taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ketahuilah Biaya Franchise Olive Chicken Berikut Ini

Ketahuilah Biaya Franchise Olive Chicken Berikut Ini


Apa yang pertama kali terlintas di kepala ketika mendengar nama Olive Fried Chicken? Ya, sebagian besar pembaca mungkin akan mengingat kelezatan ayam goreng tepung yang juicy dan sedap. Dengan harga sangat ekonomi (mulai 7000 rupiah saja), sajian ayam goreng seenak KFC dan MCD sudah dapat Anda nikmati.
olive chicken

Namun, sadarkah Anda, apa ciri khas gerai olive chicken yang paling terkenal?

Ya, Lokasi gerainya yang terletak di Jogjakarta semata. Kini, Olive chicken sudah mempunyai 115 cabang gerai yang keseluruhan terletak di kota Jogja. Tak mengherankan jika ia sering disebut sebagai oleh-oleh khas Jogja selain Bakpia dan Gudeg. Lalu, apakah Olive Chicken juga membuka peluang waralaba franchise?

Olive Chicken Non-Franchise 


Dalam sebuah wawancara dengan pimpinan redaksi Mojok.Co, pemilik Olive Chicken yakni Pak Kunardi Sastrawijaya dan ibu Aurora Sri Rahayu menyatakan bahwa bisnis ayam goreng mereka tidak sedang membuka kemitraan apapun, baik investasi atau waralaba franchise. Selain itu, mereka juga tidak berencana membangun gerai ke wilayah lain, selain Yogjakarta.

Sebagai founder sekaligus owner, kebijakan bisnis yang ia ambil nampak tak akan bisa diganggu gugat. Sebabnya ia memiliki alasan tersendiri yang mantap terkait hal tersebut. Kala itu, pak Kun (demikianlah ia lebih akrab disapa), sempat melakukan kerjasama dengan seorang investor. Namun prinsip keduanya tak cocok yang akhirnya membuat Kunardi memilih mundur dan mengembangkan restorannya secara mandiri.

Hingga saat ini, prinsip tanpa waralaba masih diterapkan. Sang pemilik mengaku bahwa tujuannya berbisnis bukanlah demi keuntungan semata, melainkan untuk bersenang-senang dan membantu orang lain mendapatkan penghidupan. Prinsip dasar ini tentu akan sulit ia terapkan ketika bisnis tersebut sudah tidak murni di bawah pengelolaannya lagi, karena para investor tentu akan memprioritaskan keuntungan semata.

Dengan mantap, ia juga menyatakan bahwa Olive Chicken adalah hadiah balas budinya untuk Jogjakarta. Ia merasa, selama masa muda, Jogja telah banyak membantunya bertahan hidup dengan harga-harga makanannya yang sangat murah dan terjangkau bagi mahasiswa paling kere sekalipun.

Oleh karenanya, tak heran jika Olive chicken menyediakan menu ayam goreng spesial yang harganya nampak sulit dipercaya. Dengan nominal 7000 rupiah saja, pembeli sudah bisa menikmati paket nasi, ayam goreng, dan teh manis. Pak Kun mengaku ia sengaja tidak mengambil keuntungan dari menu tersebut, keuntungan ia dapat dari menu-menu yang lain.

Jadi, sampai disini, olive chicken tidak akan membuka waralaba. Namun begitu, tidak berarti tidak ada peluang sama sekali bagi Anda yang ingin menjalin hubungan Kerjasama bisnis bersama Kunardi Sastrawijaya. Pasalnya, Kunardi berencana membuka restoran baru dengan konsep yang sama, bernama Karen Chicken. 

Karen Chicken: dari Yogyakarta untuk Indonesia


Setelah Olive Chicken sudah berhasil menjadi restoran ayam goreng yang sangat diperhitungkan di Yogyakarta, Kunardi dan Aurora juga berencana membuka gerai dengan brand baru bernama Karen Chicken. Nama ini diambil dari nama anak perempuannya, yakni Karen. Gadis ini pula lah yang menjadi model iklan Olive Chicken selama ini.

Berbeda dengan Olive Chicken yang akan mendirikan cabang di wilayah Jogjakarta, Karen Chicken diproyeksikan membuka cabang di luar Jogja. Jargon yang diangkat yakni “Dari Jogja untuk Indonesia”. Aurora menyampaikan, inspirasi mendirikan Karen Chicken berasal dari kesadaran bahwa gerai Olive Chicken kurang ramah untuk keluarga.

Sebagai tempat makan mahasiswa, mungkin Olive Chicken memang cukup memadai. Namun sebagai tempat makan keluarga, gerai Olive terlalu sempit dan kurang nyaman. Oleh karena itu, muncul motivasi untuk mendirikan Karen yang mempunyai karakteristik gerai lebih besar dan lebih lekat dengan konsep keluarga.

Perbedaan lainnya, Karen Chicken mempunyai lebih banyak menu makanan dan minuman. Selain itu, Aurora juga berniat melengkapi restoran tersebut dengan arena bermain agar orang tua dapat makan dengan lebih nyaman ketika anak mereka bermain di wahana yang aman.

Hingga kini, belum ada konfirmasi yang menyatakan apakah Karen Chicken akan membuka sistem waralaba atau mengikuti jejak saudaranya, Olive Chicken. Namun mempertimbangkan jangkauan Karen yang lebih luas, tidak menutup kemungkinan Karen Chicken akan membuka sistem franchise atau membuka kran investasi.

Dapatkan tambahan pengetahuan dan referensi dengan membaca sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Demikian uraian yang sekiranya dapat menjawab berapa biaya franchise Olive Chicken. Meskipun jawabannya mungkin kurang memuaskan karena tidak sesuai dengan ekspektasi, masih ada beberapa jalan lain sebagai alternatif. Misalkan saja, mengambil opsi restoran franchise lain yang sangat welcome dengan investor dan mitra franchise.

Related Posts