taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Dan Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Ringan

Cara Dan Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Ringan


Analisa SWOT produk makanan ringan penting sekali untuk dilakukan. SWOT merupakan singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Kegiatan melakukan analisa SWOT, hal tersebut dapat meriset suatu usaha yang sedang dijalankan. Dalam hal ini,  yang akan diketahui adalah kelayakan usaha yang akan dijalankan.

analisis swot untuk usaha makanan

Deskripsi Analisis SWOT


Masing-masing kata dari SWOT ini memiliki makna tersendiri yang penting sekali untuk diketahui. Di antara maksud SWOT tersebut adalah:

1. Strength

Strength atau yang lebih dikenal dengan kekuatan merupakan karakteristik sebuah organisasi atau proyek yang akan memaparkan kebersihan dan keuntungan. Dalam hal ini pun dapat dibandingkan dengan produk yang lainnya dengan tujuan meyakinkan para konsumen.

2. Weakness

Kelemahan atau weaknesses bisa disebut sebagai karakteristik yang erat kaitannya dengan kelemahan yang ada pada organisasi atau proyek. Sama halnya dengan strength, weaknesses juga bisa menyertakan perbandingan dengan yang lainnya.

3. Opprtunities

Opportunities atau peluang merupakan suatu hal yang dapat dimanfaatkan oleh suatu organisasi atau proyek. Tidak hanya itu, dengan peluang yang ada tidak menutup kemungkinan bahwa proyek tersebut dapat berkembang di hari yang akan datang.

4. Threats

Threats atau ancaman merupakan hal yang akan dihadapi oleh organisasi atau proyek yang berhubungan dengan hal yang menjadi penghambat suatu proyek. 
Bagi Anda yang memiliki usaha di bidang produk, maka penting sekali untuk memiliki keterampilan menganalisis SWOT ini. Tidak hanya itu, Anda pun dianjurkan untuk menguasainya. 

Hal tersebut juga berlaku bagi pelaku usaha di bidang makanan. Kini telah ditemukan banyak sekali produk makanan yang bisa dikonsumsi. Akan tetapi, karena banyaknya persaingan, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah memaksimalkan strategi pemasaran agar produk tersebut dapat terjual di pasaran. Salah satu cara yang dapat dilakukannya adalah menganlisis SWOT.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa ada empat komponen yang perlu diperhatikan, yaitu strengths, weknesses, opportunities, dan threats. Dengan begitu, di bawah ini merupakan cotoh analisa SWOT produk makanan ringan yang bisa dijadikan sebagai referensi:

Contoh Analisa SWOT Roti Bakar Dengan Topping Buah


Strengths: keunggulan dari roti bakar yang memiliki topping buah ini adalah dapat menambah asupan nutrisi yang sehat bagi tubuh. Selain cara membuatnya yang sederhana, produk ini pun membutuhkan bahan baku yang sederhana dan juga mudah untuk didapatkan.

Weakness: salah satu kendala yang ditemukan adalah masih ada orang yang belum menyadari pentingnya kesehatan. Sehingga penting sekali untuk mempertimbangkan lokasi yang strategis untuk menjual produk tersebut. Karena jika tidak tepat, maka tidak akan banyak orang yang melirik produk tersebut.

baca juga:




Opportunities: kini telah banyak cara untuk menurunkan berat badan, tetapi tetap dalam keadaan sehat. Dengan begitu, hal ini dapat menjadi peluang untuk melakukan promosi terhadap produk roti bakar dengan toping buah ini.

Threats: karena produk ini bisa dibilang produk yang baru, maka jika produk ini laku di pasaran, tidak menutup kemungkinan akan muncul kompetitor baru.

Contoh Analisa SWOT Pempek Palembang Dengan Berbagai Bentuk


Salah satu makanan khas Indonesia ini sudah dikenal di kalangan masyarakat. Cita rasanya yang lezat tidak jauh dari cara membuatnya yang sederhana dan juga bahan-bahan yang mudah ditemukan. 

Namun, beberapa orang yang tidak terlalu menyukai produk ikan pasti akan menghindari makanan yang satu ini.

Dengan mementuk pempek sedemikian rupa, maka pembeli akan lebih tertarik untuk mengonsumsi pempek tersebut. Tidak menutup kemungkinan bahwa anak-anak pun akan menyukai nya. Aneka bentuk yang dapat dijadikan sebagai referensi adalah bentuk buah, hewan, dan bentuk unik yang lainnya.

Akan selalu ada ancaman jika inovasi tersebut sukses, yaitu bisa jadi kompetitor lain meniru inovasi tersebut demi meningkatkan penjualan yang dimilikinya. Oleh karena itu, sebagai inovator dianjurkan untuk tetap melakukan inovasi lainnya yang tak kalah unik.


Contoh Analisa SWOT Keripik Tempe


Keripik tempe termasuk ke dalam salah satu produk makanan yang tidak mudah basi dan banyak digemari orang-orang. Harganya yang terjangkau pun membuatnya dikenal banyak masyarakat. Bahkan makanan yang satu ini kerap kali dijadikan sebagai oleh-oleh di suatu tempat.

Akan tetapi, masih banyak ditemukan produk keripik tempe yang hanya menyediakan rasa original. Sehingga berpotensi membuat orang yang mengonsumsinya cepat merasa bosan. Warnanya yang kurang menarik pun menjadi salah satu kelemahan dari produk keripik tempe tersebut.

Untuk itu, perlu sekali dilakukan inovasi baru terhadap kripik tempe tersebut. Pemilik usaha dapat menambahkan beberapa varian rasa pada kripik tempe sehingga dapat menarik minat calon pembeli. Terdapat banyak varian rasa yang bisa dipilih, di antaranya adalah keju, rumput laut, jagung, dan lain-lain.

Jika inovasi produk tesebut sukses, maka tidak akan menutup kemungkinan bahwa produk tempe akan menipis dan persaingan di pasar juga tidak terelakkan.

Demikianlah, informasi perihal Beberapa komponen dan cara analisis SWOT usaha makanan ringan tersebut dapat dijadikan sebagai referensi bagi Anda yang menjadi seorang pelaku usaha. Setiap komponennya memiliki peran yang sama-sama penting sehingga harus disertakan secara bersamaan. 


Penulis: Melia Fitrianingsih
Related Posts