taupasar.com

we read, we create and we share it.

12 Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer, Menarik Untuk Dicoba

12 Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer, Menarik Untuk Dicoba

Para pengabdi pendidikan yang belum berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil pada umumnya menjadi tenaga sukarela demi diangkat menjadi calon Pegawai Negeri Sipil (PNS)  melalui jalur honorer. 

bisnis untuk guru honorer

Umumnya mereka digaji per jam pelajaran atau bahkan digaji secara sukarela yang sering kali di bawah upah minimum yang telah ditetapkan secara resmi. Hal ini mempengaruhi kesejahteraan para guru honorer.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan kesejahteraan para guru yang telah berstatus Aparat Sipil Negara mulai dari besaran gaji, fasilitas yang diterima seperti BPJS, tunjangan pensiun kelak setelah menyelesaikan masa baktinya. 

Sertifikasi setiap beberapa bulan juga mendapatkan tunjangan yang cukup besar. Padahal tugas guru honorer sama bobot dan tanggung jawabnya seperti para guru yang sudah berstatus PNS.

Namun, bila jiwa pengabdian sudah melekat di hati, masih ada jalan untuk menjadi sejahtera : pertimbangkan menjalankan bisnis sampingan.

Pilihan Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer:

1. Les privat atau bimbel

Anak-anak di sekitar lingkungan rumah dapat dikumpulkan dan dibuatkan kelas. Guru bisa membuka kelas umum seperti  membantu murid murid memahami semua mata pelajaran dan memantau murid SD membuat PR. Guru juga bisa membuat kelas khusus misalnya kelas khusus belajar membaca bagi anak pra sekolah, kelas matematika, kelas musik.

2. Jasa fotokopi, pengetikan, printing dan alat tulis

Karakterisitik pembelajaran digital membuat siswa sekolah semakin membutuhkan internet. Banyak tugas perlu dicari di internet, diketik dan dicetak. Kebutuhan alat tulis juga akan selalu dicari oleh siswa. Ini bisa menjadi peluang usaha yang stabil.

3. Usaha kuliner lewat koperasi atau kantin sekolah

Koperasi dan kantin sekolah bisa menjadi  pilihan tempat menjalankan usaha sampingan. Pilihan usaha kuliner bisa berula aneka minuman ringan, snack atau makanan berat.

4. Reseller atau dropshipping

Pilihan yang menarik karena tidak membutuhkan toko atau modal besar. Membuka usaha cukup dengan mendaftarkan diri sebagai reseller atau dropshipper, artinya bertindak sebagai pengantara antara penjual pertama dengan pembeli. 

Perantara bisa menyampaikan order dari calon pembeli, mengecek ketersediaan barang dan menanggapi semua pertanyaan calon pembeli. Bila transaksi jadi dilakukan, penjual pertama yang akan mengurus proses selanjutnya. Pihak pengantara mendapat fee yang sesuai perjanjian dengan penjual.

5. Jualan online

Banyak ide berjualan yang bisa digali. Berjualan makanan seperti burger, jajanan pasar, gorengan, kopi, roti bakar bisa dijajakan secara daring. Media yang digunakan bisa memakai akun media sosial tertentu atau aplikasi ojek seperti Grab Food atau Go Food. 

Produk lainnya bisa berupa alat alat kecantikan, produk perawatan ibu dan bayi, alat alat pertanian dan sebagainya. Produk yang bisa dijual secara online pada dasarnya juga tidak terbatas. Beraneka produk bisa ditawarkan dengan melihat peluang yang ada.

6. Penulis lepas 

Waktu luang dan hobi masih bisa disalurkan dengan menulis paruh waktu  sehingga tidak mengganggu pekerjaan mengajar. 

7. Jasa penerjemah

Bila pribadi guru menguasai bahasa asing tertentu misalnya bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Arab,  keahlian ini bisa dimanfaatkan baik untuk keperluan pendidikan maupun perusahaan.

8. Jasa titip

Maraknya kebutuhan akan barang tertentu atau sekadar keinginan pelanggan akan makanan, jajanan, barang tertentu bisa menjadi peluang usaha. Penerima jasa titip pada dasarnya menerima pesanan apa saja dengan kutipan ongkos tertentu. Lalu penerima jasa berbelanja aneka pesanan tersebut dan mengirimkan ke rumah pelanggan. 

9. Pre order barang custom

Usaha ini menawarkan sebuah produk yang baru akan dikerjakan sesuai permintaan pelanggan. Dengan demikian usaha ini tidak memerlukan modal besar bahkan bisa tanpa modal sama sekali. 

10. Kreasi pribadi

Di waktu luang, guru dapat kembali mengerjakan hal-hal yang disukainya,  membuat aksesori gelang atau kalung. Kemudian produknya dipasarkan baik melalui acara pameran atau media sosial. 

11. Usaha ternak atau berkebun di rumah sendiri

Area rumah dapat dipakai untuk berternak atau berkebun sesuai ketersediaan lahan. Peluang usaha yang cocok di lahan terbatas misalnya ternak burung kicau, ternak ayam hias, ternak ikan hias, ternak jangkrik dan sebagainya. 

Lahan terbatas juga dapat difungsikan sebagai lahan pertanian hidroponik, membudidayakan tanaman dalam pot sehingga bisa menjadi tanaman hias yang mudah dibawa dan dijadikan salah satu aksesoris interior rumah.

12. Karya virtual – Blog, Podcast, Youtube

Semua karya tulis, gagasan atau pesan bisa dituangkan melalui media yang sesuai kebutuhan. Menulis blog, merilis podcast atau membuat channel video di Youtube membutuhkan ketrampilan agar konten yang disajikan bisa diakses banyak pelanggan. Banyaknya pembaca atau audiens yang mengakses informasi yang disajikan berdampak pada nilai pendapatan. 

Inspirasi, Kreativitas, Wawasan

Berangkat dari passion melakukan sesuatu yang disenangi, inspirasi bisnis akan jadi sesuatu yang menyenangkan dan memberi semangat. Semangat ini membuat kita mau belajar mencari tahu lebih banyak sehingga melahirkan kreativitas. 

Kecintaan pada produk membuat kendala yang ada justru melahirkan keunikan produk baik dalam kemasan, konsep, cara pemasaran dan sebagainya. Karena itu kita perlu mencari tahu lebih banyak tentang pasar, pangsa pasar, target pasar. 

Siapa pelanggan yang akan datang, bagaimana cara melayani pelanggan. Semua ini membutuhkan riset dan survey pasar dan pelanggan. Semakin dalam wawasan kita maka semakin besar kemungkinan keuntungan finansial yang bisa diraih.

Jadi, menjadi guru honorer tidak melulu berbanding lurus dengan minimnya kesejahteraan. Jalan pengabdian bisa tetap dilakoni, berbagian dalam proses mendidik anak bangsa sekaligus menjalani kehidupan pribadi yang sejahtera, produktif dan bahagia.

baca juga:

1. cara memulai bisnis baju

2. cara identifikasi peluang usaha

3. langkah awal memulai bisnis online

4. rekomendasi bisnis minuman

itulah informasi perihal sejumlah pilihan bisnis sampingan untuk guru honorer, bsia kamu coba agar bisa dapatkan tambahan keuntungan. 

Penulis: Lina

Related Posts