taupasar.com

we read, we create and we share it.

Contoh Proposal Usaha Makanan Ringan Lengkap dan Menarik

Contoh proposal usaha makanan ringan bisa saja menjadi hal yang dibutuhkan bagi orang-orang yang sedang membuka usaha, khususnya di bidang makanan. Proposal ini dibuat dengan tujuan mendapatkan tambahan dana agar usahanya bisa berjalan dengan lancar. Pengajuan proposal juga bertujuan agar usaha yang sedang dijalankan bisa sukses dan juga mengundang minat para pembeli.
 
proposal usaha makanan ringan

Dengan adanya proposal, maka para pengusaha dapat menjalin kerja sama dan juga mengembangkan relasi yang dimilikinya. Sehingga hal tersebut dapat menguntungkan bagi berbagai pihak yang terlibat di dalamnya. Namun, sebelum mengetahui contoh proposal usaha makanan ringan, alangkah lebih baiknya bagi Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai hal yang harus diperhatikan sebelum mempromosikan produk. Di antara hal tersebut adalah:

1. Menentukan Target Pasar

Dengan menentukan target pasar terlebih dahulu, maka pengusaha mampu menentukan budget promosi menjadi lebih efektif. Selain itu, dengan menentukan target market juga pengusaha akan lebih mudah dalam membuat penentuan pemilihan media promosi yang sesuai.

2. Menetapkan Tujuan Promosi

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan promosi suatu produk. Tentukanlah misi dan apa yang ingin dicapai dengan melakukan promosi agar hal tersebut menjadi lebih efisien. Salah satu hal yang bisa dicapai dalam proses promosi adalah meningkatkan penjualan dan juga membangun kesetiaan dengan konsumen.

3. Membuat Rencana Pesan yang Akan Disampaikan

Dewasa ini, komunikasi bisa dilakukan secara dua arah. Sehingga hal ini memungkinkan untuk berkomunikasi dengan baik bersama konsumen. Anda dianjurkan untuk menggunakan bahasa yang sesuai ketika melakukan promosi. Selain itu, pesan yang dipromosikan haruslah memiliki daya tarik yang emosional, rasional, dan juga mengandung moral.

4. Media Promosi yang Tepat

Tidak hanya pesan yang disampaikan, media promosi juga haruslah tepat. Hal ini berhubungan erat dengan target konsumen. Media yang bisa dijadikan sebagai tempat promosi bisa berupa media online dan juga offline. Anda dapat memilih di antara keduanya yang memang cocok untuk produk Anda.

5. Menentukan Besaran Anggaran dan Efektivitas Promosi

Kedua hal ini juga sangatlah penting karena berhubungan erat dengan tercapainya sebuah target pasar. Ketika Anda memilih media untuk melakukan promosi, maka pertimbangkan juga mengenai biaya dan juga efektivitas media tersebut.

Setelah mengetahui hal-hal yang penting sebelum mengajukan sebuah proposal, maka selanjutnya adalah Anda mengetahui contoh proposal usaha makanan ringan. Di bawah ini merupakan contohnya.

BAB I
PROFIL PERUSAHAAN

A. Deskripsi Umum Perusahaan

Siapa yang tidak mengkenal risol? Risol merupakan jajanan yang sebenarnya sudah begitu lama dikenal. Sebagai jajanan pasar, risol dijual dalam bentuk siap saji sudah memiliki permintaan pasar yang relatif stabil.Tetapi risol yang sekarang banyak dijual di pasaran yaitu berisi sayuran.Terdengar  biasa saja karena kebanyakan orang sering membeli  risol yang berisi sayuran. 
 
Kami memilih jenis usaha “RISOL BUAH” agar para penikmat jajanan/kuliner lezat ini dapat memilih beberapa isi sesuai kesukaan mereka dari risol buah  dengan pilihan isi yang buah yang segar dan bervariatif. Harganya pun terjangkau bagi semua kalangan sesuai dengan rasa gurih dan bercampur rasa manis buah yang ditawarkan pada risol  ini. 
 
Dalam risol ini didalamnya berisi yaitu buah apel, buah pisang, buah melon sehingga membuat konsumen balik lagi untuk mengkonsumsi.Selain itu risol juga memiliki kandungan yang penting bagi tubuh. Setelah diteliti ternyata risol buah banyak vitamin yang terkandung didalamnya yang bermanfaat bagi tubuh, dan sangat baik dikonsumsi.

Usaha ini merupakan suatu kegiatan usaha yang bergerak di bidang makanan ringan khususnya “Risol Buah”. Kegiatan usaha ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis usaha rumahan dengan tujuan memenuhi keinginan konsumen.

B. Riwayat Perusahaan

Usaha ini dibentuk oleh kami untuk berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata kuliah Kewirausahaan, prodi Ekonomi Syariah jurusan Syariah, IAIN Pekalongan.

