taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Berkomunikasi dengan Konsumen Baru Dalam Bisnis

Tips Berkomunikasi dengan Konsumen Baru Dalam Bisnis

Dalam bisnis, memiliki konsumen yang loyal terhadap produk atau jasa yang Anda miliki menjadi sebuah anugrah. Pasalnya konsumen yang setia menggunakan produk atau jasa tersebut akan melakukan pembeliannya secara berkala.
Tips Berkomunikasi dengan Konsumen
Namun, tahukah Anda? Jika memiliki pelanggan setia bukanlah perkara yang mudah.banyak hal yang mesti diperhatikan agar bisa membuat banyak orang menetap dan menjadi pelanggan setia dalam bisnis Anda.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan agar bisa memiliki konsumen yang sering melakukan repeat order terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan? Simak informasinya dalam uraian berikut ini.

Tips Memiliki Konsumen Yang Setia

1. Jaga Kualitas Produk Anda

Memiliki pelanggan atau kinsmen yang setia bukanlah hal yang tidak mungkin jika memang Anda memiliki produk dengan kualitas yang selalu Anda jaga. Menjaga kualitas produk bisa mengundang banyak pelanggan setia secara natural. Kualitas dari produk bisa merepresentasikan bisnis yang Anda Kelola.

Biasanya semakin berkualitas sebuah produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan, maka akan semakin banyak orang yang menggunakannya. Dengan demikian, pelanggan setia bisa Anda dapatkan dengan mudahnya.

2. Berikan Penawaran dan Diskon Khusus

Selain menjaga kualitas dari produk yang dimiliki, memberikan penawaran dan sikon menarik juga menjadi bagain penting lainnya dalam tips memiliki konsumen yang setia. Penawaran menarik dan diskon akan mengundang banyak orang untuk membeli produk Anda, bahkan jika kedua hal ini diberikan secara teratur maka bukan tidak mungkin pelanggan setia bisa menetap pada usaha Anda.

Tidak perlu memberikan penawaran yang besar atau diskon pol-polan, Anda bisa memberikan penawaran menarik dengan diskon yang tidak terlalu besar tetapi bisa membuat banyak orang tertarik.

3. Sekali-Kali Adakanlah Giftaway

Memberikan hadiah kepada pelanggan juga bisa membantu mendatangkan pelanggan setia dalam usaha Anda. Orang-orang akan merasa tertarik dengan adanya hadiah atau giveaway yang Anda lakukan. Berikanlah hadiah kepada konsumen yang kiranya sudah lama membersamai Anda, namun Anda juga bisa memberikan hadiah kepada konsumen baru secara acak dengan harapan mereka dapat menjadi pelanggan setia Anda.

Dengan adanya hadiah atau giveaway ini, para pelanggan akan merasa cukup diapresiasi dan akan semakin betah menjadi konsumen setia dalam usaha yang Anda miliki. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengadakan event tertentu yang dibuat dengan syarat tertentu.

4. Berikan Pelayanan Secara Optimal

Tips memiliki konsumen setia lainnya adalah dengan memberikan pelayanan yang optimal dan maksimal kepada setiap konsumen. Hal ini harus bisa Anda lakukan agar para pelanggan dapat merasa puas berbelanja pada bisnis yang Anda miliki. Memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan dapat Anda lakuakn dimulai dari cara menangani konsumen baru yang masih bingung dalam menentukan produk yang hendak dibeli.

Anda dapat memberikan arahan kepada mereka dengan cara yang baik dan sopan, dengan demikian kenyamanan berbelanja dapat mereka rasakan. Memberikan pelayanan yang optimal juga tidak hanya dapat mengundang pelanggan setia yang baru, tetapi juga dapat mempertahankan pelanggan lama yang sudah sangat setia dengan bisnis Anda.

5. Lakukan Interaksi Atau Komunikasi yang Baik

Konsumen sejatinya membutuhkan interaksi yang baik dengan penjualnya. Tidak hanya dari segi pelayanan pada saat hendak melakukan pembelian, pelanggan juga acapkali akan melakukan interaksi Ketika adanya keluhan yang mereka rasakan terhadap produk yang mereka beli dari Anda.

