taupasar.com

we read, we create and we share it.

Pengertian Apa Itu Sales Advisor, Skill, Tugas, dan Gaji yang Menjanjikan

Pengertian Apa Itu Sales Advisor, Skill, Tugas, dan Gaji yang Menjanjikan

Sales advisor adalah salah satu profesi di dunia bisnis yang berperan dalam menghubungkan pelanggan dengan produk dan layanan perusahaan. 
Apa Itu Sales
Profesi ini bagian terpenting di perusahaan. Bagi Anda yang ingin menjadi sales advisor perlu mengetahui apa itu sales advisor, skill, tugas, dan gajinya. Berikut di bawah ini informasi mengenai sales advisor. 

Pegertian Apa Itu Sales Advisor

Sales advisor adalah profesi di dunia bisnis yang bertanggung jawab atas setiap transaksi penjualan serta meningkatkan angka penjualan. Profesi ini juga memiliki tanggung jawab untuk memberi nasihat kepada pelanggan untuk membeli produk yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Tanggung jawab sales advisor juga termasuk mengembangkan strategi penjualan secara rutin. Profesi yang satu ini sebenarnya sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Sales advisor akan membantu dalam memuluskan transaksi pelanggannya.

Tugas Sales Advisor

Setelah mengetahui pengertian sales advisor, dari pengertian di atas bahwa sales advisor adalah pekerjaan yang sangat dipentingkan di perusahaan. Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi seorang sales advisor, sebaiknya  Anda mengetahui apa saja tugas profesi yang satu ini. Berikut di bawah ini deskripsi tugas seorang sales advisor. 

1. Mengelola Harapan Perusahaan

Tugas pertama dari sales advisor adalah mengelola prospek atau harapan perusahaan. Salah satu tugas dalam mengelola prospek perusahaan adalah dengan menghubungi calon klien dan juga mempersiapkan presentasi untuk menggaet mereka menjadi mitra perusahaan. 

Sales advisor juga bertugas mencari tahu pelanggan yang kira-kira akan tertarik dengan dengan produk perusahaan. Misalnya sales advisor teknologi perbankkan, maka dia harus menemui instansi perbankkan dan melakukan presentasi produk di konferensi mereka. 

2. Mempelajari Produk dan Layanan Perusahaan

Mempelajari produk dari segi kualitas. Harga, kuallifikasi dan lainnya merupakan hal wajib bagi seorang sales advisor. Hal ini sangat penting dan dibutuhkan ketika sales advisor menghadapi pelanggan. 

Memiliki pengetahuan yang luas mengenai produk akan membantu mereka dalam menjawab pertanyaan dari pelanggan. Tidak hanya produk perusahaan yang harus dipelajari. Melainkan mengenai pelayanan yang ditawarkan oleh perusahaan. 

3. Problem Solving

Salah satu tugas dari sales advisor selanjutnya adalah mampu mengatasi keluhan pelanggan. Sales advisor akan langsung menerima informasi keluhan dari pelanggan, maka skill yang dibutuhkan profesi ini adalah problem solving. 

Keluahan pelanggan yang biasa diajukan biasanya seputar produk dan layanan. Sebenarnya  tugasnya adalah menasihati pelanggan yang sedang mengalami kendala. Jadi tugas menyelesaikan masalah pelanggan adalah suatu yang harus kamu perhatikan. 

4. Mendampingi Pelanggan

Salah satu peran sales advisor yang sangat penting adalah mendampingi pelanggan dari awal masuk toko hingga melakukan pembayaran. Jadi tugasnya mencakup menjelaskan produk, menyarankan keputusan dan menjelaskan cara pembayaran. Di beberapa perusahaan bahkan hingga langsung memproses transaksi penjualan. 

5. Mengontrol Pajangan Produk

Sales advisor yang bekerja di toko offline biasanya juga bertugas mengontrol pajangan produk. Tugasnya adalah memastikan kesesuaian peletakan dari jenis produk, warna, merek, harga, diskon dan lainnya. Jangan sampai ketika sales advisor mendampingi pelanggan keliru informasi mengenai produknya. 

Hal ini untuk profesionalisme sales advisor tetap terjaga. Kesalah informasi bisa menimbulkan ketidakpuasan dari pelanggan. Bagi sales advisor toko online juga memiliki tugas ini. Sales advisor online harus mengecek informasi deskripsi produk,jumlah stok dan lainnya. 

Skill yang Dibutuhkan Sales Advisor

Dengan berbagai tugas dan tanggung jawab sales advisor di atas. Maka sangat diperlukan untuk memiliki skill tertentu agar bisnis terus berjalan. Tanpa skill tertentu mereka akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugasnya. Berikut di bawah ini skill yang dibutuhkan oleh seorang sales advisor. 
  • Lulusan sarjana bisnis
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dalam melayani konsultasi produk
  • Memiliki pengetahuan seputar pemasaran, sales, toko dan lainnya
  • Mampu memahami mengenai produk dari segi kualitas, merek dan lainnya
  • Mampu bekerja di lingkungan yang serba cepat
  • Memiliki kemampuan melayani pelanggan dengan ramah dan sopan
  • Mampu mengatasi keluhan pelanggan
  • Mampu memberi keputusan yang tepat mengenai pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan
  • Mampu menjelaskan atau mempresentasikan mengenai produk
  • Mampu meyakinkan konsumen mengenai produk yang tepat

Gaji Sales Advisor

Meskipun saat ini serba cepat dan canggih, namun profesi sebagai sales advisor akan terus dibutuhkan. Sebagai penasihat pelanggan, sales advisor akan lebih dibutuhkan dari beragam kemajuan teknologi. 

Sales advisor pekerjaan yang mendapatkan gaji sesuai dengan pengalaman, kemampuan dan tanggung jawab yang diterimanya. Rentan gaji sebagai sales advisor sekitar Rp. 2.000.000 hingga Rp. 7.000.000. Tidak hanya dari segi gaji yang menjanjikan, melainkan dari segi jenjang karir. Jenjani karir sales advisor adalah junior, senior dan kepala lapangan. 

Simak informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Di atas adalah informasi mengenai pengertia apa itu sales advisor, tugas, skill dan gajinya. Semoga informasi di atas dapat membantu dalam mempertimbang untuk menjadi sales advisor bagi Anda yang memilih profesi ini. Anda sebagai pemilik perusahaan semoga dapat menemukan SDM yang tepat untuk mengisi bidang sales advisor. 
Related Posts