taupasar.com

we read, we create and we share it.

Mengenal Kop Janji Jiwa dan Biaya Franchise Kopi Janji Jiwa

Mengenal Kop Janji Jiwa dan Biaya Franchise Kopi Janji Jiwa

Hari ini, siapa yang tidak kenal dengan brand kopi Janji Jiwa?

franchise kopi janji jiwa

Antusiasme yang tinggi oleh masyarakat kepada Janji Jiwa, menjadikan banyak orang tertarik untuk mengetahui berapa biaya franchise kopi Janji Jiwa. Bahkan sejak didirikan pada tahun 2017, franchise kopi satu ini sudah dinobatkan sebagai franchise kopi terlaris karena berhasil membuka 500 cabang di berbagai kota dalam jangka 1 tahun.

5 Alasan Mendasar Memilih Membuka Franchise Kopi Janji Jiwa

Sebelum membangun sebuah usaha, tentu kita perlu membutuhkan alasan yang kuat lebih dahulu mengapa memilih usaha tersebut. Begitu pula dengan Anda yang tertarik membuka franchise kopi Janji Jiwa. Langsung saja, berikut beberapa alasannya:

1. Brand kopi terkenal di Indonesia

Sebagaimana sudah disinggung diatas, kopi Janji Jiwa merupakan brand kopi terbesar di Indonesia. Menjamurnya franchise tersebut di berbagai kota di Indonesia menunjukkan tingginya minat konsumsi masyarakat terhadap produk Janji Jiwa. Jadi, jika di daerah Anda masih belum ditemukan, tentu ini adalah kesempatan emas untuk membukanya.

2. Memiliki citarasa kopi lokal yang khas

Tidak hanya menjual popularitas branding mereka, kopi Janji Jiwa sesungguhnya memiliki rasa kopi lokal yang unik dan khas. Aspek inilah yang menjelaskan mengapa peminat kopi Janji Jiwa bukan hanya berasal dari kalangan anak muda (yang tidak jarang untuk kebutuhan media sosial saja), melainkan juga para orang dewasa.  

3. Memiliki banyak peminat

Terbukti, kopi Janji Jiwa memiliki banyak peminat, dari kalangan anak muda, orang dewasa dan merata di banyak wilayah yang sudah tersentuh oleh franchise Janji Jiwa. Billy Kurniawan, founder kopi Janji Jiwa menyatakan, penjualan kopinya sudah mencapai lebih dari 5 juta cup dalam satu bulan.

4. Terus melakukan inovasi

Meskipun sudah berhasil menjadi franchise kopi terbesar di Indonesia, Jiwa group (yang menaungi Janji Jiwa) terus melakukan inovasi untuk melebarkan pasar bisnis mereka. Terbaru, Janji Jiwa mengeluarkan produk terbaru yakni roti Jiwa toast.

5. Administrasi kerjasama mudah

Bergabung menjadi bagian dari franchise kopi Janji Jiwa memang menarik dan simple. Pertama, Anda harus membuat proposal pengajuan terlebih dahulu. Jika sudah di-acc, barulah Anda bisa menetapkan kontrak kerja sama. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, membuka franchise Janji Jiwa menjadi sangat sederhana.

Biaya Franchise Kopi Janji Jiwa dan Cara Daftarnya

Uraian ini didasarkan kepada pengalaman franchise janji jiwa, mulai dari biaya membuka franchise serta beberapa persyaratan yang harus terpenuhi. Aspek ini dapat menjadi pertimbangan awal bagi Anda yang berminat bergabung dalam bisnis franchise waralaba Janji Jiwa.

Untuk membuka gerai kopi Janji Jiwa, pihak manajemen akan menyediakan beberapa paket pilihan harga, mulai dari 70-85 juta rupiah. Biaya ini meliputi biaya lisensi frenchise kopi Jiwa sendiri seharga 85 juta rupiah. Selain itu, Anda akan mendapatkan peralatan-peralatan menyeduh kopi, seragam mesin kasir, freezer, dan panduan SOP.   

Selain lisensi, beberapa aspek yang perlu dipersiapkan ialah sewa lahan dan pembangunan outlet. Berbeda dengan sistem beberapa franchise lain, Janji Jiwa membebaskan mitranya untuk mengkonsep outlet mereka sesuai tema yang sudah ditetapkan oleh pihak managemen. Dalam arti, memungkinkan Anda bekerjasama dengan desainer interior sendiri.

