Solikhah

CEO Taupasar.

Ledakkan Kenaikan Omset Penjualan dengan Kekuatan Visi



Apakah anda seorang pebisnis atau seorang salesman? Jika anda dalam usaha mengembangkan bisnis atau anda adalah salesman yang diberi tanggung jawab untuk sebuah area penjualan maka parameter paling fundamental adalah achievement dan growth (pertumbuhan). Dua parameter diatas adalah sebuah keniscahyaan yang diminta secara periodik dalam sebuah bisnis.


Foto : anotherindian.com

Akan tetapi dalam dunia penjualan, terkadang kita menjumpai keadaan pasar dalam kondisi mencapai titik jenuh, dimana penjualan kita rasanya terhambat pada satu titik dan tidak mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan lagi.

Jika hal ini terjadi maka sebaiknya anda mengambil waktu sebentar untuk berfikir langkah apa yang harus anda ambil. Tahap ini biasa kita sebut dengan penetapan visi. Tentu saja anda pasti menginginkan hal - hal yang ideal untuk penjualan anda seperti tambahan pelanggan, tambahan pemasukan, ekspansi ke daerah yang belum terjangkau atau ekspansi ke luar daerah baik regional maupun nasional. Terlihat sederhana tetapi hal ini dapat meledakkan pertumbuhan penjualan anda pada masa yang akan datang jika dilakukan dengan sungguh – sungguh.

Bagaimana kita menggunakan kekuatan visi agar sesuai dengan bisnis kita, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita pakai untuk memanfaatkan kekuatan visi :

1. Tuliskanlah dengan jelas Visi anda


Foto : rd.com

Tuliskan hal - hal ideal apa yang ingin anda raih,Hal ini bisa saja dengan mengembangkan usaha dengan membuka 5 kantor cabang atau membuat franchise bagi perusahaan anda bagi pemilik bisnis. Sedangkan bagi salesman yang bekerja bisa saja memimpikan agar semua toko di area penjualan anda menjual produk anda. ingatlah apa yang kita inginkan itulah yang kita dapatkan. tuliskan saja semua hal dan buatlah daftar atas semua keinginan anda

2. Buatlah Statement atas Visi

Setelah mendapatkan visi yang ideal, maka langkah berikutnya adalah menuliskan statement visi anda. Hal ini dilakukan agar anda selalu termotivasi untuk mencapai tujuan anda setiap hari dengan melihat statement visi tersebut. Buatlah statement Visi yang realistic yang akan dicapai pada masa yang akan datang seperti 1,3,5 atau sepuluh tahun lagi.

3. Pecahkan Visi dan buatlah Target Pencapaian

Setelah mendapatkan statement visi yang tepat, maka langkah berikutnya menciptakan langkah - langkah untuk mencapai visi tersebut dan mejadikannya target yang harus dicapai setiap minggu, bulan atau tahunnya. Buat maksimal Tiga sampai Lima saja target yang harus dicapai dan harus realistis dapat diukur secara quantitas misalnya untuk tahun pertama saya akan membuka cabang di jalan A. Yani kemudian tahun kedua di Jl. Sudirman dan seterusnya atau membuat semua toko yang bentuknya warung menjual produk saya kemudian tahun berikutnya semua toko yang berbentuk supermarket bagi salesman.

4. Buat Review atas Statement Visi kita setiap tahunnya.

Lihat Visi anda dan seberapa dekat anda dengannya setiap tahun, Ingat sekali kita punya visi yang baik maka kita harus berusaha sekuat tenaga agar visi kita tercapai. Semakin dekat kita dengan visi kita semakin tinggi motivasi kita untuk meraihnya. Jika ternyata kita diam di tempat atau bahkan semakin jauh, ada baiknya kita merevisi visi kita tersebut baik deri segi waktu ataupun jumlah.

Dengan menerapkan kekuatan Visi ini, kita akan selalu maju ke depan dengan efektif. Bisnis tidak akan pernah tumbuh jika kita tetap melakukan hal yang sama dan bisnis tidak akan pernah tumbuh secara fantastis jika kita tidak menginginkannya. Selalu berfikir atas hal - hal yang besar karena dengannya semua usaha dan fikiran kita akan mengarah untuk mewujudkannya.