taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Cara Mengembangkan Usaha Usaha Bengkel Las Agar Lebih Sukses Besar

8 Cara Mengembangkan Usaha Usaha Bengkel Las Agar Lebih Sukses Besar

Saat ini bengkel las adalah usaha menyediakan jasa pengelasan berbagai jenis logam. Tidak mudah untuk memutuskan membuka dan menjalankan bisnis bengkel las ini. Hal ini dikarenakan jumlah modal serta keterampilan yang jauh lebih besar dan matang.
Cara Mengembangkan Usaha
Meskipun begitu jangan salah, jenis usaha ini memiliki peluang tinggi apalagi peminatnya terus meningkat. Seperti memasang kontruksi, membuat kanopi, membuat pagar dan lain sebagainya.  Cara mengembangkan usaha bengkel las ini perlu dijalankan secara step by step. Maka dari itu, berikut ini akan membahas 7 cara mengembangkan usaha bengkel las agar bisa sukses besar.

8 Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las

1. Melakukan Pemasaran Online dan Offline

Teknologi memiliki peran penting dalam cara mengembangkan usaha bengkel las. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu mencoba melakukan pemasaran secara offline dan online. Melalui jejaring sosial saja apapun jenis usaha dapat dipasarkan secara gratis. Sama halnya dengan bengkel las, agar lebih dikenal konsumen memanfaatkan sosial media lebih tepat.

Kamu juga bisa menggunakan website khusus terkait jasa dan hasil pengelasan secara daring. Selain itu, maksimalkan juga pemasaran secara offline. Caranya mudah dengan pasang papan nama di depan bengkel agar terlihat jelas bagi pengguna jalan. 

Jangan lupa juga mencantumkan alamat dan nomor kontak kamu yang bisa dihubungi. Mencetak brosur atau kartu nama nantinya dapat merekomendasikan pada masyarakat terkait bengkel las. Disamping itu, kamu bisa pasang iklan di Koran sebagai media promosi secara luring.

Ketika para calon pelanggan kamu telah menemukan jasa kamu melalui online maupun offline. Tentu saja ini bisa jadi potensi dari mereka untuk menjadi pelanggan. Tidak hanya itu saja, kemungkinan mereka juga menjadi media promosi dari mulut ke mulut. Dengan begitu usaha kamu semakin dikenal dan mendapatkan pengunjung yang ramai.

2. Jual Beli Bahan Berkualitas

Cobalah untuk menyediakan fasilitas pendukung berupa material logam yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak repot berbelanja di tempat lain yang terpisah.Menyediakan peralatan dan bahan merupakan cara mengembangkan usaha bengkel las yang cukup brilian. Secara konsumen akan terbantu, dan pengusaha pun akan mendapatkan keuntungan.

3. Merekrut SDM Professional

Tidak semua orang bisa menjalankan bisnis bengkel las ini, Karena hanya orang profesional saja yang bisa membuat bisnis ini lebih berkembang. Berbeda dengan kecakapan menjadi customer service atau kasir toko yang hanya sejalan dengan pengalaman.

Merekrut SDM yang dijadikan karyawan bengkel las kamu, harus benar-benar seorang profesional. Sehingga mereka lebih paham bagaimana teknik menggunakan mesin las. Dengan begitu, akan menghasilkan produk dapat tersambung dengan kuat sekaligus rapi. Ingat! Tanpa kemampuan yang mumpuni, bengkel las kamu tidak ada keunggulan untuk dipromosikan.

4. Kerjasama dengan Pihak Lain

Cara mengembangkan usaha bengkel las dengan bekerja sama dengan pihak lain. Bekerja sama merupakan strategi yang tepat karena tidak terlepas dari kebutuhan pasokan alat dan bahan untuk mengelas. Adanya sikap saling membantu dari pihak terlibat untuk sama-sama mengembangkan usaha.
Dengan melalui jalur rekomendasi baik dari pemilik maupun dari pemasoknya.

Mungkin terdapat kondisi pengguna jasa akan mencari bengkel las dan turut menyediakan bahan-bahan utama. Jadi saat pelanggan ingin memesan produk kanopi, pagar, teralis yang diinginkan. Maka pelanggan dapat memilih sesuai keinginan ketika mengunjungi tempat pengelasan.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Sebuah bisnis disebut berhasil jika pelanggan merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Maka dari itu, mulailah memberikan pelayanan terbaik agar usaha bengkel las kamu semakin berkembang. Kamu bisa coba dengan menyapa pelanggan ketika datang dan perlakukan dengan hormat serta baik.

Selain itu, berikan apa yang disukai oleh pelanggan, misalnya memberikan garansi. Hal ini menjadi jaminan jika terdapat produk yang dihasilkan terjadi kerusakan. Pemberian garansi juga memberikan keuntungan bagi bisnis kamu, karena bisa   membuat pelanggan lebih percaya.

6. Lakukan Evaluasi

Melakukan evaluasi untuk mencari tahu penyebab bengkel las kamu menurun atau meningkat. Hal ini sangat diperlukan dalam cara mengembangkan usaha bengkel las. Kamu bisa lihat dari SDM, operasi pengelasan, pengeluaran dan pemasukan, hingga pemasarannya.

Catatlah poin-poin dari evaluasi tersebut dan mencari cara untuk mengatasi jika terjadi masalah. Carilah penyebab dari permasalahan tersebut hingga ke akar-akarnya. Setelah kamu menemukan solusinya, maka eksekusi dalam target penyelesaian.

7. Buka Sistem Investor

Resiko usaha bengkel las cukup tinggi karena modal materi terbilang sangat besar. Meskipun besar tapi bukan menjadi penghalang untuk membuka bisnis. Kamu bisa menjual beberapa barang atau bekerja sama dengan pihak lain.  

Modal tersebut bisa meliputi peralatan pengelasan yang harganya lumayan. Jika kamu keberatan dalam menyewa tempat, bisa memakai halaman rumah tapi harus luas. Selain itu, kamu bisa coba mencari investor yang siap memberikan suntikan dana modal maupun pengembangan. Dengan demikian, proses perjalanan bisnis bengkel las bisa dimulai lebih cepat.

8. Menjaga Hasil Kualitas

Selanjutnya, cara mengembangkan usaha bengkel las harus memberikan layanan dan hasil akhir yang berkualitas. Kamu harus jaga kualitas hasil pembuatan kanopi, pagar, atau pesanan pelanggan lainnya. 
Hal ini disebabkan akan muncul pelanggan baru yang lahir dari testimoni pelanggan lama.

Membuat sebuah hasil karya yang berkualitas bisa menunjukkan kredibilitas kamu. Sehingga kedepannya akan banyak orang yang datang untuk menggunakan jasa dan keahlian kamu.

Simak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan tentang 7 cara mengembangkan usaha bengkel las yang bisa dijadikan referensi.
Semoga bermanfaat dan dan membantu kelangsungan bisnis bengkel las kamu!
Related Posts