taupasar.com

we read, we create and we share it.

Bisnis Makin Sukses! Ikuti 7 Cara Meningkatkan Komunikasi pada Pelanggan

Bisnis Makin Sukses! Ikuti 7 Cara Meningkatkan Komunikasi pada Pelanggan

Tahukah kamu sukses atau tidaknya suatu bisnis ini bisa dilihat dari seberapa pelanggan yang membelinya. Jika pelanggan puas atas tawaran produk atau jasa kamu, hal ini bisa menjadi cikal bakal bisnis kamu makin sukses.
Cara Meningkatkan Komunikasi
Karena bisnis kamu telah dipercaya oleh para pelanggan, sehingga mereka tidak bakal pindah ke kompetitor lain. Namun, lain halnya jika bisnismu tidak bisa memuaskan pelanggan. Mau tidak mau kamu harus siap-siap cari cara agar pelanggan tidak kabur.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya sukses atau tidaknya usaha yang kamu rintis itu tergantung dari seberapa pelanggan yang membelinya. Maka tak heran, bagi pelaku bisnis pasti mencari tahu dulu bagaimana strategi marketing yang mereka gunakan untuk menggaet banyak pelanggan.

Selain memberikan produk atau jasa yang berkualitas, cara memuaskan pelanggan bisa dari pelayanan dan komunikasi. Komunikasi menjadi salah satu pondasi utama dalam bisnis agar bisa semakin berkembang, karena adanya komunikasi yang lancar dengan pelanggan.

Berkomunikasi dengan pelanggan sebenarnya bukan sekedar hanya menyampaikan informasi atau mempresentasikan produk. Akan tetapi, dengan berkomunikasi juga untuk mengetahui kepekaan perasaan konsumen melalui seni berkomunikasi yang benar.

Untuk mengetahui cara meningkatkan komunikasi pada pelanggan dengan menciptakan target penjualan produk agar bisa sesuai dengan keinginan pelanggan. Sayangnya, membangun komunikasi saja itu tidaklah cukup jika hanya berfokuskan pada menarik minat pelanggan. 

Maka dari itu, wajib bagi pelaku bisnis untuk memahami, bagaimana menjalin komunikasi yang sukses sehingga dapat mempengaruhi penjualan. Agar bisa terjalin hubungan dengan pelanggan, maka harus mengetahui dulu cara meningkatkan komunikasi pada pelanggan. Berikut pembahasannya.

7 Cara Meningkatkan Komunikasi pada Pelanggan

1. Berikan Kesan Baik

Hal pertama yang akan menarik perhatian pelanggan terhadap bisnis kamu adalah kesan baik yang diberikan. Kesan Baik bisa meliputi dari memberikan senyuman tulus, jujur, pakaian yang sopan, ketepatan waktu janji, jabat tangan yang hangat dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, dari kesan pertama inilah yang akan menentukan apakah pelanggan akan kembali datang atau tidak atas produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selain kata sapaan, memberikan senyuman juga dapat membuat kesan yang ramah dan nyaman untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Cobalah untuk menggunakan bahasa yang ramah, halus dan sopan terutama ketika menjelaskan produk pada pelanggan.

2. Hargai Pelanggan

Cara meningkatkan komunikasi pada pelanggan dengan menghargai setiap pelanggan yang datang pada usaha kamu. Penghargaan ini bisa meliputi mendengarkan permintaan pelanggan, menyambut pelanggan, menciptakan suasana menyenangkan.

Selain itu melayani para pelanggan dengan sabar, serta tidak membeda-bedakan status sosial pelanggan. Pelanggan yang dihargai pasti akan lebih bahagia dan menganggap bahwa bisnis kamu yang terbaik. Apabila pelanggan merasa puas karena dihargai, maka sudah pasti akan memberikan citra yang baik pada usaha kamu.

3. Selesaikan Percakapan yang Bermanfaat

Saat berkomunikasi dengan pelanggan, usahakan untuk menyelesaikannya dengan cara yang bermanfaat. Jika kamu menyelesaikan dengan terburu-buru, hal ini bisa mempengaruhi pengalaman pelanggan. Jadi tanyakan apa lagi yang mereka butuhkan, dan pastikan bahwa percakapan dengan pelanggan telah selesai.

