taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 6 Kelebihan Bisnis Digital yang Harus Semua Pengusaha Tahu

Inilah 6 Kelebihan Bisnis Digital yang Harus Semua Pengusaha Tahu

Perubahan teknologi kearah digital menimbulkan fase baru pada revolusi industri secara besar-besaran. Fase industri 4.0 lebih menikberatkan pada real-time data, otomatisasi, interkonektivitas, otomatisasi dan machine learning. Saat ini setiap bidang, kantor, pemerintahan dan lainnya termasuk dalam dunia bisnis pun menggunakan teknologi digital yang lebih layak digunakan saat ini. 
Kelebihan Bisnis Digital
Fase baru ini biasa disebut dengan Industry Internet of Thigs atau disingkat IIoT. Industri 4.0 ini menggabungkang produk secara fisik dan digital. Yakni big data dan machine learning yang membuat suatu lembaga ataupun perusahaan lebih terhubung. Dan hal ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Berikut di bawah ini 6 kelebihan bisnis digital yang harus Anda tahu. 

6 Kelebihan Bisnis Digital 

Pesatnya perkembangan teknologi digital menghasilkan hadirnya bisnis online yang semakin menjamur. Bisnis online ini sampai bisa sedikit menggeser bisnis offline. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya kegiatan bisnis dan berbelanja dengan digital. 

Hanya dengan memanfaatkan teknologi dan komputerisasi membuat kegiatan bisnis menjadi lebih mudah dilakukan. anda bisa lebih leluasa memantau dan menjalankan bisnis dari mana saja. Alat yang digunakanpun hanya mengandalkan hp dan internet. Selain itu masih banyak lagi kelebihannya yang harus Anda tahu, berikut di bawah ini 6 kelebihan bisnis digital.

1. Tidak Perlu Menyiapkan Lahan Usaha

Kelebihan pertama yang pasti membedakan bisnis online dari bisnis offline adalah tidak perlu menyiapkan lahan usaha. Hanya memanfaatkan media sosial Anda sudah bisa membuka usaha dengan mangandalkan digital saja. Dari media sosial Anda sudah bisa langsung melakukan promosi dan transaksi. 

Media sosial yang bisa Anda gunakan diantaranya Facebook, Instagram, Tiktok dan Twitter. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan marketplace atau toko online seperti Tiktok shop, Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Anda bisa bertransaksi dengan pelanggan sambil bersantai di rumah. 

2. Modal Lebih Minim

Modal adalah hal pertama yang harus Anda siapkan ketika akan memulai bisnis. Termasuk ketika akan memulai bisnis digital. Hanya seja memulai bisnis secara online akan membutuhkan modal yang lebih minim. Saat ini, bahkan Anda bisa memulai bisnis hanya bermodalkan hp dan kuota saja.  Misalnya dengan menjadi dropshiper

Bisnis online dengan dropshiper memudahkan Anda untuk memulai bisnis online. Anda tidak perlu menyiapkan produk terlebih dahulu, karena produk yang dibeli pelanggan langsung dikirim dari produsennya. Selain itu, jika Anda memiliki modal lebih banyak, Anda bisa memulai usaha menjadi reseller dengan menyiapkan sedikit produk untuk contoh jualan.

3. Otomatisasi Membuat Produktivitas lebih efisien

Salah satu kelebihan bisnis digital yang harus Anda tahu adalah adanya otomatisasi dalam pengumpulan data sehingga membuat produktivitas lebih efisien.  Anda juga dapat memproses semua kegiatan pelayanan pelanggan dari proses pesanan hingga pengiriman hanya dengan satu platform saja. 

4. Dapat Menjual Produk yang variatif dan Menjangkau Lebih Luas

Di toko online Anda bisa menjual produk yang lebih variatif hanya dengan satu toko online saja. Misalnya Anda akan menjual pakaian, Anda bisa menjual pakaian anak-anak, dewasa, hingga pakaian muslim dan peralatan ibadah, selain itu dalam satu toko tersebut Anda bisa menjual peralatan dapur dan mainan anak. 

Selain itu, menjual berbagai produk variatif di toko online membuat jangkauan target jualan Anda lebih luas. Anda tidak hanya dapat menjual dari berdasarkan berbagai gender dan usia dalam satu daerah. Melainkan Anda bisa mencapai ke berbagai kota dan negara. Peluang menghasilkan cuan pun lebih besar. 

5. Lebih Mudah dan Fleksibel

Kelebihan lain dalam bisnis digital adalah lebih mudah dan fleksibel. Anda bisa membuka toko kapan saja, meskipun pelanggan bisa melakukan transaksi ketika Anda belum membuka toko online Anda.  selain itu dalam operasionalnya pun lebih mudah karena hanya mengandalkan hp dan kuota saja. Sehingga Anda bisa melakukannya dimana saja. 

6. Komunikasi dan Manajemen yang Lebih Gampang

Komunikasi melalui digital membuat konsumen lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan mengenai bisnis Anda. Perusahaan dengan konsumen bisa mudah saling terhubung kapan saja dan dimana saja.  Selain itu manajemen bisnis pun bisa terintegarasi dalam satu tempat, sehingga Anda bisa mudah mengontrol bisnis Anda. 

Dapatkan indoemasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





6 kelebihan bisnis digital di atas wajib diketahui oleh semua pengusaha baik yang serius di offline maupun online. Perkembangan teknologi ini harus bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan value dan keuntungan dari bisnis Anda. 
Related Posts