taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Skill Ini Wajib Kamu Miliki dalam Bisnis Ekonomi Digital

5 Skill Ini Wajib Kamu Miliki dalam Bisnis Ekonomi Digital

Kehadiran teknologi dalam kehidupan manusia membuat peradaban ikut berubah untuk menyesuaikan adanya perkembangan zaman. Seperti yang telah kita rasakan saat ini adanya bisnis ekonomi digital membuat kegiatan keseharian kita semakin mudah dan lebih praktis.
Bisnis Ekonomi Digital
Salah satu contoh yang banyak diterapkan masyarakat yaitu tidak perlu ke pasar untuk berbelanja karena bisa dilakukan secara online. Membahas tentang bisnis ekonomi digital pastinya kamu mengetahui bahwa bentuk bisnis ini mengandalkan internet atau Artificial Intelligence (AI). 

Makanya, kehadiran bisnis ekonomi digital bisa membuat seseorang menghasilkan banyak uang dengan mudah dan juga fleksibel. Tentu saja hal ini tidak hanya menguntungkan bagi pelaku bisnis ekonomi digital saja, para konsumen pun juga merasakan manfaatnya.

Bukan tanpa alasan bisnis ekonomi digital mampu mengubah pola bisnis, yang semulanya serba manual berubah kini menjadi serba praktis dan otomatis. Menjalankan bisnis ekonomi digital biasanya mengangandalan sistem untuk  menjalankan usahanya, tidak perlu memerlukan tenaga fisik yang ekstra.

Contohnya kamu tidak perlu membangun toko fisik yang besar karena untuk menjual bisnis kamu bisa dilakukan secara online, salah satunya melalui marketplace. Karena berbasis online, sistem pembayaran pun juga dilakukan hanya dengan memanfaatkan smartphone saja tanpa perlu tatap muka.

Maka dari itu, kehadiran bisnis ekonomi digital membuat adanya perkembangan perekonomian di Indonesia. Perlu diketahui bahwa bisnis ekonomi digital memiliki perbedaan dengan bisnis konvensional, berikut ini karakteristik ekonomi digital.
  • Pengetahuan (Knowledge)
  • Serba digital (Digitalization)
  • Serba virtual (Virtualization)
  • Menjadi molekul kecil (Molecularization)
  • Terintegrasi (Integration/ Internetworking)
  • Tanpa perantara (Disintermediation)
  • Menyatu (Convergence)
  • Penuh inovasi (Innovation)
  • Produsen sekaligus konsumen (Prosumption)
  • Serba seketika (Immediacy)
  • Mendunia (Globalization)
  • Perpecahan (Discordance)
Apa saja manfaatnya dari bisnis ekonomi digital bagi masyarakat? Berikut ini beberapa manfaat dari ekonomi digital.

1. Membuat Lapangan Kerja

Banyaknya pengangguran saat ini karena diakibatkan kurangnya lapangan kerja, maka tak heran banyak dari mereka rela melakukan apa saja asal bekerja. Maka dari itu, untuk mengurangi angka pengangguran tersebut. Menjalani bisnis ekonomi digital bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan uang.

2. Bisa Meluaskan Bisnis bagi Pelaku UMKM

Selain untuk perseorangan, siapa sangka manfaat bisnis ekonomi digital juga bisa dirasakan bagi pemilik bisnis UMKM. Ya, dengan adanya perekonomian digital ini, bisa memberikan peluang UMKM untuk menembus pasar global lebih mudah. 

Perkembangan teknologi ini memungkinkan bisa membuat produk ekonomi dipasarkan dalam negeri bahkan hingga ke luar negeri.

3. Menghemat Waktu dan Biaya

Manfaat lainnya yaitu bisa memesan dan membayar dari rumah dan kamu tinggal menunggu saja. Hal ini tentu saja akan menghemat waktu dan biaya.

4. Menyediakan Informasi Lebih Luas

Ekonomi digital akan membuat konsumen bisa mengetahui lebih banyak informasi dan pilihan. 
Selain itu, mereka akan lebih mudah untuk mencari merk terbaik yang diinginkan serta bisa membandingkan harga dari satu toko dengan toko lain.

5. Mengurangi Hambatan

Tahukah kamu, bisnis ekonomi digital mampu memudahkan bagi perusahaan baru untuk masuk dalam berbisnis. Apalagi jika kamu mempunyai ide inovatif yang menarik, dan bisa bisa menciptakan produk baru yang menantang perusahaan tradisional. 

