taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ini 7 Ecommerce Asli Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

Ini 7 Ecommerce Asli Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

Perkembangan zaman menghasilkan peningkatan penggunaan teknolgi. Salah satu hasil perkembangan teknologi zaman sekarang yakni semua kegiatan berbelanja menggunakan internet. Saat ini, Anda bisa belanja hanya mengandalkan Hp saja. Misalnya berbelanja dengan melalui fitur di e commerce atau market place.
Ecommerce Asli Indonesia
Istilah market place tentu bukan hal asing lagi saat ini. Baik usia dewasa maupun anak-anak dan orang tua saat ini rata-rata sudah mengenal beberapa paltform belanja online. Tidak hanya mengenal kebanyakan mereka juga menjadi penggunanya. Di bawah ini beberapa e commerce asli Indonesia yang dikenal banyak oleh masyarakat. 

E Commerce Asli Indonesia 

Meningkatnya pengguanaan Handphone dan internet membuat peluang bisnis semakin luas. Salah satu bisnis yang mejanjikan saat ini adalah membuka toko online di e commerce pilihan. Berikut di bawah 7 Ecommerce asli Indonesia.

1. Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu e commerce asli Indonesia yang berada dibawah naungan PT Tokopedia. Pendirinya sendiri adalah William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Semenjak diluncurkan tahun 2009 memiliki pertumbuhan bisnis yang sangat pesat. 

e commerce yang satu ini pernah mendapati rangking pertama dalam banyaknya jumlah pengunjung pada tahun 2021 menurut SimiliarWeb. Jumlah pengunjung yang pernah diraihnya pun mampu mengalahkan Shopee dan lainnya, jumlahnya mencapai 129,1 juta pengunjung.

2. Matahari Mall

Selain Tokopedia, e commerce asli Indonesia salah satunya adalah Mataharimall.com yang didirikan tahun 2015. Hingga akhirnya berubah menjadi Matahari.com. Perusahaan yang berada dibawah naungan Matahari Departement Store dan Lippo Group ini berfokus bisnis dibidang fashion dan elektronik.

3. Tokobagus

Platform toko online yang cocok buat pebisnis selanjutnya adalah Tokobagus.com. e commerce yang lebih agresif ini adalah pelayanan iklan baris yang dialihkan ke digital. Tokobagus saat ini sepenuhnya menjadi milik seorang investor bernama Naspers. Saat ini pun namanya berubah menjadi OLX dan berhasil masuk ke beberapa negara. 

Pergantian nama Tokobagus menjadi OLX Indonesia ini pada tahun 2014 yang fokus menjual beli mobil bekas. Dulunya bernama Belimobilgue.com menjadi OLX Autos. Olx Autos ini merupakan platform baru seperti e commerce lainnya, namun yang satu ini tidak mampu bersaing dan bertahan, hingga berubah fokus yang tadinya model iklan baris mengikuti yang lain dengan fokus menjual mobil bekas. 

4. Bukalapak

Platform lain yang menyediakan Anda untuk membuka toko online adalah Bukalapak. e commerce yang satu ini didirakan oleh Achmad Zaky Syafuddin, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono pada tahun 2010. Pemegang saham utamanya sendiri yakni PT Elang Mahkota Teknologi TBK (Emtek), GIC Singapura dan Ant Financial. 

Bukalapak hingga sampai saat ini memiliki jumlah rata-rata bulanannya mencapai 33,16 juta, lebih dari 90 juta lebih pengguna, 6 juta pelapak dan 5 juta lebih mitra. Perusahaan ini juga telah melakukan IPO dengan kode BUKA dan berhasil menyandang status unicorn.

5. Blibli

E commerce besar lainnya adalah Blibli yang didirikan pada tahun 2011 di bawah naungan PT Global Digital Niaga. Pendiri sekaligus CEO perusahaan ini bernama Kusumo Martanto. Sedangkan pemiliknya bernama Martin Hartono anak dari pemilik Djarum Group Budi Hartono. e commerce yang satu ini tercatat memiliki 17 juta pengunjung setiap bulannya. 

6. Qlapa

Perusahaan e commerce asli Indonesia yang selanjutnya adalah Qlapa yang fokus menyediakan produk karya seni dan cenderamata. Namun e commerce ini resmi ditutup pada tahun 2019 karena tidak mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

7. Elevenia

Persaingan bisnis di dunia e commerce masih terus meningkat. Salah satu perusahaan yang pernah berjaya namun akhirnya tutup adalah Elevenia. Perusahaan ini merupakan salah satu marketplace B2B Indonesia yang didirikan pada tahun 2013. 

Perusahaan yang merupakan hasil dari patungan antara perusahaan asal Korea Selatan dan XL Axiata ini bernama PT XL Planet. Tetapi pada tahun 2017 perusahaan ini resmi dijual pada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd yang merupakan milik Grup Salim.
Dapatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 7 e commerce asli Indonesia yang wajib kamu tahu. Bangga bahwa Indonesia tidak pernah kalah saing dengan negara lain dalam memanfaatkan teknologi saat ini. Terbukti ada banyaknya e commerce yang didirikan oleh orang Indonesia, meskipun ada beberapa yang akhirnya resmi ditutup. 
Related Posts