taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Jenis Bisnis Dibidang Digital Paling Menguntungkan Tahun 2023

7 Jenis Bisnis Dibidang Digital Paling Menguntungkan Tahun 2023

Bisnis digital merupakan salah satu jenis bisnis jasa menggunakan kecanggihan teknologi saat membuat atau pemasaran suatu produk. Bisnis digital tidak melulu berkaitan dengan penjualan suatu produk tanpa ada wujudnya saja seperti software
Jenis Bisnis Dibidang Digital
Selain itu, bisnis digital tidak hanya membahas tentang produk fisik yang diproduksi dalam bentuk digital misalnya seperti ebook. Jadi dapat disimpulkan, bisnis digital merupakan jenis usaha yang penjualan produknya dilakukan secara online, baik itu melalui website maupun aplikasi.

Saat ini perkembangan bisnis digital di Indonesia begitu cepat, membuat setiap pengusaha harus mampu beradaptasi dan menemukan peluang baru. Menjalankan bisnis digital menjadi pilihan yang sangat menjanjikan, mengingat saat ini teknologi semakin canggih dan mutakhir.

Keuntungan Bisnis Digital

1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Bisnis digital bisa menjangkau konsumen dan target pasar yang lebih luas. Karena tidak terbatas wilayah dan waktu. Dengan bisnis digital, kita bisa bertransaksi dengan klien yang berada di belahan dunia, selama masih tersambung dengan internet. 

2. Modal Tidak Harus Besar

Menjalankan bisnis digital, kita tidak peelu memulainya dengan modal yang besar. Dengan modal seminim mungkin pun bisa. Asalkan kita punya sambungan internet dan gadget untuk operasional. Sehingga tidak perlu sewa tempat atau kios.

3. Mendorong Inovasi

Adanya bisnis digital membuat terbukanya pasar yang luas, sehingga mengharuskan kita untuk selalu berinovasi. Tanpa adanya inovasi dalam berbisnis, produk atau layanan yang kita tawarkan ke publik bisa kalah karena pesaing lain.

4. Lebih Banyak Alternatif untuk Konsumen

Dalam bisnis digital pasti membuat beragamnya inovasi yang dilakukan agar konsumen memiliki lebih banyak alternatif. Bahkan dulu yang kebutuhannya tidak tersedia secara komersil, sekarang justru tersedia, jastip untuk konsumen yang berada jauh dari supplier.

Jenis Bisnis Dibidang Digital yang Harus Kamu Tahu

1. Brokerage/Marketplace

Jenis bisnis dibidang digital yang menghubungkan penjual dan pembeli pada satu tempat adalah brokerage atau  disebut marketplace. Akan mendapatkan keuntungan dari biaya layanan penggunaan platform, komisi penjualan, maupun jasa iklan untuk penjual.

Jenis bisnis dibidang digital ini mengarahkan berbisnis untuk mengumpulkan penjual dan pembeli yang banyak. Contohnya yang paling umum sedang berkembang di Indonesia seperti: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya.

2. E-commerce

Berbeda dengan jenis bisnis dibidang digital marketplace yang bisa melalui dua sisi, E-commerce hanya bisa melalui pendekatan dari satu sisi saja. Jadi, tidak ada pihak ketiga yang memperjualbelikan barangnya melalui platform atau perusahaan hanya menjual produk mereka sendiri.

Contoh e-commerce dalam bisnis digital adalah Amazon, dan website milik retail pakaian yang memungkinkan pelanggan memesan langsung dari website tersebut.

3. Subscription

Jenis bisnis dibidang digital selanjutnya merupakab subscription, yang memiliki sistem berlangganan produk dalam kurun waktu yang telah ditetapkan. Biasanya pengguna akan membayar biaya berlangganan untuk bisa mendapatkan konten yang sudah ditawarkan. Contoh Netflix atau Disney+.

4. Advertising

Dalam bisnis digital, seringkali pemilik media mempunyai bisnis advertising untuk menyediakan iklan langsung ke platformnya. Jenis bisnis digital ini mendapatkan keuntungan dari persentase komisi menjual iklan, atau biaya iklan jika memiliki platform media.

Advertising mengandalkan banyaknya pengguna yang bisa diberi iklan oleh para pemasang iklan. Contoh Google Ads, Facebook Ads, Shopee Iklanku.

