taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Cara Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias di Rumah

5 Cara Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias di Rumah

Bisnis budidaya tanaman hias semakin berkembang seiring dengan meningkatkan minat masyarakat terhadap keindahan tanaman. Untuk memulai bisnis ini diperlukan cara memulai bisnis budidaya tanaman hias yang tepat.
Bisnis Budidaya Tanaman
Bisnis tanaman hias sendiri biasanya dapat ditemukan di pinggir jalan raya. Namun, beberapa waktu ke belakang, jenis bisnis ini pun merambah ke ranah usaha rumahan, mengingat tanaman hias merupakan salah satu hobi yang cukup diminati.

5 Cara Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanaman hias di rumah, berikut ada beberapa cara memulai bisnis budidaya tanaman hias yang bisa coba dipraktekan.

1. Memilih Jenis Tanaman Hias yang Tepat

Langkah pertama yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis tanaman hias yaitu dengan memilih jenis tanaman hias yang tepat untuk dijual. Untuk budidaya di rumah, sebaiknya pilih yang jenis tanaman hias yang paling mudah untuk dibudidayakan.

Beberapa jenis tanaman yang bisa dijual di antaranya ada bunga anggrek, aglaonema, janda bolong atau monstera, lidah mertua, bunga mawar, sirih gading, bonsai, paku tanduk rusa, kaktus, bunga Melati, dan palem bambu.

2. Menyediakan Lahan Budidaya

Setelah sudah mengetahui jenis tanaman hias apa yang akan dibudidayakan, penting juga untuk menyediakan lahan atau tempat yang cocok untuk menjalankan usaha budidaya ini.

Usahakan untuk menyediakan lahan luas dan lebar, sehingga cukup untuk menampung bibis dan menumbuhkan tanaman tersebut. Namun, jika memang luas lahannya tidak terlalu besar, usahakan untuk melakukan penyusutan bibit dengan baik, dan tetap memberikan ruang tumbuh pada tanaman hias.

3. Mengenali Kebutuhan Tanaman

Apabila ingin usaha di bidang tanaman hias yang berhasil, maka harus tahu dulu apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan oleh tanaman yang dirawat. Misalnya, bagaimana cara merawat tanaman mulai dari penyemaian sampai dengan pemeliharaan bibit.

Selain itu, mengetahui apa saja jenis pupuk dan vitamin yang dibutuhkan supaya tanaman berkembang maksimal. Jangan lupa untuk selalu merawat tanaman yang dibudidayakan, seperti memberi dan pengecekan penyakit dan hama.

4. Mengetahui Trend Tanaman Hias

Walaupun tanaman hias banyak diminati orang, tetapi penting untuk mencari tahu trend tanaman hias. Hal ini karena para pecinta tanaman juga selalu berganti soal tanaman jenis apa apa yang disukai.

Dengan mengetahui trend, maka bisa meraup untung yang lebih besar. Sebab, biasanya harga tanaman yang sedang trend dapat dijual dengan harga tinggi. Namun, tetap perlu juga menyediakan jenis tanaman lain, bahkan tanaman langka untuk lebih memenuhi kebutuhan pelanggan.

5. Melakukan Promosi dan Pemasaran

Promosi dan pemasaran adalah hal wajib dalam memulai bisnis apapun, termasuk bisnis tanaman hias di rumah. Anda dapat melakukan kegiatan ini di rumah secara online melalui media sosial.

Kenalkan tanaman hias yang dijual ke teman-teman sekitar atau komunitas pencinta tanaman. Buatlah promosi sementarik mungkin, misalnya tanaman di foto di pot cantik dan aesthetic.

Tips Bisnis Tanaman Hias

Usaha tanaman hias termasuk bisnis yang susah-susah gampang terutama bagi pemula yang ingin mencoba bisnis ini di rumah. Setelah mengetahui apa saja cara memulai bisnis budidaya tanaman hias, berikut tips bisnis tanaman hias yang perlu diketahui.
  • Rawatlah tanaman hias dijual sebaik mungkin.
  • Tentukan arah penjualan dengan mengidentifikasi target pasar tertentu atau semua kalangan.,
  • Selain tanaman hias, sebaiknya juga menjual berbagai hal yang berkaitan dengan tanaman seperti pot, pupuk, dan tanah.
  • Carilah bibit yang bagus untuk kemudian diperbanyak dengan metode stek, sehingga dapat menekan modal.

Jenis Tanaman Hias

Jika tertarik dengan bisnis ini, ada beberapa rekomendasi jenis tanaman hias yang populer dan bisa dipilih mulai dari tanaman hias, tanaman daun, dan tanaman hias batang.
Berikut beberapa contohnya:
  • Bunga Melati
  • Bunga mawar
  • Lidah mertua
  • Paku tanduk rusa
  • Kaktus
  • Aglonema
  • Sirih gading
  • Janda bolong
  • Palem bambu
  • Jenggot musa
  • Bonsai
  • Lidah mertua
  • Bunga Melati
Dapatkan informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Itulah informasi cara memulai bisnis budidaya tanaman hias, tips bisnis tanaman hias, dan juga jenis-jenis tanaman hias populer yang bisa dicoba untuk dibudidayakan. Semoga informasinya membantu, terutama buat Anda yang tertarik dengan bisnis ini.
Related Posts