Solikhah

CEO Taupasar.

Kunci Sukses Membangun Pasar B2B Dalam Pemasaran



Dalam dunia usaha ada dua macam bisnis yaitu B2B atau bisnis to bisnis yaitu dimana perusahann menjual produk atau jasa kepada perusahaan lain dan yang kedua adalah B2C atau bisnis to consumer dimana perusahaan menjual barang atau jasa kepada konsumen langsung.

Dalam dunia usaha, B2B adalah bisnis yang cukup rumit, pada bisnis model ini persaingan harga cukup rentan terjadi yang berakibat pada tipisnya profit margin dari pengusaha.


Foto : ecbila.com

Untuk mengatasi hal tersebut maka strategi pemasaran yang sesuai adalah dengan menawarkan nilai pada pelanggan disamping harga. Pembeli di sektor bisnis tentu saja mengutamakan kualitas dan bagaimana produk yang ditawarkan oleh penjual memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

berikut adalah strategi yang sebaiknya digunakan oleh pemasar dalam B2B untuk lebih menawarkan nilai dibandingkan harga :

1. Tawarkan nilai pada pelanggan

Para pemasar sebaiknya lebih menekankan pada nilai yang ditawarkan oleh produknya. Pertama tentu saja kita harus melihat kebutuhan dan keinginan dari pelanggan kita dan mencocokkan hal tersebut dengan keunggulan yang dimiliki oleh produk kita.

2. Berikan Layanan Berkualitas

Yang dimaksud layanan berkualitas adalah pengantaran barang yang tepat waktu,produk yang diberikan juga sesuai dengan pesanan serta memberikan garansi pada setiap produk kita apabila terjadi kerusakan yang disebabkan oleh team kita. Hal ini akan memberikan rasa nyaman bagi pembeli dalam melakukan bisnis dengan kita

3. Jaga hubungan Baik secara kontinyu

Baik pembeli sudah melakukan transaksi atau pun belum, kita harus pastikan baik kita maupun team kita tetap membina hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan informasi terbaru seputar bisnis yang pelanggan geluti sampai dengan memberikan ucapan selamat atas peristiwa menyenangkan yang dialami pelanggan.


Foto : talentculture.com

Dengan melakukan 3 strategi pemasaran di atas, bisnis B2B akan lebih sehat dimana jika pelanggan sudah merasa nyaman untuk berbisnis dengan kita maka harga tidak akan menjadi masalah lagi. Mungkin ada waktu saat pelanggan menanyakan harga pesaing yang jauh dibawah harga kita, dan hal ini dapat kita jelaskan dengan menekankan kembali nilai - nilai yang ada pada produk kita dibandingkan pesaing.