taupasar.com

we read, we create and we share it.

Peluang Usaha Nasi Bakar dan Strategi Pemasarannya yang Menarik

Peluang Usaha Nasi Bakar dan Strategi Pemasarannya yang Menarik

Memiliki usaha dibidang kuliner bisa memberikan cuan yang cukup menguntungkan. Pasalnya kuliner menjadi salah satu bidang usaha yang bisa dibilang tidak akan pernah ada matinya. Setiap orang pasti membutuhkan asupan makanan bukan? Itu menjadi salah satu alasannya. Belakangan ini bahkan tengah gempar dengan kuliner nasi bakar yang menjadi popular.
Peluang Usaha Nasi Bakar
Nasi bakar pada dasarnya adalah sebuah kuliner berbahandasarkan nasi yang telah melalui proses pembubuan dan diolah dengan cara dibakar. 

Dalam proses pembakaran tersebut, pada biasanya nasi akan dibungkus menggunakan daun pisang, sehingga mengeluarkan aroma dan cita ras khas. Karena tengah banyak dicari dan digemari banyak orang, Anda bisa meliriknya menjadi sebuah peluang usaha nasi bakar.

Membuka usaha berdasarkan trend yang tengah booming tentu bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi yang menjalankannya. Mengapa bisa demikian? Karena Anda tidak perlu bersusah payah mengenalkan produk tersebut ke khalayak banyak. Maka bagi yang tertarik untuk membuka usaha nasi bakar, informasi perihal peluang usahanya bisa Anda simak baik-baik berikut ini.

Peluang Usaha Nasi Bakar

Sebagai salah satu panganan yang sebenarnya sudah lama hadir di dunia kuliner tanah air, nasi bakar bisa memberikan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terlebih Indonesia menjadi negara yang menggunakan nasi sebagai makanan utamanya. Bahkan hingga muncul istilah “belum disebut makan apabila bukan nasi makanannya”.

Hal tersebut menjadi gambaran yang cukup jelas jika Anda kemudian memilih membuka usaha yang satu ini, peluang usaha nasi bakar tentu akan sangat menguntungkan. Dengan menggunakan nasi sebagai bahan utamanya, sudah barang tentu akan memikat banyak orang untuk mencicipnya.

Selain cita rasanya yang unik dan lezat, nasi bakar juga bisa sangat mengenyangkan. Itu semua menjadi sejumlah poin yang umumnya akan selalu dipertimbangkan bagi yang tengah mencari makanan untuk disantap. Maka tidak heran, diluaran sana sudah mulai banyak yang menjadikan nasi bakar sebagai usahanya.

Lebih dari itu, biasanya nasi bakar dijajakan dengan harga yang terbilang sangat terjangkau. Harga pasaran makanan ini biasanya berkisar antara 15-20k saja. Dengan harga yang murah, pembeli bisa merasakan sensasi makan nasi yang berbeda dari biasanya. Tak berhenti sampai disitu, perlu Anda ketahui, nasi bakar tentu tidak hanya memuat nasi yang dibakar dan di bumbui saja.

Masih ada kondimen lain yang juga turut berperan dan jadi bagian dari panganan satu ini. Ayam, ikan, jamur dan sejumlah lauk pauk lain biasanya menjadi teman setia nasi bakar tersebut. 

Bahkan tidak sedikit juga yang menyajikannya Bersama dengan sayuran atau lalap. Bahan-bahan tersebut sudah pasti sangat akrab dilidah orang Indonesia, maka kesulitan untuk memperkenalkannya secara luas tidak akan Anda jumpai.

Keuntungan yang menjadi bagian dari peluang usaha nasi bakar ini juga berasal dari biaya yang harus dikeluarkan untuk membuka atau memulai usahanya terbilang tidak terlalu tinggi. Jika diperkirakan Anda hanya perlu mengeluarkan sejumlah budget seperti berikut ini.
  • Biaya Bahan Dasar
  • Nasi Rp 225.000
  • Lauk pauk tambahan Rp 200.000
  • Bawang merah dan putih Rp 70.000
  • Minyak goreng Rp 46.000
  • Biaya tambahan lainnya Rp 50.000
Dengan kisaran biaya di atas, jika di total Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 591.000 untuk kebutuhan bahan dasarnya.
  • Biaya Peralatan
  • Kompor gas Rp 550.000
  • Meja dan kursi 1.250.000
  • Gerobak Rp 2.500.000
  • Peralatan memasak Rp 1000.000
  • Lain-lain Rp 500.000
Tentunya biaya di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga konsep usaha Anda, jika konsepnya lesehan tentu tidak perlu membeli kursi hanya meja khusus lesehan saja. Namun, jika mengikuti kisaran biaya di atas, maka totalnya sekitar Rp 5.800.000.

