taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Contoh Perusahaan Merchandising Populer dengan Kesuksesannya

7 Contoh Perusahaan Merchandising Populer dengan Kesuksesannya

Perusahaan merchandising merupakan jenis perusahaan yang fokus pada penjualan produk fisik. Dalam hal ini terlibat dalam pembelian, penjualan, dan distribusi produk dari berbagai merek kepada konsumen akhir. Biasanya mereka sering memiliki keuntungan jumlah besar, berikut ini contoh perusahaan merchandising yang sukses karena strateginya
Contoh Perusahaan Merchandising
Perusahaan merchandising membeli produk dari distributor dengan harga grosir, kemudian menjualnya dengan harga eceran kepada konsumen. Selisih harga pembelian dan penjualan merupakan keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Anda dapat menjual berbagai jenis produk dari berbagai merek. Dengan begitu akan mudah menjangkau segmen pasar yang lebih luas dan memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.

7 Contoh Perusahaan Merchandising 

Berikut ini beberapa contoh perusahaan merchandising yang terkenal di seluruh dunia :

1. Walmart

Contoh perusahaan merchandising pertama yang populer di seluruh dunia yaitu Walmart. Perusahaan ini menawarkan berbagai produk, termasuk makanan, pakaian, elektronik, peralatan rumah tangga, produk kecantikan, mainan, peralatan olahraga, peralatan tukang, dan lain-lain.

Salah satu strategi Walmart yaitu menawarkan harga yang rendah kepada konsumen. Mereka menggunakan strategi penekanan biaya untuk untuk memastikan harganya kompetitif di pasaran.

2. Amazon

Amazon adalah perusahaan teknologi dan e-commerce terkemuka. Perusahaan ini dikenal sebagai platform e-commerce terbesar di dunia. Mereka menyediakan berbagai produk dari berbagai kategori, termasuk peralatan rumah tangga, buku dan lain-lain.

Amazon juga menghasilkan serangkaian perangkat elektronik, termasuk Kindle (Perangkat baca e-book), Echo (perangkat pintar yang diaktifkan suara dengan asisten virtual Alexa), Fire Tablet, dan Fire TV.

3. The Coca-cola Company

Contoh perusahaan merchandising yang sukses di seluruh dunia ketiga yaitu The Coca-cola Company. Siapa yang tidak tahu coca-cola, perusahaan minuman terkemuka ini begitu terkenal karena minuman yang berkarbonasi. Perusahaan ini juga menghasilkan berbagai merek minuman lain diantaranya Fanta, Sprite, Diet Coke, Honest Tea, dan lain-lain.

Strategi pemasaran Coca-cola dikenal karena kampanye pemasarannya yang kuat dan ikonik. Mereka menciptakan berbagai iklan yang terkenal sehingga berhasil membangun citra merek kuat. Coca-cola juga sering terlihat kemitraan dengan acara-acara olahraga, musik, dan hiburan yang membantu eksposur mereknya.

4. Procter & Gamble

Perusahaan multinasional ini bergerak dalam industri bahan konsumen. Beberapa produk Procter & Gamble menghasilkan berbagai produk konsumen seperti perawatan bayi, perawatan rumah tangga, dan perawatan kesehatan.

P&G memiliki fokus yang kuat pada inovasi untuk mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen. Mereka menginvestasikan sumber daya dalam penelitian dan pengembangan produk baru, bahan dan teknologi yang dapat meningkatkan kinerja serta keamanan produk mereka.

5. Nike

Nike terkenal karena desain dan produksi peralatan olahraga, pakaian dan juga sepatu. Mereka menawarkan berbagai produk jenis olahraga seperti sepak bola, basket, tenis, golf, dan lain-lain.

Nike terus mengembangkan kenyamanan dan keamanan dalam olahraga. Misalnya, dalam Nike Dri Fit untuk pakaian olahraga yang menyerap keringat. Disamping itu, perusahaan ini menjalin kemitraan dengan beberapa atlet terkenal untuk mengendorse produknya seperti Serena Williams, Cristiano Ronaldo, Michael Jordan dan masih banyak lagi.

6. Zara

Zara dikenal karena pendekatannya dalam fast fashion yaitu memproduksi produk baru dengan cepat ke pasar. Mereka memiliki siklus produksi yang singkat dengan tren terkini secara reguler. Hal ini memungkinan Zara untuk menghadirkan pakaian yang selalu up-to-date dengan tren mode terkini.

Keunikan lain dari perusahaan ini yaitu memiliki tim desain dan produksi internal. Mereka mempunyai fasilitas produksi di dekat pusat desain di Spanyol. Dengan beigtu mereka dapat memfasilitasi produksi secara langsung.

7. The Home Depot

The Home Depot menawarkan berbagai macam produk untuk perbaikan rumah, dekorasi dan kebutuhan taman. Mereka menyediakan segala hal mulai dari bahan bangunan, seperti kayu, cat, pipa, dan semen sampai peralatan tangan, peralatan listrik, pencahayaan, furniture, dan lain-lain.

Mereka salah satu perusahaan ritel terbesar di dunia dengan ribuan toko. The Home Depot memprioritaskan pelayanan pelanggan dan memiliki staf terlatih untuk memberikan bantuan dan saran kepada pelanggan tentang produk perbaikan rumah.

Ini dia informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah ketujuh contoh perusahaan merchandising. Kesimpulannya, dalam dunia bisnis, perusahaan merchandising perlu terus berinovasi dengan perubahan pasar, dan mengutamakan kepuasan pelanggan. Dengan begitu dapat mempertahankan keunggulan di industri merchandising.
Related Posts