taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menjadi Distributor Minyak Goreng dan Agen Minyak Goreng yang Sukses

Cara Menjadi Distributor Minyak Goreng dan Agen Minyak Goreng yang Sukses


Minyak goreng adalah salah satu bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, tidak hanya akan digunakan oleh individu tetapi juga restoran, hotel, warteg, penjual kuliner, pedagang keliling. Mereka juga sangat membutuhkan minyak goreng untuk kebutuhan mereka.
distributor minyak goreng
Dengan fakta di atas sudah cukup menjadi alasan bahwa menjual minyak goreng adalah salah satu usaha yang sangat menguntungkan, karena banyaknya target pasar dalam usaha minyak goreng, selebihnya adalah tinggal kerja keras dan strategi kita dalam menjalan usahanya.

Dalam menjalankan usaha minyak goreng pun ada cara atau langkah-langkahnya yang perlu kamu tahu, nah dalam artikel kali ini aku mau membagikan Cara Menjadi Distributor Minyak Goreng dan Agen Minyak Goreng yang Sukses buat kamu yang lagi cari usaha yang menguntungkan.

Cara Menjadi Distributor dan Agen Minyak Goreng yang Sukses


1. Tentukan Produsen

Langkah pertama cara menjadi distributor minyak goreng dan agen minyak goreng yang sukses adalah tentukan produsen, menjadi distributor atau agen minayak goreng pasti akan membutuhkan produsen yang tepat dalam menjalankan usahanya, karena hal ini akan mempengaruhi pada harga dan kualitas produk yang akan kamu jual.
 
Cara menjadi distributor pabrik dalam memilih produsen jangan cepat menentukan pilihan, saran aku kamu harus datang dan lihat kondisi tempat produsen yang akan menjadi pilihan kamu, lihat apakaah tempat produksi mereka bersih, tertata dan rapi ataukah semrawut abahkan kotor, jikaa tempat mereka kotor dan tidak rapi maka coba cari produsen yang lain yang lebih bersih dan rapi.
 
2. Pilihlah Tempat Usaha

Memiliki usaha minyak goreng home industri modal minim mungkin tidak membutuhkan tempat yang luas di rumah tempt tinggal kamu saja mungkin cukup, jika penjualan yang kamu gunakan dengan online, tetapi beda halnya jika penjualan yang akan kamu lakukan dengan offline, penjualan offline akan membutuhkan tempat yang strategis dalam penjualannnya.
 
Menjadi distributor minyak goreng ketika jumlah penjulan semakin meningkat pasti juga akan membutuhkan tempat untuk packing dan penjualannya. Nah maka itu carlahi tempat usaha yang strategis dan luas dan nyaman agar relasi usaha minyak gorengmu merasa nyaman dan percaya dengan usaha minyak gorengmu.
 
3. Beli Minyak Goreng Dengan Jumlah yang Banyak

Nah setelah menentukan produsen langkah selanjutnya adalah membeli minyak goreng dengan jumlah yang besar, biasanya produsen minyak goreng akan memberikan list syarat untuk menjadi distirbutor minyak gorengnya, dimulai dari syarat jumlah yang harus dibeli hingga syarat dalam pemasaran.
 
4. Tentukan Nama Perusahaan

Agar usaha minyak gorengmu mudah dikenal sebaiknya kamu menentukan nama perusahaan terlebih dahulu, tentukan nama perusahaan yang mudah diingat dan diucapkan. Dalam menentukan nama perusahaan aku sudah membuat tulisan mengenai cara membuat nama perusahaan yang unik
 
5. Buatlah SIUP

SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdagangan, surat ini sangat penting sekali untuk menjalankan usaha minyak goreng yang sukses. Ketika kamu akan mengajukan kerjasama dengan restoran, hotel, atau lainnya surat izin dagang ini menjadi tolak ukur mereka untuk menolak ataukah menerima pengajuan kerjasama yang kamu ajukan.
 
Untuk membuat SIUP ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan, berikut di bawah ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan. 
  • Mengajukan Izin Domisili
Langkah pertama untuk membuat SIUP yakni membuat surat izin domisili tempat usaha minyak gorengmu, surat izin domisili ini bisa kamu dapatkan dari kelurahan setempat dengan mengajukannya ke kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu di kelurahan tempat usaha minyak gorengmu.
  •  Buatlah NPWP
NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak, dalam mebuat SIUP salah satu syaratnya yakni adanya NPWP pemilik usaha dan badan usaha, maka itu sebelum mengajukan SIUP yang harus kamu lakukan adalah mengajukan NPWP terlebih dahulu.
  • Membuat SIUP
Setelah semua syarat untuk membuat SIUP terpenuhi maka selanjutnya adalah membuat Surat Izin Usaha Perdagangan melalui Kantor Wilayah Departemen Perindustrian dan Perdagangan tempat usaha minyak goreng yang akan kamu jalankan.
 
6. Buatlah Rencana Promosi

Setelah Cara Menjadi Distributor Minyak Goreng dan Agen Minyak Goreng yang Sukses di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya adalah membuat rencana promosi, dengan kemajuan teknologi kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan minyak goreng yang kamu jual.
 
Selain memanfaatkan media sosial sebaiknya kamu juga membuat strategi promosi usaha offline nya, mempromosikan usaha bisa dengan membuat brosur atau banner yang keren dan menarik, untuk cara promosi produk aku sudah menulis tentang cara promosi produk yang mungkin bisa menjadi inspirasi buat kamu yang akan menjalankan usaha minyak goreng.
 
7. Membuka Peluang Usaha Agen Minyak Goreng

Buat kamu yang menjadi distributor minyak goreng untuk mempermudah penjualan dan promosi usaha minyak goreng yang kamu jalankan ada baiknya kamu mencari orang atau perusahaan yang mau menjadi agen minyak goreng yang kamu jual. Pilihlah agen yang tepat, mungkin kamu bisa menentukan syarat menjadi agen minyak goreng yang kamu jual.
 
8. Mencari Reseller

Baik agen minyak goreng maupun distributor minyak goreng reseller pasti akan sangat dibutuhkan dalam penjualan dan promosi usaha minyak goreng yang kamu jual. Buatlah list atau daftar syarat menjadi reseller usaha minyak goreng yang kamu jalankan.
 
9. Buatlah Susunan Pencatatan

Dalam menjalan usaha jangan sampai tidak terkendali dalam pengeluaran dan pemasukan yang kamu lakukan, maka itu perlu di adakannya susunan pencatatan agar pengeluaran dan pemasukan dapat terkendali. Untuk pencatatatan pengeluaran, pemasukan dan lainnya kamu bisa kunjungi alamat ini.
10. Buatlah pembukuan yang benar

Setelah usaha berjalan satu bulan pasti kamu akan membutuhkan laporan apakaah usaha minyak gorengmu benar-benar dalam keadaan untung ataukah dalam keadaan rugi. Nah maka itu perlu dibuatkanya pembukuan yang tepat di artikel tadi juga terdpat cara pembukuan yang benar yang bisa menjadi contoh dalam membuat pencatatan dan pembukuan usaha minyak goreng.

Baca juga:

 



Nah itu tadi 10 cara menjadi distributor dan agen minyak goreng yang sukses, semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu yang sedang mencari inspirasi dan cara menjalan usaha yang benar dan menguntungkan.
 
 

Related Posts