuman yang bisa dijadikan sebagai referensi ketika Anda akan membuat suatu proposal.

BAB I

PROFIL PERUSAHAAN

A. Deskripsi Umum Perusahaan

Dewasa kini yoghurt adalah salah satu jenis minuman yang menyehatkan dan terkenal di kalangan masyarakat. Banyak orang yang mengonsumsi yoghurt untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Produk susu fermentasi ini telah benar-benar mmemberikan manfaat yang nyata kepada masyarakat sehingga banyak yang mengonsumsinya.

Melihat hal tersebut, PT Abadi Jaya Sentosa juga memproduksi yoghurt dengan kualitas yang terbaik. Yoghurt yang diproduksi sudah terjamin kualitas dan juga kandungan gizi di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan pola hidup konsumennya.

Usaha minuman yoghurt ini juga memberikan kesempatan bagi perkembangan bisnis usaha rumahan sehingga banyak pihak yang mendapatkan manfaatnya. 

B. Riwayat Perusahaan

Usaha ini dibentuk oleh sekelompok wirausahawan yang berlatar belakang pendidikan Ekonomi. Hal ini dilakukan sebagai implementasi dari mata kuliah Kewirausahaan di salah satu universitas negeri di Jawa Tengah.

C. Visi dan Misi Perusahaan

VISI

Memproduksi dan menjual minuman yang sehat, halal, enak, bermutu, dan berbeda dari produk minuman yang lain. Kepuasan pelanggan merupakan prioritas kami.

MISI

1. Minuman yang berbeda dengan yang lain

2. Dari bahan berkualitas segar dan halal

3. Kerjasama yang baik adalah pedoman kami

4. Membangun hubungan yang baik antara Produsen dan Konsumen

5. Melayani dengan Etika yang baik

D. Jenis Usaha yang Dikelola

Usaha ini bergerak di bidang minuman yaitu pembuatan yoghurt. Kami memilih usaha di bidang minuman karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill yang dimiliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.

E. Jenis Usaha yang Direncanakan

Kami membuat suatu usaha di bidang makanan yaitu pembuatan Yoghurt. Dengan jenis rasa angggur, jeruk, pisang, apel, mangga, dan melon.

F. Tujuan

Untuk mencoba mengembangkan ide, kreatifitas dan inovasi

1. Untuk mencari peluang bisnis melalui kegiatan berwirausaha

2. Menambah pengalaman berwirausaha bagi pemula

3. Menarik minat agar masyarakat lainnya dapat mengembangkan diri di bidang kewirausahaan.

BAB II

KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN

A. Lingkungan Usaha

Hal-hal yang menjadi pendukung dalam kegiatan pengembangan pemasaran yang kami jalankan adalah dari segi lokasinya. Selain dari segi lokasi, harga yang kami tawarkan juga relatif murah dengan kualitas dan kuantitas produk. 

Di Brebes sendiri, jenis usaha di bidang minuman khususnya Yoghurt  memiliki peluang yang sangat menjajikan, karena minuman tersebut menyehatkan, ditambah lagi dengan banyaknya jumlah penduduk di Brebes dan sekitarnya. 

Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan usaha pembuatan Yoghurt karena ditunjang dari banyaknya  peluang  dalam mengembangkan jenis usaha ini.

B. Kondisi Pasar

Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak di bidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk  yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak dan banyak, ukuran yang kecil (unik), harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. 

Dengan ini, kami yakin produk yang kamimiliki mampu bersaing dan laku di pasaran.

C. Rencana Pemasaran

Dengan usaha Yoghurt yang sudah memiliki pelanggan tetap, maka kami akan menambah pemasarannya dengan membuat brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya, sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha ini, membuka stan ketiga ada  pameran kuliner di jetayu atau exspo di kajen, menerima delivery order. 

Selain itu, media lain juga kami juga untuk  manfaatkan seperti jejaring sosial (social network). Lokasi, harga, promosi, dan yang paling penting produk. Produk ini juga sangat akan kami sesuaikan seperti pada kemasannya. 

Kami sebagai penjual juga sangat memperhatikan guna melayani konsumen. Manajemen yang baik akan kami terapkan di antara anggota dalam perusahaan agar perusahaan ini berjalan dengan baik dan berkembang sesuai harapan.

D. Modal Usaha Minuman

Etalase, kompor, dan tabung gas: Rp. 2.000.000

Blender                                 Rp. 500.000

Panci Rp. 100.000

Wadah kaca Rp. 50.000

Gelas dan sendok Rp. 100.000

Peralatan tambahan Rp. 300.000
————————————————————————–    +

Total                                        Rp. 3.050.000

E. Biaya operasional Usaha Minuman

Krim susu Rp. 50.000/hari

Bibit yoghurt Rp. 50.000/hari

Susu Rp. 50.000/hari

Gula, sirup, dan lain-lain        Rp. 70.000/hari

Listrik dan air Rp. 30.000/bulan
—————————————————————————– +

Total                                        Rp. 250.000

F. Omset per bulan

Omzet harian rata-rata  Rp 500.000,00

Omset bulanan @ Rp 500.000,00 x 30 hari = 5.000.000,00

Laba bersih perbulan ialah Rp 15.000.000,00 – Rp 10.500.000,00 =  Rp 4.500.000,00

G. Waktu Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi yang kami lakukan ialah 6 Hari dalam seminggu

(senin – jumat : 07.00 : 16: 00)  (Sabtu : 07:00 – 12.000)  (Minggu:  Libur)

BAB III

PENUTUP

Berdasarkan uraian dan penjelasan kami diatas maka kami mengharapkan kepada dukungan semua pihak yang berkenan dalam membantu usaha kami agar lebih maju, kami siap menerima bantuan dana berupa donasi, tambahan modal atau bantuan teknis lainnya agar usaha yang kami buat lebih maju dan dapat mengurangi tingkat penganguran di Indonesia terutama di wilayah Brebes, Jawa Tengah.

Kamu jiga bisa mengetahui sejumlah informasi lainnya, tentu saja yang berkaitan di bawah ini.

baca juga:



Itulah contoh proposal usaha minuman yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika ingin membuka suatu usaha. Perhatikanlah hal-hal penting lainnya yang bisa mendukung usaha minuman tersebut. Hal-hal tersebut bisa berupa lokasi berjualan, promosi, dan juga strategi pemasaran yang baik. Dengan begitu, tujuan usaha bisa tercapai dengan baik. 

Penulis: Melia F

Related Posts