C. Visi dan Misi Perusahaan

VISI

Memproduksi dan menjual Makanan yang Sehat, Halal, Enak, Bermutu, dan berbeda dari makanan lain. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

MISI

  1. Makanan yang berbeda dengan yang lain
  2. Dari bahan berkualitas segar dan halal
  3. Kerjasama yang baik adalah pedoman kami
  4. Membangun hubungan yang baik antara Produsen dan Konsumen
  5. Melayani dengan Etika yang baik
D. Jenis Usaha yang Dikelola

Usaha ini bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan Risol Buah. Kami memilih usaha di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill yang saya miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.

E. Jenis Usaha yang Direncanakan

Kami membuat suatu usaha di bidang makanan yaitu pembuatan “Risol Buah”. Dengan jenis isinya pisang, apel, mangga, dan melon.

F. Tujuan
  1. Untuk mencoba mengembangkan ide, kreatifitas dan inovasi
  2. Untuk mencari peluang bisnis melalui kegiatan berwirausaha
  3. Menambah pengalaman berwirausaha bagi pemula
  4. Menarik minat agar mahasiswa/I lainnya agar mengembangkan diri di bidang kewirausahaan

BAB II
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN

A. Lingkungan Usaha

Hal-hal yang menjadi pendukung dalam kegiatan pengembangan pemasaran yang kami jalankan adalah dari segi lokasinya. Selain dari segi lokasi, harga yang kami tawarkan juga relatif murah dengan kualitas dan kuantitas produk. 
 
Di Pekalongan sendiri jenis usaha di bidang makanan khususnya Risol Buah  memiliki peluang yang sangat menjajikan, karena makanan adalah kebutuhan primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya jumlah penduduk di Pekalongan dan sekitarnya.
 
 Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan usaha pembuatan Risol Buah karena ditunjang dari banyaknya  peluang  dalam mengembangkan jenis usaha ini.

B. Kondisi Pasar

Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk  yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak dan banyak, ukuran yang kecil (unik), harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin produk yang kamimiliki mampu bersaing dan laku dipasaran.

C. Rencana Pemasaran

Dengan usaha Risol Buah yang sudah memiliki pelanggan tetap , maka kami akan menambah pemasarannya dengan membuat brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya , sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha ini,membuka stan ketiga ada  pameran kuliner di jetayu atau exspo di kajen, menerima delivery order . Selain itu, media lain juga kami juga untuk  manfaatkan seperti jejaring sosial (social network). 
 
Lokasi, harga , promosi , dan yang paling penting produk . Produk ini juga sangat akan kami sesuaikan seperti pada kemasannya. kami sebagai penjual juga sangat memperhatikan guna melayani konsumen. Manajemen yang baik akan kami terapkan di antara anggota dalam perusahaan agar perusahaan ini berjalan dengan baik dan berkembang sesuai harapan.

D. Manfaat Buah Buahan yang terkandung didalam produk risol buah

1. Buah Apel

Buah Apel merupkan buah yang tidak asing lagi bagi masayarakat kita. Buah ini bahkan dapat kita jumpai hampir di setiap wilayah diindonesia. Disamping rasanya yang lezat ternyata buah apel sendiri menyimpan kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Gizi dalam Buah Apel

Sebagai buah yang sehat, apel kaya akan kandungan gizi, namun yang paling dominan adalah vitaminnya. Ada banyak vitamin yang terdapat di buah apel, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Dari penjelasan tentang kandungan gizi buah apel diatas sebenarnya sudah dapat terlihat manfaat dari buah apel bagi kesehatan, Untuk lebih jelasnya berikut manfaat buah apel bagi kesehatan : 
 
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Meningkatkan daya penglihatan,Mencegah Penyakit mulut, Membantu pertumbuhan tulang dan gigi, Membantu merawat gigi, Membantu mengurangi berat badan, Mencegah Kanker, Menurunkan kadar Kolesterol,Membantu proses pencernaan. Dan Apel hijau lebih baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, penglihatan, dan anti kanker.

2. Buah Pisang

Buah Pisang - Buah pisang (Musa paradisiaca) buah yang memiliki bentuk yang menarik dan banyak orang yang mengetahu karena banyak sekali di temui dipedesaan maupun di perkotaan. karena buah ini sangat populer, murah dan banyak kandungan vitaminnya.

Pisang sangat direkomendasikan oleh para dokter untuk pasien yang kadar potasiumnya rendah. Sebuah pisang besar kira-kira seukuran 22 sentimeter, mengandung 602 mg potassium dan hanya mengandung 140 kalori. Pisang dengan ukuran yang sama bahkan mempunyai 2 gram protein dan 4 gram serat. Tidak mengherankan kalau pisang dianggap sebagai makanan yang penting untuk meningkatkan kesehatan anak anak yang kurang gizi.