Adapun standart dasar gerai franchise ialah: memiliki luas ruangan minimal 3x2,5 meter, daya listrik sebesar 18A, terdapat jalur air bersih dan jalur air kotor. Cukup mudah, bukan? Terkait penyewaan lahan, sebelumnya pihak managemen akan meninjau terlebih dahulu lahan yang Anda ajukan sebagai tempat usaha ini, Tujuannya untuk memastikan tempat tersebut memiliki potensi yang cukup untuk penjualan.

Apabila semua biaya tersebut dijumlah, kira-kira biaya yang diperlukan untuk memulai franchise kopi Janji Jiwa sebesar 150-200 juta. Untuk memulai kerjasama, Anda harus mengajukan proposal pengajuan usaha terlebih dahulu kepada pihak managemen.  Baru setelah itu, kontrak dapat ditandangani.

Pertanyaan yang tidak kalah penting, membutuhkan waktu berapa lama untuk kembali modal?

Jawabannya tentu saja menyesuaikan. Beberapa faktor seperti antusiasme pasar dan lokasi yang ramai juga menjadi aspek penentu jangka waktu modal akan kembali. Namun secara umum, balik modal membutuhkan waktu 10-12 bulan. Jika ramai, tentu saja bisa lebih cepat.

Setiap gerai Janji Jiwa sendiri, rata-rata mampu menjual 7.000 cup dalam satu bulan. Jumlah ini dapat Anda kalikan sendiri dengan rata-rata harga kopi yakni sekitar 20.000/cup. Dengan perhitungan seperti ini, harga franchise janji jiwa toast sebenarnya tidak mahal, bukan?

Tips Sukses Franchise Kopi Janji Jiwa

Untuk melengkapi uraian tentang biaya franchise kopi janji jiwa, kita akan sedikit membahas kiat-kiat menjadi mitra franchise yang sukses. Banyak orang memandang bisnis franchise sebelah mata karena berbagai alasan, padahal jika dikelola dengan benar, keuntungan yang bisa didapatkan pun tidak main-main. Berikut poin-poinnya:

1. Lokasi strategis

Lokasi masih menjadi kunci. Semakin mudah tempat dijangkau, makin banyak pula peluang orang akan berkunjung. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan matang wilayah mana yang ingin kamu jadikan sebagai lokasi outlet. Namun jika Anda kebetulan sudah memiliki lahan pribadi yang jauh lebih hemat, itupun tidak masalah.

Lokasi kurang strategis juga dapat ditunjang dengan berbagai cara, misalnya dengan memasang tanda reklame di pinggir jalan untuk menunjukkan lokasi Anda. Toh, jika Anda sudah memiliki pelanggan setia, mereka tidak akan mempermasalahkan lagi lokasi Anda.

2. Disiplin

Pastikan karyawan disiplin dalam bekerja, jam buka dan tutup. Usahakan jangan sampai gerai tutup pada hari buka, karena bisa saja pembeli akan menganggap franchise Anda tidak bisa diandalkan setiap saat. Meski terdengar remeh, hal ini sangat penting.

3. Pelayanan cepat

Salah satu ciri khas dari Kopi Janji Jiwa adalah sistemnya yang ‘grab and go’. Salah satu konsekuensi dari sistem ini ialah, sebisa mungkin penjual harus melayani dengan cepat karena pembeli harus segera pulang atau menuju tempat tujuan mereka. Jadi, semakin cepat pelayanan Anda, pembeli akan semakin puas.

4. Pengelolaan uang yang benar

Aspek ini menjadi kunci dari kesuksesan semua pengusaha. Gunakan target yang jelas terkait kapan Anda menikmati keuntungan penjualan. Misalkan saja, setelah balik modal atau setelah pengembangan outlet terpenuhi. Inilah unsur terpenting yang harus Anda pikirkan setelah mendapatkan lisensi Franchine Janji Jiwa.

Jika memang kamu ingin membuka franchise kopi, maka sejumlah informasi menarik di bawah ini bisa dijadikan acuan tentunya.

baca juga:

1. biaya franchise kopi kenangan

2. kata-kata promosi coffeshop

3. kata-kata promosi kopi

4. contoh caption promosi kopi

Demikian sedikit penjelasan tentang biaya franchise kopi Janji Jiwa. Semoga dapat memberikan informasi memadai bagi Anda yang berminat berwirausaha di bidang franchise. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Penulis: Hanifah Saifuddin

Related Posts