Keluhan, kritik dan juga keinginan konsumen ini harus bisa Anda perhatiakn dan dengarkan atau tanggapi dengan sangat baik. Kuncinya adalah komunikasi yang baik, dan efektif akan sangat membantu Anda mencapai hal tersebut. Maka tidak heran, kemampuan komunikasi yang maksimal sangat diperlukan dalam bisnis, terlebih Ketika berhadapan langsung dengan konsumen.

Seperti yang diiinformasikan di atas tadi jika komunikasi yang baik dan efektif akan sangat penting untuk dilakukan dalam melayani pelanggan. Maka Anda selaku pemilik bisnis harus bisa menerapkan sejumlah tips berkomunikasi dengan konsumen yang akan kami informasikan berikut ini.

Tips Berkomunikasi dengan Konsumen

1. Pastikan Anda Memahami Semua Produk Atau Jasa yang Ditawarkan

Pada saat melakukan komunikasi dengan konsumen, biasanya tak sedikit konsumen yang pasti akan membicarakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Entah itu dalam bentuk pertanyaan karena ketidak tahuaannya, atau bahkan dalam bentuk keluhan. Oleh karena itulah, penting sekali untuk mengetahui setiap detail dari produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan.

Agar nantinya pada saaat komunikasi tersebut terjalin, kebingungan terkait detail produk atau jasa tidak akan lagi Anda rasakan. Hasilnya konsumen akan lebih merasa nyaman dalam berkomunikasi dengan Anda nantinya.

2. Kuasai Cara Berkomunikasi dengan Baik

Jika Anda melakukan komunikasi dengan konsumen, kemampuan berperan entah sebagai komunikator maupun komunikan harus bisa Anda miliki dengan baik.

Acapkali konsumen akan bertanya kepada Anda atau bahkan mengaharuskan Anda menangkap pesan yang disampaikan olehnya. Karena itulah kedua hal ini menjadi penting untuk dipelajari agar nantinya proses keomunikasi bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan.

3. Gunakan Bahasa yang Baik dan Sopan

Konsumen adalah pihak yang selalu ingin dihormati, sebagai pelaku usaha tugas Anda adalah untuk bisa menghormati setiap konsumen dengan sejumlah keinginannya. Selama konsumen tersebut tidak keluar dari batas wajar, maka sudah tentu Anda harus bisa menghormatinya. Menggunakan Bahasa yang baik dan sopan menjadi bagian dari cara menghormati konsumen atau pelanggan.

Berkomunikasi dengan konsumen menggunakan tata Bahasa yang baik dan sopan pasti akan lebih menyenangkan dan menenangkan untuk konsumen. Apapun kondisinya memilih Bahasa yang sopan harus tetap Anda lakukan.

4. Control Emosi Anda

Tidak semua pelanggan mampu menyampaikan keluhannya atau keinginannya dengan baik kepada pelaku usaha. Dengan demikian, adakalanya Anda akan berhadapan dengan konsumen yang tidak mampu mengontrol emosinya. Maka akan menjadi tugas Anda untuk bisa selalu mengontrol emosi Anda sendiri.

Kuncinya jangan sampai Anda terpancing atau terprovokasi oleh konsumen tersebut, tetap tenang dan kuasai situasi harus bisa Anda lakukan.

5. Dengarkan Konsumen dengan Baik

Konsumen pasti akan selalu ingin di dengarkan, entah itu pada saat melakukan pembelian barang atau bahkan pada saat menyampaikan keluhannya. Akan menjadi tugas Anda sebagai pelaku usaha untuk bisa mendengarkan setiap konsumen Anda. Hal ini nantinya akan berdampak baik bagi usaha yang Anda miliki.

6. Berikan Solusi 

Kembali lagi, entah itu pada saat melakukan pembelian barang atau penyampaian keluhan, konsumen pasti selalu membutuhkan solusi dari Anda. Maka penuhilah keinginan konsumen tersebut. 

Pada saat melakukan pembelian barang contohnya, terkadang ada saja konsumen yang bingung harus memilih produk yang mana, Anda sebagai pemilik usaha dapat memberikan masukan kepada mereka. Demikian juga pada saat pelanggan menyampaikan setiap keluhan terkait produk atau layanan jasa yang mereka beli dari Anda. 

Simak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Dengan sejumlah tips berkomunikasi dengan konsumen di atas, Anda bisa memiliki konsumen yang setia dan bukan tidak mungkin bisnis Anda akan lebih maju lagi nantinya, selamat mencoba. 
Related Posts