5. Utility/On-demand

Jenis bisnis dibidang digital ini membebankan biaya sesuai layanan yang digunakan. Contohnya Gojek dan Grab.

6. Ad-supported

Jenis bisnis dibidang digital ini biasanya diterapkan oleh media sosial yang penggunanya tidak perlu membayar biaya langganan. Meskipun tidak membayar, media sosial tetap mendapatkan pemasukan dengan adanya ad-supported.

Mereka akan mendapat keuntungan dari iklan, sponsor, dan promosi yang ditayangkan melalui platform media sosial tersebut.

7. Affiliate

Affiliate menawarkan produk yang dimiliki oleh perusahaan lain, dengan keuntungan berupa persentase jika terjadi penjualan. Jenis bisnis dibidang digital ini tidak membayar komisi apapun jika tidak ada penjualan atau aksi konversi apapun yang terjadi.

7 Contoh Jenis Bisnis Dibidang Digital Menguntungkan Tahun 2023

1. YouTuber

Menjadi seorang Youtuber merupakan salah satu jenis bisnis dibidang digital yang bisa menghasikan uang dalam jumlah banyak. Ria Ricis dan Atta Halilintar pemilik subscriber terbanyak di Indonesia, mendapatkan penghasilan dari hasil konten yang menarik di akun Youtubenya.

2. Konsultan Digital Marketing

Kini kegiatan pemasaran memang banyak menggunakan teknologi digital, yang dikenal digital marketingUntuk menjalankan bisnis digital sebagai konsultan digital marketing, pastikan kamu sudah memiliki keahlian khusus dan memahami cara kerja digital marketing.

3. Bisnis Afiliasi

Melalui program bisnia afiliasi, membuat semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak juga sumber pendapatan yang bisa diperoleh. Jenis bisnis dibidang digital ini sejatinya memasarkan suatu barang atau produk milik orang lain dengan imbalan komisi apabila produk tersebut terjual.

Biasanya kamu akan mendapatkan kode referral yang digunakan ketika calon customer membeli produk yang kamu jual.

4. Jasa Design Website

Melakukan pemasaran digital melalui website juga menjadi salah satu cara yang banyak diminati saat ini. Kamu bisa memanfaatkan potensi ini dengan membuka jasa design website yang tujuannya untuk membantu meningkatkan penjualan.

Situs web yang hebat sekaligus menjadi saluran komunikasi, alat pemasaran, portofolio, platform toko, dan juga meningkatkan brand perusahaan sendiri. Oleh karena itu, sebagai seorang designer website akan sangat dibutuhkan dalam upaya mewujudkan itu semua.

5. Menjadi Reseller & Dropshipper

Peluang bisnis sebagai reseller ataupun dropshipper banyak digemari orang. Maka tak heran, bisnis ini di tiap tahunnya selalu banyak peminatnya. Karena pekerjaannya yang mudah untuk berkomunikasi sehingga dengan mudah membangun bisnis digital hanya bermodalkan smartphone saja.

Kemudian, produk-produk yang akan dijual untuk dipromosikan di internet baik dengan teknik organik ataupun berbayar.

6. Freelancer

Jenis bisnis dibidang digital menjadi seorang freelancer memang membutuhkan usaha ekstra, apalagi ketika mencari klien. Meskipun begitu, kamu bisa mengembangkan sistem lebih dari sebelumnya dengan membentuk sebuah agensi. 

Kamu juga dapat menawarkan jasa di bawah naungan nama agensi tersebut, sehingga klien lebih percaya. Karena mereka bekerja sama dengan sekumpulan orang yang memiliki keterampilan di bidangnya masing-masing.

7. Jasa Penerjemah Online

Apakah kamu ahli dalam berbahasa asing? Jika iya, jenis bisnis dibidang digital sebagai jasa penerjemah online bisa menjadi pilihan. Dalam menjalankan bisnis ini, kamu dapat merekrut orang-orang yang berkompeten untuk bisa diajak bekerja sama, sehingga cakupannya jadi semakin luas. 

Bagi kamu yang tertarik jenis bisnis dibidang digital ini, jauh lebih baik mengambil sertifikasi bahasa ataupun sertifikasi penerjemah. Keuntungannya yang kamu dapat adalah klien akan lebih mudah percaya karena kapabilitas yang kamu miliki telah diakui.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai jenis bisnis dibidang digital, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi bagi kamu yang ingin terjun di bisnis digital.

Related Posts