taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Cara MemuIai Ide Usaha Nasi Box Tren dan Menguntungkan

7 Cara MemuIai Ide Usaha Nasi Box Tren dan Menguntungkan

Salah satu usaha yang menguntungkan sejak pandemi adalah usaha nasi box.  Usaha ini awalnya meniru makanan khas jepang yakni donburi rice. Nasi box atau rice box saat ini menjadi makanan yang memiliki banyak peminatnya di masyarakat Indonesia. Usaha nasi box ini menjadi tren yang mulai diminati sejak tahun 2020 dan semakin pesat tahun 2021. 
Ide Usaha Nasi
Secara garis besar rice box merupakan olahan nasi dan lauk dalam kemasan. Kemasannya yang praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana membuatnya banyak digemari kalangan muda dan menjadi penyalamat disaat kelaparan. Anda bisa memulai ide usaha nasi box dengan cara-cara di bawah ini. 

Cara Memulai Usaha Nasi Box 

Dalam membuka usaha apapun Anda akan membutuhkan cara-cara khusus agar berkembang dan sukses. Begitupun dalam memulai usaha nasi dalam kemasan box yang menguntungkan. Bagi Anda pemula dalam bisnis makanan, berikut di bawah ini 7 cara memulai ide usaha nasi box tren yang menguntungkan. 

1. Merancang Konsep

Memulai usaha apapun yang penting untuk dilakukan adalah merancang konsep. Pilihlah salah satu konsep yang ingin Anda tonjolkan. Misalnya memilih menu ala khas Indonesia, ala lokal, ala Asia food, atau ala western.  

Konsep makanan yang ingin Anda buat pastikan disesuaikan dengan target pasar yang ingin Anda tuju. Selain itu buatlah pengaturan laporan keuangan, promosi, penjualan dan kemasan untuk bisnis nasi box Anda. 

2. Persiapkan Modal Usaha

Setelah Anda merancang konsep, selanjutnya adalah mempersiapkan modal usaha. Bisnis nasi box yang bisa dijalankan di rumah saja pun Anda membutuhkan persiapan modal usaha yang matang. Buatlah daftar barang-barang, bahan-bahan produksi dan lainnya untuk memulai bisnis yang satu ini. 

Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu mengenai harga barang-barang yang dibutuhkan. Seperti peralatan masak, kemasan produk, gas, dan lainnya untuk memperhitungkan modal yang akan dibutuhkan. Jika Anda ingin dibantu bisa juga dengan menambah gaji karyawan ke dalam perhitungan modal. 

3. Mempersiapkan Peralatan 

Setelah menentukan modal usaha dan melakukan survey harga barang-barang cara memulai ide usaha nasi box selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan yang Anda butuhkan untuk memulainya. Seperti peralatan masak, kemasan box, sendok, garfu dan lainnya. 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis makanan adalah kebersihan dapur, listirik dan perizinan usaha. Pastikan peralatan untuk membuka usaha nasi box sudah Anda siapkan sebelum memulai promosi usaha. 

4. Mencari Pemasok Bahan Baku

Setelah Anda menentukan modal dan menyiapkan peralatan untuk membuka usaha nasi box, selanjutnya Anda perlu mencari pemasok bahan baku. Pilihlah pemasok yang menjual berbagai keperluan bahan dapur yang berkualitas, segar namun menawarkan harga yang terjangkau. 

Memualai usaha rice box membutuhkan bahan baku seperti beras, sayur, protein nabati, protein hewani, kerupuk dan lainnya. Gunakanlah bahan baku yang berkualitas baik, masih dalam kondisi segar ketika akan diproduksi, maka penting sekali untuk bijak dalam menentukan pemasok untuk usaha nasi box Anda. 

5. Menentukan Kemasan Produk yang Tepat

Cara memulai ide usaha nasi box selanjutnya adalah menentukan kemasan produk. Menentukan kemasan produk penting untuk memperhatikan ketebalan box, bisa tertutup dengan baik, desain yangunik dan menarik. 

6. Melakukan Promosi

Melakukan promosi nasi box adalah hal yang penting untuk usaha Anda. Hal ini untuk menmbah jumlah pelanggan dan keuntungan usaha Anda. Saat ini melakukan promosi bisa dengan hanya memanfaatkan media sosial saja. Dengan memposting jualan Anda di Whatsapp, Instagram dan lainnya Anda sudah bisa melakukan promosi. 

Melakukan promosi secara offline pun sangat perlu untuk Anda lakukan. Membuat brosur, banner, spanduk dan lainnya adalah beberapa cara promosi secara offline. Anda juga bisa melakukan promosi dengan menawarkan kepada tetangga, membuat produk yang bisa dicicipi mereka dan lainnya. 

7. Membuat Menu yang Variatif

Rice box dikenal dan semakin populer karena menu makanannya yang variatif dan juga simpel. Hal inilah yang merupakan kelebihan dari rice box. Maka penting bagi Anda untuk membuat menu makanan yang variatif, Anda bisa mencari resepnya melalui internet. Misalnya resep makanan lokal, Indonesia, asia atau bisa memadukannya. 

Dapatkan informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Itulah 7 cara memulai ide usaha nasi box tren dan menguntungkan. Dengan membuka usaha rice box yang sedang tren semoga usaha Anda semakin sukses dan mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah per bulan. 
Related Posts