taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Ide Bisnis Jajanan Kreatif Ibu Rumah Tangga Mudah Tapi Menguntungkan

7 Ide Bisnis Jajanan Kreatif Ibu Rumah Tangga Mudah Tapi Menguntungkan 

Pekerjaan ibu rumah tangga sebagian besar umumnya menganggap mengurus keluarga.  Dimulai dari menyiapkan keperluan seperti bantu sekolah anak, memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan masih banyak lagi.
Ide Bisnis Jajanan Kreatif
Padahal di samping mengurus kebutuhan rumah tangga dalam kehidupan sehari-harinya.
Ibu rumah tangga juga dapat menambah kegiatannya dengan menjalankan usaha. Usaha sampingan yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga cukup dari rumah saja, sehingga bisa menambah pendapatan rumah tangga.

Apalagi saat ini saat ini ada begitu banyak ide bisnis jajanan kreatif ibu rumah tangga dengan modal kecil namun bisa meraup keuntungan besar. Peluang bisnis itu pun bisa muncul dari hobi dan keterampilan yang dimiliki oleh ibu rumah tangga.

Tidak perlu memulainya dengan usaha yang besar, karena kamu bisa melakukannya perlahan yang nantinya bisa terus berkembang di kemudian hari. Berikut ini ada 7 ide bisnis jajanan kreatif ibu rumah tangga untuk menambah pendapatan, apa saja itu?

7 Ide Bisnis Jajanan Kreatif Ibu Rumah Tangga

1 Katering Makanan Sehat

Membuat katering makanan sehat bisa dijadikan pilihan untuk Ide bisnis jajanan kreatif ibu rumah tangga. Bagi ibu rumah tangga kegiatan memasak merupakan aktivitas yang rutin dilakukan, karena mengupayakan memasak untuk keluarga setiap harinya.

Dari rutinitas inilah ternyata bisa menjadi ide bisnis yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga. Apalagi saat ini ada banyak orang yang mulai beralih ke gaya hidup sehat. Hanya dengan memanfaatkan peluang dan sosial media yang ada, dengan mudah kamu mengembangkan usaha katering sehat dari rumah.

2. Jualan Aneka Kue

Bisnis aneka jenis kue juga cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Kue yang dijual ada beragam dari kue kering, kue tradisional, bolu, hingga kue-kue kekinian yang sedang ramai disukai pasar. 

Permintaan kue biasanya tinggi apalagi saat perayaan-perayaan khusus, seperti hari Natal, Idul Fitri, seminar, pernikahan, dan lain sebagainya. Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, kue bisa dijual dengan menerapkan sistem pre-order untuk menghindari risiko kerugian. 

Ibu rumah tangga juga dapat menyasar relasi seperti tetangga, orang tua, teman anak di sekolah, hingga teman kantor suami sebagai target konsumen.

3. Toko Kelontong

Selanjutnya ide bisnis jajanan kreatif ibu rumah tangga untuk menambah pendapatan adalah menjalankan usaha toko kelontong. Jika digeluti dengan serius, keuntungan yang didapat dati memiliki toko kelontong sangat menjanjikan.

Toko kelontong sendiri merupakan toko yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari dan sangat beragam dan lengkap. Mulai dari sembako, jajanan ringan, peralatan mandi, pembersih pakaian, pembersih lantai, hingga peralatan rumah tangga seperti sapu dan lain sebagainya.

4. Bisnis Jajanan Kekinian

Ide bisnis jajanan kreatif ibu rumah tangga dengan modal kecil pastinya menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga yang ingin mendapat penghasilan. 

Kamu bisa membuka bisnis makanan kekinian dengan modal relatif ringan, seperti churros, corn dog, craffle, donat aneka rasa, dan snack ringan dan minuman yang inovatif. Produk-produk tersebut bisa kamu jual melalui sosial media atau menjajakannya di depan rumah kamu.

5. Makanan Beku

Ide usaha berikutnya untuk ibu rumah tangga yakni berjualan frozen food atau makanan beku. 
Jenis makanan satu ini memiliki permintaannya cukup tinggi. Apalagi makanan beku biasanya dibutuhkan sebagai stok makanan praktis di rumah yang awet disimpan lama di kulkas.

Jenis makanan beku juga dapat dijual oleh ibu rumah tangga antara lain seperti nugget, sosis, bakso, daging sapi dan ayam beku, ikan dan seafood, dimsum, kentang, otak-otak, tempura, spring rolls dan masih banyak lagi.

6. Bumbu Dapur Siap Pakai

Agar masakan semakin nikmat dan gurih, pastinya memakai bumbu dapur sehingga makanan tersebut bisa disantap dengan enak. Namun, tidak semua orang mahir dalam pembuatan bumbu dapur ini. Terkadang kebanyakan dari mereka pilih yang instan dan praktis.

Melihat peluang ini pastinya jangan dilewatkan begitu saja, permintaan akan bumbu siap ini pun cukup tinggi dan dapat. Target pasarnya untuk orang yang suka memasak, namun tidak mempunyai banyak waktu di rumah membuat bumbu dapur ini.

Aneka jenis bumbu siap pakai ini dapat dijual oleh ibu rumah tangga, antara lain dapat seperti bumbu dasar putih (terbuat dari bawang merah, bawang putih, dan ketumbar). Kemudian bumbu dasar kuning (bumbu putih ditambah kunyit), bumbu dasar merah (bumbu putih ditambah cabai).

7. Jual Gorengan

Makanan yang satu ini tentu sudah sangat tidak asing bagi kita karena sering sekali dijumpai di pasar maupun pinggir jalan. Meskipun sering menjumpai dan mengkonsumsi namun masyarakat kita tidak pernah bosan, bahkan tidak melewatkan makanan berminyak ini.

Ada berbagai jenis gorengan seperti sukun, ubi goreng, piscok, bala-bala, tahu, cireng bisa dijadikan salah satu jajanan kreatif yang wajib dicoba. Kamu bisa menjual makanan ini dengan titip ke warung-warung, atau jual langsung ke pelanggan.

Selain itu, cobalah membuka jasa melalui online. Dengan begitu, pelanggan kamu bisa lebih banyak lagi.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai 7 ide bisnis jajanan kreatif ibu rumah tangga untuk menambah pendapatan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kamu.
Related Posts