Kehadiran ekonomi digital pastinya akan membawa layanan baru yang tidak terbayangkan sebelumnya.
Bisa dimulai dari layanan pesan antar ke rumah untuk bahan makanan bahkan untuk aplikasi kencan.

Contoh dan Peluang Bisnis Ekonomi Digital

1. Bidang Kesehatan

Kehadiran bisnis ekonomi digital akan membuat masyarakat Indonesia mulai berpindah menggunakan layanan kesehatan secara online. Adanya layanan online, seluruh waktu tunggu pasien akan terpangkas tanpa perlu membuang waktu untuk mengantre saat membeli obat di kasir.

2. Bisnis Perbankan

Perkembangan marketplace karena adanya bisnis ekonomi digital tentunya perlu menyediakan layanan digital banking untuk sistem pembayarannya. Perkembangan kegiatan online bank saat mengaplikasikan layanan digital banking  meningkat hingga 88% berdasarkan laman resmi fitchratings.

Maka tidak heran, jika saat ini bidang perbankan berlomba-lomba mengembangkan digital banking. Karena bisa memberikan kemudahan.

3. Bisnis Transportasi

Bisnis ekonomi digital bisa membuat transportasi menjadi bisnis berbasis online yang lebih  menjanjikan. Terdapat 43% pencarian travel dan logistik di halaman pencarian Google pada tahun 2018 berdasarkan riset yang dilaporkan dalam laman financeonline. Sekitar 21,7 juta masyarakat Indonesia bahkan lebih memanfaatkan layanan bike sharing di tahun 2020.

Ini 5 Skill yang Perlu Kamu Miliki dalam Bisnis Ekonomi Digital

1. Big Data

Bisnis ekonomi digital perlu memiliki skill terkait big data, agar bisa tahu situasi pasar dan mendapatkan insight untuk berbagai keputusan bisnis. Orang yang ahli dalam urusan big data akan mendapatkan informasi dengan cara mengidentifikasi, mengumpulkan, dan menganalisis data. Setelah pengolahan data dilakukan, membuat visualisasi data agar dapat dipergunakan untuk mendasari segala keputusan bisnis.

2. Coding

Coding merupakan salah satu skill yang memiliki nilai jual yang baik di industri bisnis digital ekonomi. Sehingga kamu bisa melakukan banyak hal. Selain itu, kamu juga bisa menduduki posisi lebih baik atau menerima upah lebih besar jika memperdalam skill ini atau menggabungkannya dengan skill lain.

3. Desain

Skill yang perlu kamu miliki dan tidak kalah bernilai dalam industri bisnis ekonomi digital adalah memiliki skill desain. Memiliki skill desain dapat dipergunakan untuk membuat konten visual sehingga kamu dapat mengkomunikasikan pesan tertentu.

4. Digital Marketing

Memiliki skill digital marketing akan membantu upaya dalam pemasaran produk bahkan menjaga nilai perusahaan di ranah digital. Beberapa digital marketing yang sering dimanfaatkan antara lain social media, mobile apps, search engine, dan email.

5. Mobile App Development

Memiliki skill mobile app development membuat kita bisa mengakses aplikasi Spotify dan Netflix. Beberapa skill penting yang perlu pelajari sejumlah bahasa pemrograman, menguasai beberapa platform development, dan backend computing.

Skill tersebut bisa disempurnakan lagi dengan mempelajari quality assurance dan business knowledge dalam bisnis ekonomi digital. Jika kamu berencana untuk mengembangkan karir hingga di naik posisi supervisor, manajerial, ataupun lebih tinggi lagi.

Membuat kehidupan sehari-hari masyarakat berubah, dari yang serba manual menjadi yang serba digital. Sehingga hal inilah yang membuat berbagai kehidupan masyarakat kini lebih cepat dan praktis.
Tak heran Bisnis ekonomi digital merupakan salah satu dampak dari perkembangan dari teknologi yang tidak bisa kita elakkan maupun dihindari.

Maka dari itu, terus menantang diri agar bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini dan perubahan yang akan terjadi di masa depan.

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai bisnis ekonomi digital serta 5 skill yang harus kamu miliki jika ingin menekuni jenis bisnis ini. Semoga bermanfaat dan sukses selalu ya.
Related Posts