taupasar.com

we read, we create and we share it.

Apa Itu Sales Marketing, Pengertian, Skill, Tugas dan Gajinya

Apa Itu Sales Marketing, Pengertian, Skill, Tugas dan Gajinya

Salah satu profesi yang populer dan terus berkembang saat ini adalah sales marketing. Di dalam suatu perusahaan pasti akan terdapat bagian sales marketing. Era digital saat ini profesi sales marketing sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. 
Apa Itu Sales Marketing


Sales marketing merupakan bagian yang bertugas memasarkan produk perusahaan kepada calon konsumen yang potensial. Menjalankan profesi ini membutuhkan strategi dan cara yang tepat. Sebelum memutuskan memilih profesi yang satu ini Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu sales marketing dari pengertian, skill, tugas dan gajinya. 

Pengertian Apa Itu Sales Marketing

Sales marketing adalah salah satu profesi yang memiliki tugas mempromosikan dan menjual produk perusahaan kepada konsumen yang potensial. Ada perusahaan yang membedakan bagian sales dan marketing adapula yang digabungkan dalam satu bagian. Padahal keduanya sangat berbeda. 

Bagian sales merupakan bagian perusahaan yang fokus melayani, menjual dan menerima komplain dari konsumen. Sedangkan bagian marketing adalah bagian perusahaan yang fokus menawarkan dan mempromosikan produk usaha kepada calon konsumen. 

Skill yang Dibutuhkan Sales Marketing

Setiap profesi pasti membutuhkan skill untuk menunjuang kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan profesi tersebut. Termasuk profesi sales marketing pastinya membutuhkan skill tertentu untuk memudahkan proses promosi dan penjualan perusahaan. Berikut di bawah ini skill yang dibutuhkan menjadi seorang sales marketing. 
  • Memahami secara detail mengenai produk yang dijual 
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu menjelaskan suatu produk secara singkat dan jelas. Tidak menimbulkan kebingungan ataupun kesalahpahaman dengan memperhatikan nada bicara, intonasi suara dan kecepatan bicara. 
  • Memiliki kemampuan mendengarkan keluhan dan keresahan yang dirasakan konsumen. Dengan membuat mereka merasa nyaman, mendengarkan penuh empati kebutuhan mereka, tanpa langsung menjelaskan kelebihan produk. 
  • Mampu mengatasi penolakan dan keluhan dari konsumen, dengan mencari tahu permasalahan dari penolakan konsumen saat proses marketing dan penjualan.

Tugas Sales Marketing

Setelah mengetahui apa itu sales marketing dan apa saja skill yang harus dimiliki seorang sales marketing. Selanjutnya sebelum memilih profesi ini sebaik Anda perlu mempelajari tugas-tugas bagian sales marketing. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai tugas-tugas sales marketing. 

1. Mempelajari produk perusahaan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari produk usaha yang dijual perusahaan. Pelajari mengenai merek, tipe, kelebihan dan kekurangan hingga harga dari produk tersebut. Sehingga ketika Anda menjelaskan produk, Anda mampu mendeskripsikannya secara detail. 

2. Menganalisa tren dan kebutuhan pasar

Dalam mempromosikan produk yang perlu Anda pelajari adalah tren dan kebutuhan pasar. Hal ini agar ketika Anda promosi produk sesuai dengan yang apa yang dibutuhkan masyarakat. Hal ini akan membantu perusahaan dalam strategi bisnis dan mengembangkannya. 

3. Menganalisa Target Pasar

Bagian sales marketing sudah seharusnya memahami siapa saja yang akan menjadi target dari produknya. Mampu menentukan calon konsumen yang potensial secara detail dan spesifik. 

4. Rutin menambah pelanggan

Terus menambah pelanggan setia merupakan hal yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja tim dan perusahaan. Terus melakukan evaluasi dari proses marketing yang telah dilakukan, sehingga meningkat kemampuan tim. 

5. Melakukan analisa terhadap kompetitor bisnis

Salah satu tugas yang membantu strategi bisnis perusahaan adalah melakukan analisa terhadap analisa kompetitor perusahaan Anda. Perhatikan bagaimana kualitas produk mereka dan solusi yang mereka tawarkan kepada pelangganya. Sehingga Anda mampu melakukan hal kepada konsumen yang lebih dari kompetitor. 

6. Menawarkan produk

Tugas utama dari seorang marketing adalah menawarkan produk perusahaan kepada calon konsumen tertarget. Setelah Anda mengetahui secara spesifik mengenai target pasar perusahaan, selanjutnya adalah menawarkannya kepada mereka. Presentasikan mengenai produk melalui email, media sosial dan lainnya kepada mereka. 

7. Membuat strategi penjualan yang jitu

Memperkenalkan produk dengan strategi penjualan yang jitu akan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan. Buatlah strategi penjualan yang menggiurkan dengan mengadakan diskon, bonus dan lainnya. 

8. Melakukan rekap penjualan

Bagi bagian sales salah satu tugasnya adalah rekap hasil penjualan. Rekap penjualan bisa dilakukan setiap hari, perminggu atau bulanan. Hal ini akan membantu Anda mengetahui produk apa saja yang paling banyak dicari dan kapan waktunya memasarkan produk baru. 

Gaji Sales Marketing

Sales marketing merupakan profesi yang memiliki peran penting dalam perusahaan. Gaji dari sales marketing ini tergantung pada wilayah, UMR, jabatan dan juga kebijakan perusahaan. Gaji sales marketing bekisar pada 3 hingga 10 juta per bulannya, belum termasuk tunjangan dan bonus.

Perusahaan sangat bergantung pada kinerja tim sales dan marketing. Maka pastikan Anda terus meningkatkan skill dan kinerja Anda agar keuntungan perusahaan bertambah, permintaan kenaikan gaji dan bonus pun bisa dikabulkan perusahaan. 

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah pengertian mengenai apa itu sales marketing, skill, tugas dan gajinya yang perlu Anda pertimbangkan. Pikirkan terlebih dahulu mengenai hal-hal di atas sebelum memutuskan memilih profesi yang satu ini. 
Related Posts