Pisang juga mengandung vitamin dan mineral yang berlimpah, pisang ukuran besar menyediakan 123 U.I. vitamin A. Kandungan multi vitamin B-nya sangat lengkap, dengan .07 mg thiamin, .15 riboflafin, .82 mg niacin, .88mg vitamin B6, dan 29 mcg asam folat. Bahkan di dalamnya terkandung13.8 mg vitamin C. Dalam skala mineral terdapat 9.2 mg magnesium 44.1 mg, ditemukan juga sejumlah zat besi dan seng.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan
 
Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Obat hipertensi (tekanan darah tinggi) Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali.Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.
 
Mencegah penyakit jantung

Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung.Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung.Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

Kesehatan janin

Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.

Mengatasi anemia (kurang darah)

Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan. 

Mengatasi gangguan pencernaan.

Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung.Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.

Menurunkan berat badan

Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis, juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.

Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.

BAB III
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG

Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.

A. Faktor Penghambat Usaha
  1. Banyaknya usaha yang sama
  2. Harga bahan baku yang tidak stabil
Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan baku tidak stabil, kamimenyiasatinya dengan membeli bahan di tempat langganan kami belanja.

B. Faktor Pendukung Usaha

  1. Kondisi tempat, dan peralatan yang memadai
  2. Higienis dan harga yang relatif terjangkau
  3. Merupakan salah satu bagian produk yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.
 
C. Analisis SWOT

1. Strength (kekuatan)
  • Menjual produk untuk semua kalangan (anak anak, remaja, dan orang tua)
  • Memiliki keunikan rasa dari semua risol yang pernah ada, karena isinya adalah buah
  • Baik bagi kesehatan, karena kandungan yang terdapat dalam buah.
2. Weakness (kelemahan)
  • Sangat mudah di buat sendiri, sehingga biasannya orang memilih untuk membuatnya sendiri
  • Cara pembuatannya mudah di tiru
3. Opportunity (peluang/kesempatan)
  • Mudah dalam pemasaran, karena makanan banyak orang yang tertarik kepada makanan seahat yang berbasis buah-buahan.
  • Alat dan bahan mudah di temukan, sehingga kami tidak merasa kesulitan dalam pembuatan camilan ini
  • Modal yang di butuhkan tidak besar, sehingga kami mampu memproduksinya terus-menerus.
  • Harga terjangkau.
4. Threat (hambatan)
  • Jika ada produsen baru yang membuat produk sama seperti kami.
  • Pesaing menambah varian rasa buah yang sulit kami dapatkan, contohnya buat strawberry, buah tersebut ada pada saat musimnya, sehingga kami sulit memproduksi.
  • Melakukan strategi pemasaran yang lebih kompetitif.
 
BAB IV
ASPEK PRODUKSI

 
A. Alokasi Usaha

Usaha ini  berlokasi di Pekalongan karena di wilayah pekalongan itu masih jarang yang berjualan risol buah. Kami memilih lokasi tersebut, karena tempatnya dekat dengan daerah pemasaran. yaitu disekitar pusat belanja, dan warung-warung yang dekat dengan lokasi usaha tersebut.

B. Fasilitas dan Peralatan Produksi

Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
 
contoh proposal usaha

 
C. Bahan Baku
 
proposal usaha makanan ringan

 
D.    Proses Produksi

Dalam proses produksi usaha ini diantaranya:
  • Menyiapkan bahan yang akan digunakan
  • Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan
  • Memulai proses pengerjaan
  • Membersihkan hasil pekerjaan agar lebih baik (finishing).
E.    Proses Pengerjaan

Dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari             : Senin – sabtu
Waktu         : 06.00 – 08.00 WIB

BAB V
ASPEK KEUANGAN

A. Rencana produksi

Jenis produk             = Risol Buah
Jumlah produk         = 200 biji/hari

B. Biaya tetap

Peralatan                  = Rp. 60.000,-
Bahan baku              = Rp.116.000,-
Jumlah                     = Rp. 176.000,-
Modal                      = Rp. 176.000,-
Keuntungan             = 40% x 176.000  = Rp. 70.400,-
Modal + keuntungan                             = 176.000 + 70.400 = 246.400
Harga jual                                             = Rp. 246.400 / 200
                                                              = Rp. 1.232
                                                              = Rp. 1.500,-
 
BAB VI
PENUTUP

A. ANTISIPASI MASA DEPAN

Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat dan konsumen puas atas jajanan risol buah yang kami buat. Karena apabila kualitas jajanan kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut.

B. KESIMPULAN

Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
 
 
Penulis : Melia F.
Editor : Sigit Utomo


Related Posts