taupasar.com

we read, we create and we share it.

Pengertian Apa Itu Sales Counter, Skill, Tugas dan Gaji yang Pantastis

Pengertian Apa Itu Sales Counter, Skill, Tugas dan Gaji yang Pantastis

Sales counter adalah salah satu profesi di dunia bisnis yang bertujuan meningkatkan penjualan. Satiap perusahaan pasti memiliki team yang bertugas untuk menjual produk di tokonya. Profesi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena perannya yang memberikan pelayanan yang baik untuk menarik pembeli membeli produk secara langsung di toko.
Apa Itu Sales
Profesi yang satu ini selalu dicari oleh banyak perusahaan. Memiliki gaji yang pantastis, lowongan sales counter selalu terbuka. Anda yang tertarik dengan profesi ini dan mencari SDM untuk mengisi bidang sales counter perlu mengetahui pengertian apa itu sales counter, skill, tugas dan gajinya. Berikut di bawah ini informasi selengkapnya. 

Pengertian Apa Itu Sales Counter

Sales counter adalah salah satu profesi di dunia bisnis yang memiliki tugas untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan. Hal ini bertujuan menarik pelanggan agar membeli produk yang ditawarkan. Sales counter bertugas melayani pelanggan secara langsung di toko atau konter.

Profesi ini menjadi bidang yang sangat penting di perusahaan ritel. Sales counter berinteraksi secara langsung untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen bertujuan menarik mereka agar membeli produk perusahaan.

Tugas Sales Counter

Sebagai pemiliki perusahaan Anda perlu mengetahui apa saja tugas sebagai sales counter untuk mengukur kinerja dari karyawan. Hal ini juga penting untuk diketahui bagi Anda calon sales counter. Berikut di bawah ini tugas-tugas profesi sales counter. 

1. Menjual Produk

Melayani pelanggan baik yang berkunjung langsung ke toko maupun yang melalui online. Selain itu sales counter juga bertugas menjelaskan kepada pelanggan mengenai produk baik dari segi kualitas, merek, harga, manfaat dan kekuatannya. 

Dalam menjual produk sales counter bertugas melakukan proses penjualan dimulai dari memasukkan pesanan hingga  proses pengiriman barang. Biasanya sales counter diberikan target penjualan oleh perusahaan. Misalnya diberikan target dapat menjual produk minimal 10 pcs per hari. 

2. Menyampaikan Informasi Produk

Salah satu tugas sales counter adalah menyampaikan informasi mengenai produk kepada pelanggan. Menjelaskan dan menjawab pertanyaan mereka tentang produk, manfaatnya, dan harganya. Melayani mereka baik yang melalui konter maupun telepon. 

Menjelaskan produk bisa meningkatkan penjualan. Maka jelaskanlah secara rinci kepada pelanggan mengenai produk, kualitas, manfaat dan harga jualnya. Berikan penjelasan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

3. Menawarkan Produk Perusahaan

Selain menjelaskan produk dari kualitas, manfaat dan harganya tugas dari sales counter selanjutnya adalah menawarkan produk kepada pelanggan. Berikan penjelasan produk dan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Sehingga penjualan produk terus meningkat.

Tugasnya juga adalah mampu memberikan solusi dengan cepat terhadap komplain yang diajukan pelanggan. Selain itu juga melakukan follow up ketika proses menawarkan untuk mencegah pembatalan pesanan. 

4. Melaporkan Kegiatan Penjualan

Sales counter juga bertanggung jawab dalam memperhatikan produk dan melaporkan kegiatan penjualan. Semua barang yang terjual maupun barang tersisa yang belum laku harus dicatat dengan baik dan rinci. Laporan ini harus dilaporkan kepada atasan dalam bentuk dokumen. 

5. Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Tugas sales counter selanjutnya adalah menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan. Hal ini untuk menjaga loyalitas mereka kepada perusahaan. Biasanya pelanggan yang mendapatkan produk dan pelayanan yang baik dari perusahaan khususnya bagian sales counter, mereka akan sulit pindah ke perusahaan lain. 

Memastikan bahwa setiap pelanggan yang berkunjung ke toko mendapatkan kepuasan. Memberikan pelayanan yang terbaik salah satunya dengan menjaga dan memelihara fasilitas, kebersihan dan kerapian di toko. Ini adalah tugas yang ditanggung oleh sales counter. 

Skill yang Dibutuhkan Sales Counter

Untuk melakukan tugas-tugas sales counter di atas pasti membutuhkan skill tertentu agar pekerjaannya lebih mudah. Bagi Anda yang sedang mencari SDM untuk mengisi profesi ini penting untuk memperhatikan skill yang dibutuhkannya. Berikut di bawah ini skill yang dibutuhkan sales counter. 
  • Mampu berkomunikasi yang baik
  • Memahami produk yang dijual
  • Memahami kebutuhan pelanggan
  • Memiliki kemampuan meyakinkan pelanggan untuk memilih produk perusahaan
  • Memiliki kemampuan menginformasikan produk kepada pelanggan
  • Memiliki kemampuan mengorganisasi
  • Memiliki kemampuan dalam mengatur waktu

Gaji Sales Counter yang Menjanjikan

Profesi ini sangat dibutuhkan perusahaan di bidang teknologi seperti laptop, hp, dan lainnya. gaji dari profesi yang satu ini pun sangat menjanjikan, selain itu tersedia juga jenjang karir. Gaji dari profesi yang satu ini disesuaikan dengan karir dan kemapuan SDMnya . Rentang gajinya biasanya antara Rp. 2.000.000 hingga Rp.10.000.000. 

Simak informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Itulah informasi mengenai pengertian apa itu sales counter, tugas, skill dan kisaran gajinya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang siap menjadi sales counter atau sedang mencari SDM untuk mengisi profesi yang satu ini.
Related Posts