Tentu saja biaya di atas tadi hanyalah kisarannya saja, bisa saja ketika Anda memulainya biaya tersebut bisa bertambah atau berkurang tergantung skala usaha yang hendak Anda buat. Meski demikian, pada dasarnya modal untuk membuat usaha nasi bakar tidak akan terlalu besar, terlebih bahan-bahan dan juga peralatan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. 

Dengan demikian, Anda bisa membuka peluang usaha nasi bakar ini dengan modal yang masih bisa dikatakan terjangkau. Jika ingin membuatnya lebih murah dan menyesuaikan budget Anda maka bermainlah dalam konsep usaha tersebut. 

Anda bisa membuat konsep se kreatif dan seunik mungkin agar bisa lebih mudah dikenal banyak orang, serta besar harapan bisa menekan banyak biaya yang diperlukan.

Setelah mengetahui peluang usaha nasi bakar yang bisa dikatakan menguntungkan untuk dijalankan, kini Anda juga akan diberikan informasi menarik lainnya yang berkaitan dengan strategi pemasaran nasi bakar yang akan memberikan cuan yang lebih banyak lagi tentunya.

Strategi Pemasaran Nasi Bakar

Anda pasti sangat paham betul, jika dalam sebuah usaha memiliki rancangan strategi pemasaran yang baik bisa memberikan hasil yang baik pula. Pun demikian dalam peluang usaha nasi bakar, konsep yang baik, rancangan usaha yang telah tersusun rapi bisa disokong oleh strategi pemasarannya yang sangat menguntungkan.

Pada dasarnya, tidak akan jauh berbeda dengan strategi pemasaran pada usaha kuliner lainnya. Dalam usaha nasi bakar, strategi dalam hal pemasarannya bisa Anda lakukan dan rancang seperti contoh berikut ini.

1. Target Pasar Harus Jelas

dalam sebuah strategi pemasaran, target pasar menjadi bagian didalamnya yang tidak bisa dipisahkan. Pada dasarnya target pasar nasi bakar biasanya adalah masyarakat luas, meski demikian, Anda bisa lebih merincikannya dan memiliki sasaran atau target pasar yang lebih detail lagi.

Contohnya saja meski target pasarannya adalah masyarakat umum, namun anak muda menjadi target pasar intinya. Dengan begitu proses pemasaran dan pengemasan nasi bakar akan bisa disesuaikan dengan selera anak muda kebanyakan.

2. Buatlah Banner yang Unik

Jika Anda membuka usaha nasi bakar ini dipinggir jalan, coba adopsi gaya usaha pecel lele yang ada di pinggir jalan. Sederhana namun tetap menarik dan ramai dikunjungi banyak orang. Banner yang menarik dan unik juga memainkan peran penting dalam strategi pemasarannya.

Dalam banner tersebut, pastikan Anda memasukkan nama usaha nasi bakar Anda dengan unik. Dengan keunikan tersebut, bukan tidak mungkin banyak orang akan lebih mudah mengingat usaha yang Anda miliki.

3. Manfaatkan Media Sosial

Dijamin yang semuanya serba canggih seperti sekarang ini, memanfaatkan media sosial menjadi salah satu kunci strategi pemasaran nasi bakar yang tidak boleh Anda lewatkan. Terlebih jika sasaran utamanya adalah anak muda yang gemar mencari panganan unik untuk disantap dan dibuat konten. Maka segera buat dan lakukan promosi massif tentang nasi bakar yang Anda jual.

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Maka demikian informasi yang bisa diberikan berkaitan dengan peluang usaha nasi bakar dan strategi pemasarannya yang dijamin menguntungkan. Jika Anda sangat tertarik mencobanya, semoga informasi ini bisa berguna dan menjadi referensi yang bermanfaat tentunya. 
Related Posts