Solikhah

CEO Taupasar.

Dasar – Dasar, Tujuan dan Aktifitas Merchandising yang Baik dalam Marketing

- taupasar.comDasar – Dasar, Tujuan dan Aktifitas Merchandising yang Baik dalam Marketing

Pernahkah sahabat berpikir mengapa di hampir seluruh supermarket terdapat beberapa brand membuat pajangan yang luas dan menarik? Tidak jarang pajangan itu terlihat mendominasi diantara produk atau brand lain. Dalam ilmu pemasaran hal tersebut sering kita sebut powerfull display.


Foto : Unilever

Apa dampak yang sebenarnya sedang diincar oleh pemilik brand atau produk dengan aktifitas tersebut? Sederhananya,apabila suatu produk ditempatkan dalam posisi yang lebih high traffic peluang untuk terjadinya transaksi penjualan itu lebih besar. Case tersebut adalah salah satu contoh bagaimana aktifitas merchandising dalam dunia marketing.

Baca juga : Pengertian Merchandiser Dalam Marketing Dan Job Deskripsinya

Penting bagi seorang marketer untuk mengetahui dasar dari merchandising agar salah satu tujuan utama marketing berupa penjualan bisa memiliki peluang lebih besar untuk berhasil. Berikut adalah beberapa aktifitas dasar yang sebaiknya dilakukan marketer dalam melakukan merchandising:

1. Pilih dan letakkan produk ditempat yang mencolok atau mudah dilihat

Pilihan tempat sangat mempengaruhi efek merchandising, dimana tempat terbaik adalah tempat dimana pelanggan dapat langsung melihat pajangan produk kita pada saat masuk ke toko. Pilihan tempat yang sesuai adalah dibelakang kasir dan harus pada tempat kategori produknya. Misalnya jika produk kita minyak goring maka harus pada rak minyak goreng. Hal ini disebabkan konsumen tidak mungkin mencari minyak goreng pada rak susu bayi.

2.Pajangan tersusun rapi dan sesuai dengan jenisnya

Pada saat memajang produk harus sesuai dengan jenisnya dan tidak tercampur dengan produk lain, misalnya untuk kemasan 200 gr harus sejenis semua, jangan dicampur dengan kemasan lain karena akan menghilangkan kesan mencolok selain memastikan pajangan produk tidak dalam keadaaan kosong.

3.Pajangan harus bersih


Foto : Kumparan

Konsumen pasti tidak akan membeli produk yang kotor maupun rusak, maka marketer harus memastikan produk seperti itu tidak ada dalam pajangannya.

4.Tempatkan aktivitas promosi dan harga

Tempatkan harga jual produk kita pada rak pajangan dan aktivitas promosi jikalau ada, kedua hal ini akan semakin meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk.

Sebagai informasi juga tujuan utama dari aktifitas merchandising adalah meningkatkan peluang membeli konsumen yang kebanyakan didasarkan oleh impulse. Pada saat ini memang sudah agak sulit karena perkembangan produk dan persaingan tidak sepadan dengan berkembangnya space di toko, selain hubungan baik antara salesman dengan pelanggan cara lain yang lebih ekstrem adalah dengan membuat kontrak space dengan pelanggan dan melakukan aktivitas display kontes.

Referensi : http://basic-salesmanship.blogspot.co.id/2008/09/dasar-merchandising.html
Editor : Sigit Ardho