taupasar.com

we read, we create and we share it.

12 + Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar

12 + Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar


Sedang mencari peluang menambah uang saku atau bahkan mengembangkan ide bisnis namun tidak punya modal? Banyak mahasiswa  bisa mencoba menjawab tantangan ini dengan eksplorasi ide bisnis sampingan berikut ini. Bisnis ini bisa dilakukan secara offline atau luring maupun secara online atau daring, tergantung pada peluang dan cara yang mau ditempuh untuk menjalankan bisnis ini.
bisnis sampingan

Pilihan Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Offline dan Online


1. Les privat atau jasa tutor

Mahasiswa bisa membuat kelompok belajar berbayar dengan teman temannya atau menjadi guru privat bagi pelajar sekolah menengah.

Bila mahasiswa mau memasarkan jasa tutor secara online, ia bisa memilih bergabung dengan komunitas melalui aplikasi  guru online atau membuat sendiri blog untuk memasarkan jasa tutornya.

2. Jualan barang bekas

Barang-barang bekas di seputaran tempat kos atau lingkungan rumah bisa menjadi alternatif penghasilan. Jangan lekas membuang barang yang tidak terpakai lagi. Bisa jadi barang-barang itu bisa dijual kembali. Perabot rumah tangga, alat elektronik, koran bekas, kertas atau buku bekas, bisa dijual kembali. Barang-barang bekas ini bisa ditawarkan baik lewat mulut ke mulut atau lewat media sosial.

3. Make up artist

Bila hobi merias, ketrampilan ini bisa diberdayakan. Mahasiswa bisa menjual jasanya dari mulut ke mulut (word of mouth) . Ia juga bisa mengiklankan jasanya lewat media sosial.

4. Penulis lepas

Menulis makalah, artikel, cerpen, novel sebagai hobi bisa menjadi bisnis. Menjadi penulis lepas bisa menjadi sumber penghasilan dengan waktu yang fleksibel. Naskah tersebut juga dapat diperjualbelikan dalam bentuk Ebook.

Kegiatan menjual tulisan ini juga menciptakan kesempatan menjadi content creator yang sekarang makin marak karena kebutuhan website, blog, video yang membutuhkan penulisan materi yang menarik dan bermanfaat. Ketrampilan ini bisa diasah dan menjadi sumber penghasilan.

Mahasiswa juga bisa mempertajam skill menulis copywriting yaitu teknik menjual melalui tulisan. Meyakinkan calon pembeli melalui tulisan memerlukan suatu ketrampilan. Membuka jasa copywriting bisa menjadi bisnis online yang layak dicoba.

5. Desain grafis

Kebutuhan akan pembuatan desain kemasan, logo, banner masih sangat tinggi dengan maraknya aneka usaha kecil yang bermunculan baik dalam produk cetak atau produk digital.

6. Fotografi 

Hobi memotret bisa dijadikan penghasilan dengan misalnya memotret acara wisuda, acara ulang tahun, pernikahan. Era digital juga memunculkan kreativitas berfoto tanpa memerlukan ruang studio yang khusus.

7. Editor video

Kemampuan memilah dan memadukan potongan video menjadi lebih indah atau lebih “berbicara” sangat diperlukan baik dalam keperluan dokumentasi maupun pengerjaan konten video yang dimuat di media sosial.

8. Dropshipper atau reseller

Mahasiswa bisa menjadi perantara di antara penjual pertama dengan pembeli. Selisih harga antara dari penjual pertama dengan harga yang dikenakan ke lembeli itulah yang diterima dropshispper atau reseller. Untuk melakukannya, kita perlu mendaftarkan diri sebagai reseller atau dropshipper  kepada penjual yang bersangkutan.

Contoh produk yang bisa dijadikan lahan bisnis mahasiswa : berjualan kaos. Baik kaos polos maupun dengan desain. Kegiatan mahasiswa yang beraneka ragam menciptakan peluang  pasar. 

9. Penerjemah

Kalau mahasiswa menguasai bahasa asing tertentu, ia dapat menawarkan jasanya menerjemahkan artikel atau buku. Mahasiswa cukup menyediakan laptop, gadget atau komputer. Bisnis ini amat cocok dijalankan oleh mahasiswa jurusan bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Korea, dan sebagainya.

10. Afiliasi pemasaran

Berjuakan cara ini mirip dengan cara reseller atau dropship, bedanya adalah tidak diperlukan inventaris atau pengiriman produk ke pelanggan. Dengan pemasaran afiliasi, kita mendapat komisi melalui tautan unik produk yang kita taruh di website, blog atau akun media sosial kita. 

11. Blogging

Menawarkan tulisan yang original dan bermanfaat sekaligus menghasilkan uang bisa dilakukan dengan membuat blog. Ada banyak cara menjual blog yang dibuat misalnya dengan ikut sistem pay per click (PPC), pasang iklan atau menjual produk dari blog.  Setiap kali seseorang mengklik iklan yang berhubungan dengan niche atau topik blog, ini akan menghasilkan sejumlah kecil uang yang akan terakumulasi. 

12. Jasa membuat dan menjual website

Mahasiswa jurusan IT bisa menjadikan im potensi penghasilan yang bagus. Banyak orang berkeinginan memiliki website namun awam dalam pembuatannya. 

Untuk bisnis ini diperlukan keahlian coding. Dengan keahlian yang spesifik, mahasiswa bisa menawarkan jasa pembuatan website, menjadi reseller hosting, menjual template website, menjadi konsultan optimasi website atau SEO (Seaech Engine Optimization) yang sedang amat marak dicari dan diperkukan di era perdagangan digital ini.

13. Membuat aplikasi

Mahasiswa jurusan IT paling berpotensi menghasilkan uang dari keahkiannya membuat program. Maraknya penggunaan gadget, lalu lintas di dunia maya melahirkan banyak keperluan dan ide untuk menjembatani aktivitas digital.
 
14. Membuat podcast atau video di you tube

Mengemas satu ide, topik, cerita dalam bentuk podcast atau video bisa menjadi sumber bisnis asal dikerjakan dengan konsep yang baik. Mahasiswa dapat menggunakan waktu luangnya untuk secara teratur membuat upload  seri podcast atau channel you tube. 

Platforn ini dapat digunakan sebagai sarana mereview produk dan jasa. Jika tayangan memiliki banyak audiens dan follower, posisi podcaster  atau yutuber bisa menjadi influencer. Ini akan menghasilkan pendapatan.

The more the merrier

Apa yang bisa dipilih sangat beragam sesuai peluang yang tersedia di lingkungan kampus, tempat tinggal atau kos, sampai tak terbatas di jelajah dunia maya. Bagaimana   melakukannya sampai sukses? Kesempatan mahasiswa belajar sesuatu yang baru  tidak terbatas, selama mau lebih terbuka dengan gagasan dan kesempatan baru. 

Internet membuat orang menjalin koneksi dan jejaring. Belajar dan berbisnis menjadi lebih mudah dan terjangkau. Semakin belajar dan praktek, semakin mahir.

Kamu juga bisa menambah wawasan, dan juga informasi lainnya seputar bsinis, pada artilel di bawah ini.

baca juga:





itulah informasi yang bisa diberikan, tentunya perihal sejumlah pilihan bisnis sampingan untuk mahasiswa. semoga bisa menjadi solusi bagi kamu semua. 

Penulis: Lina
     

Related Posts