Serta lihatlah mereka pergi apakah dengan perasaan senang dan puas, atau justru sebaliknya. Saat di akhir percakapan dengan pelanggan, beritahu mereka bahwa mereka dapat menghubungi jika ada pertanyaan lebih lanjut. Selain itu, sangat penting untuk menunjukkan rasa terima kasih kita kepada pelanggan yang telah mau berkomunikasi.

4. Membangun Komunikasi Personal

Sangat penting untuk mengetahui cara meningkatkan komunikasi pada pelanggan dengan membangun komunikasi personal. Perlu diperhatikan lebih dalam etika berkomunikasi personal dengan para pelanggan, selain menyebut Bu/Pak untuk kata sapaan.

Aka lebih bagus lagi jika kamu menyebut nama pelanggan sebagai bentuk penghormatan yang lebih personal. Pelajari juga bagaimana kebiasaan pelanggan dalam melakukan pembelian, seperti metode pembelian seperti apa yang disukai oleh pelanggan. 

Kebiasaan dalam pembelian bisa menjadi penghubung bagi pebisnis agar lebih mudah memahami bagaimana caranya mengawali pembicaraan dengan pelanggan.

5. Menggunakan Kalimat yang Mudah Dipahami dan Mendapatkan Kejelasan

Membiasakan diri dengan memberikan kalimat yang mudah dipahami merupakan salah satu cara meningkatkan komunikasi pada pelanggan. Dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami oleh pelanggan, membuat informasi bisnis kamu semakin mudah tersampaikan kepada mereka.

Sehingga kamu tidak perlu membuang waktu dan pelanggan pun tidak akan pusing dengan penjelasan yang disampaikan. Jika sudah begini pastinya tidak akan menimbulkan kesalahpahaman antara kamu dengan para pelanggan.

Karena apapun bentuk kesalahpahaman yang ada, hanya dapat diselesaikan dengan berkomunikasi antara kedua belah pihak. Jadi, komunikasikan permasalahan yang terjadi dengan kepala dingin, saat keinginan pelanggan tidak terpenuhi. Mungkin di awal akan terasa berat untuk dijalani, tapi kamu perlu ingat manfaat jangka panjangnya untuk bisnis kamu.

6. Dengarkan Pelanggan dengan Sungguh-sungguh

Hal ini lebih dari sekadar meminta masukan pelanggan saja, disini kamu harus mendengarkan apa keinginan pelanggan kamu. Apalagi sekarang sudah ada media sosial, kamu bisa melihat percakapan mereka mengenai apa yang pelanggan tentang produk, brand, atau jasa kamu.

Kamu juga dapat belajar banyak hanya memperhatikan apa yang dikatakan oleh orang-orang di sekitar kamu secara daring. Bagian ini sudah termasuk dalam kebutuhan pelanggan, kesulitan, daftar keinginan fitur, dan sentimen brand.

Selain itu kamu juga akan sadar diri untuk meningkatkan produk atau jasa yang ditawarkan ke pelanggan, sehingga para pelanggan tidak mudah ke lain hati.

7. Terbuka dan Jujur

Memiliki sikap yang terbuka dan jujur bisa menjadi salah satu cara meningkatkan komunikasi pada pelanggan. Menjelaskan tentang kebijakan yang dilakukan oleh bisnis sehingga bisa berkontribusi dalam pengalaman pelanggan.

Sudah memberikan ekspektasi yang jelas dari awal, sehingga baik pemberi maupun penerima yang komplain bisa bersama-sama memiliki tujuan yang sama. Sehingga bisa membuat keberhasilan yang lebih konkrit ketika kamu melayani pelanggan atas produk atau jasa yang telah ditawarkan.

Seperti pada situs, laman produk, hingga email konfirmasikan dengan mencantumkan secara jelas ketentuan kebijakan pengembalian. Kamu harus menjelaskan secara rinci mereka kenapa mereka tidak dapat melakukan pengembalian barang kepada pelanggan.

Karena syarat sudah diinformasikan dengan jelas selama proses pembelian produk, sehingga pelanggan tidak merasakan kecewa karena sudah tahu dari awal.

Simak sejumlah artikel tambahan berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai 7 cara meningkatkan komunikasi pada pelanggan agar usaha atau bisnis kamu semakin sukses. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menjadi referensi dan membantu kamu dalam meningkatkan bisnis, semoga sukses.
Related Posts