taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menganalisis Peluang Usaha dengan SWOT

Strategi dan Cara Menganalisis Peluang Usaha dengan SWOT

Sudah tentu setiap pengusaha ingin bisnisnya sukses. Salah satu kunci sukses dalam berbisnis yaitu open minded atau berpikiran terbuka. Seorang pebisnis harus terbuka dengan trend bisnis, situasi politik, ekonomi, hingga komentar baik atau buruk konsumen terhadap usaha yang Anda jalankan. Apa yang disebutkan itu ada pada cara menganalisis peluang usaha dengan SWOT.
Cara Menganalisis Peluang Usaha
Analisis SWOT adalah strategi dasar yang bisa membantu mengidentifikasi dan mengevaluasi suatu usaha baik dari faktor internal maupun eksternal. 

SWOT sendiri merupakan singkatan dari 4 komponen yaitu strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang atau kesempatan), threat (ancaman). Tujuan dari analisis ini untuk menilai masalah dan memanfaatkan situasi sebaik mungkin pada usaha yang tengah Anda jalankan.

Bagaimana Cara Menganalisis Peluang Usaha dengan SWOT?

Setelah mengetahui pengertian dan empat komponen apa saja yang ada pada analisis SWOT ini, semestinya, Anda lebih mudah memahami dan menyusun SWOT dengan baik. Berikut contoh cara analisis peluang usaha dengan SWOT:

1. Strength (Kelebihan)

Pada komponen ini, Anda bisa menyusun apa saja kelebihan usaha yang akan Anda jalankan nanti yang akan memberikan dampak positif pada usaha Anda. Contohnya, jika Anda akan membuka usaha jualan nasi bakar. Kelebihan dalam usaha ini yaitu bisa dikonsumsi semua kalangan, dan harga jual yang terjangkau.

2. Weakness (Kelemahan)

Selanjutnya, sebutkan kondisi apa yang menjadi kelemahan pada usaha Anda yang berdampak negatif baik di masa sekarang atau masa nanti. Contohnya, produk yang Anda jualan tidak bisa bertahan beberapa hari.

3. Opportunity (Peluang/Kesempatan)

Pada komponen satu ini yaitu uraikan situasi di luar perusahaan apa yang akan memberikan peluang baik terhadap kemajuan usaha Anda nantinya. Contohnya, ada peluang berjualan di lokasi perkantoran melalui beberapa rekan.

4. Threat (Ancaman)

Threat merupakan suatu ancaman yang mungkin bisa dialami dan bisa menghambat pergerakan perkembangan usaha nantinya.

Contohnya, ancaman usaha nasi bakar ini yaitu jika sudah memiliki pesaing yang menjual produk serupa. Namun, kendala ini dapat Anda siasati dengan menciptakan inovasi baru secara berkala.
Strategi Kombinasi Peluang Usaha dengan SWOT

Jika Anda sudah menguraikan apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman pada usaha Anda. Selanjutnya buatlah strategi kombinasi peluang usaha tersebut. Anda bisa memfokuskan diri pada satu atau dua poin dari SWOT itu sendiri untuk menentukan langkah strateginya. Fokus strategi kombinasi peluang usaha dengan SWOT yaitu:
  • Fokus pada W-T (kelemahan-ancaman). Di Sini, Anda memperbaiki kelemahan di dalam perusahaan untuk mengurangi ancaman eksternal.
  • Fokus pada S-O (kekuatan-peluang). Pada fokus ini, Anda dapat menggunakan kekuatan internal agar memperoleh peluang eksternal.
  • Fokus pada S-T (kekuatan-ancaman). Di sini, Anda bisa menggunakan kekuatan internal agar mengurangi ancaman eksternal.
  • Fokus pada W-O (kelemahan-peluang). Anda dapat menopang kelemahan di dalam internal untuk mengambil keuntungan dari kesempatan eksternal yang ada.

Tips Menganalisis Peluang Usaha dengan SWOT

Melakukan analisis SWOT kelihatan mudah bukan? Supaya beneran mudah, ikuti tips menganalisis peluang usaha dengan SWOT berikut ini :

1. Mengumpulkan Informasi Secara Detail

Untuk melakukan analisis SWOT, pertama-tama Anda perlu mengumpulkan dulu informasi secara detail. Tujuannya, supaya informasi tersebut lebih akurat, dan analisis yang dilakukan sesuai dengan target market.

2. Menganalisa Faktor Eksternal

Faktor eksternal dalam analisis SWOT yaitu opportunities dan juga threat. Kedua komponen ini beresiko tinggi jika tidak melakukan analisa dengan baik, karena berkaitan dengan sistem usaha, perubahan perilaku konsumen, dan juga kondisi ekonomi.

3. Melakukan Riset dan Pertimbangkan Kompetitor 

Selanjutnya, sebelum meluncurkan produk dan melakukan analisis SWOT, lakukan dulu riset mendalam dan pertimbangkan kompetitor di bidang yang sama. Tujuannya, supaya Anda dapat mengevaluasi apa saja kelemahan dan mendapatkan perspektif pasar secara menyeluruh dengan analisis ini.

Dapatkan juga sejumlah pilihan artikel menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah cara menganalisis usaha dengan SWOT. Jika sudah selesai menganalisis usaha Anda, selanjutnya Anda dapat mengubahnya menjadi strategi nyata. Analisis SWOT ini berguna menghasilkan strategi untuk beberapa bula ke depan. Semoga membantu ya. 

Penulis: Erisa Agustira
Related Posts