taupasar.com

we read, we create and we share it.

Pentingnya Product Knowladge Bagi Salesman Dalam Marketing


Pengetahuan atas produk jelas sangat dibutuhkan salesman sebagai modal utamanya dalam melaksanakan aktivitasnya sehari – hari. Semakin dalam pengetahuan salesman atas produk yang dibawanya akan memudahkan dalam proses penjualan produk ke pelanggan, dimana kunci suksesnya adalah menghubungkan produk dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.


Foto : www.instructionaldesignninja.com

Berikut adalah point dari pengetahuan produk yang sebaiknya dimiliki oleh salesman:

1. Feature dari produk

Hal pertama yang diberikan adalah feature produk seperti bentuk dan kemasan produk, variasi atau range SKU serta hal lain yang berkaitan dengan feature seperti rasa apabila produk berupa makanan atau minuman atau komponen produk untuk produk elektronik dan umur dari produk.

2.Manfaat / Kegunaan Produk

Setelah mengetahui feature, hal kedua adalah manfaat dari produk seperti friendly user atau penggunaan high end technology untuk computer dan hand phone, kandungan gizi yang lebih baik untuk produk makanan dan minuman serta safety untuk produk kendaraan bermotor.

3. Keuntungan dalam menjual produk.

Hal ketiga menyangkut harga. Dalam point ini informasi yang diberikan menyangkut harga jual dan harga beli pelanggan sekaligus memberikan margin yang diterima pelanggan termasuk program promosi yang sedang dijalankan berkaitan dengan produk. Paket total dari semua hal tersebut merupakan keuntungan total bagi pelanggan dalam menjual produk yang dibawa salesman.

4. Product Nature

Semua produk memiliki nature sendiri. Yang dimaksud dengan produk nature adalah tipe pelanggan paling potensial dalam menjual produk, target segmen konsumen serta mekanisme pasar yang tercipta dalam penjualan produk termasuk flow yang dilalui produk dari salesman sampai kepada konsumen akhir.

5. Product Handling

Penanganan produk sangat penting dalam penjualan karena konsumen dan pelanggan tidak akan bersedia menerima produk dalam keadaan rusak atau cacat. Dengan pengetahuan yang cukup, salesman dapat memberikan saran bagi pelanggan atas penanganan produk di gudang pelanggan dan selama proses delivery dari gudang perusahaan ke toko pelanggan.


Foto : www.volusion.com

Dasar dari product knowledge yang dibagi dalam lima point diatas akan memberikan gambaran secara total atas produk, Salesman harus benar – benar menguasai dasar ini sebelum maju ke pasar dan menjual produk, setelah memiliki penguasaan yang cukup maka tugas berikutnya adalah menghubungkan semua kelebihan dan manfaat serta potensi dari produk terhadap kebutuhan dan keinginan setiap pelanggan yang dimilikinya.
Related Posts