taupasar.com

we read, we create and we share it.

Menghasilkan Cuan, 9 Jenis Bisnis di Bidang Edukasi Wajib untuk Dicoba

Menghasilkan Cuan, 9 Jenis Bisnis di Bidang Edukasi Wajib untuk Dicoba

Menjalankan sebuah bisnis tidak melulu dibidang kuliner, industri, fashion, dan lain sebagainya. Di bidang edukasi atau pendidikan juga bisa menjadi ladang cuan. Di zaman serba ada ini membuat kita harus kreatif dan mampu memanfaatkan segala kesempatan menjadi sumber penghidupan.
Jenis Bisnis di Bidang
Menjadikan bidang edukasi atau pendidikan sebagai potensi bisnis bukanlah sebuah hal yang baru terjadi. Karena di bidang ini memiliki potensi untuk meraup keuntungan yang tidak banyak dilakukan oleh masyarakat.

Padahal, bidang pendidikan ternyata juga bisa memberikan keuntungan bisnis seperti bidang lain. Apalagi pendidikan merupakan suatu hal yang wajib dimiliki setiap orang. Karena meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dari masa ke masa.

Berbagai produk serta layanan bisnis di sektor edukasi ternyata terus-menerus mengalami peningkatan.  Bahkan di era digital saat ini, kamu juga bisa melakukan bisnis bidang edukasi bermodalkan internet yaitu secara online.

Jenis bisnis di bidang edukasi tidak melulu mengenai lembaga bimbingan atau lembaga profesional, karena masih banyak peluang yang bisa kamu dapatkan. Buat kamu yang tertarik melakukan bisnis edukasi, berikut ini ada 7 jenis bisnis di bidang edukasi yang menjanjikan.

9 Jenis Bisnis di Bidang Edukasi

1. Kursus Bahasa Asing

Memiliki keahlian bahasa asing? Jenis bisnis di bidang edukasi yang bisa kamu coba yaitu membuka kursus bahasa asing. Kursus ini akan fokus pada mata pelajaran bahasa asing saja dan materi yang diberikan biasanya lebih lengkap dan komprehensif.

Jika kamu menguasai bahasa Inggris, kami bisa menawarkan paket Grammar, conversation, writing, reading, speaking, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menyediakan materi dalam bentuk paket dan berbagai konsep mengajar yang menarik. Dengan begitu, kursus kamu bisa membuat banyak peminat yang tertarik untuk mengambil kelas yang kamu sediakan.

2. Menjual Materi Pendidikan

Siapa sangka menjual materi pendidikan merupakan salah satu jenis bisnis di bidang edukasi yang menjanjikan. Terkadang, materi dari sekolah dirasa kurang lengkap dan membutuhkan tempat lain untuk mendapatkan pembahasan materi yang lengkap.

Cobalah untuk menawarkan beberapa produk berupa CD/DVD pembelajaran, mainan anak seperti puzzle, video game edukatif, buku cerita, dan lain-lain.

3. Toko Seragam Sekolah

Jenis bisnis di bidang edukasi tidak melulu dari pembelajaran saja, kamu juga bisa membuka kebutuhan anak sekolah misalnya seragam. Membuka toko seragam sekolah dari SD, SMP, hingga SMA. Selain itu, kamu bisa menerima pesanan sesuai model dan tema yang dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen. 

Semakin variatif jenis kain seragam dan model seragam yang kamu jual, maka semakin tinggi pula kemungkinan bisnis kamu berlangsung lama.

4. Penulis Buku

Tahukah kamu saat ini banyak penerbit buku yang membutuhkan naskah untuk diproses dan diterbitkan menjadi sebuah buku. Di zaman serba digital ini, bukan penulis yang mencari penerbit, namun sebaliknya penerbit lah yang mencari penulis.

Biasanya satu naskah buku bisa mendapatkan bayaran sekitar 2 juta rupiah sampai 3 juta rupiah tergantung pada jenis buku dan pengalaman si penulis. Apabila buku yang kamu buat itu laris manis di pasaran, maka keuntungannya pun juga berlipat.

5. Konten Edukasi di Youtube

Selain offline, jenis bisnis di bidang edukasi secara online juga bisa menjadi pilihan dan menjanjikan di masa kini. Youtube saat ini sudah menjadi platform pemutar video memiliki banyak peminat di dunia. Jadi, tidak ada salahnya peluang ini dijadikan ladang cuan. Kamu bisa memanfaatkan Youtube untuk berbagi konten edukasi seperti pembahasan materi pelajaran, video informasi, dan lain sebagainya.

Tapi ingat, pastikan konten kamu menarik dan berkelanjutan sehingga penonton terus mengikuti konten yang kamu buat. Setelah mendapatkan subscriber dan jumlah penonton yang banyak, channel YouTube kamu bisa menghasilkan uang melalui Google Adsense.

6. Bimbel Online

Siapa sangka bimbingan belajar bisa dilakukan secara online, jika kamu tertarik menjalankan bisnis ini, kamu harus membuat konsep belajar dalam sebuah aplikasi. Jadilah sebagai pengajar yang dibutuhkan, sehingga mampu menyampaikan materi dari sebuah video.

Selain itu, kamu berikan juga soal pembahasannya agar siswa bisa lebih memahami apa yang kamu jelaskan. Bimbel online merupakan salah satu jenis usaha masa depan karena telah memanfaatkan media digital dalam operasionalnya.

7. Toko Buku

Apapun pendidikan yang kamu tekuni pastinya tidak akan lengkap tanpa adanya buku, karena buku wajib digunakan sebagai media pembelajaran. Buku sebagai jendela dunia dapat membuka dan menambah wawasan agar dapat memiliki pikiran yang luas. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu membuka bisnis toko buku yang memiliki pangsa pasarnya luas.

Kamu juga bisa mencoba memulai bisnis ini, baik itu di tempat yang khusus seperti mall atau pun membuka di tempat sendiri. Selain mendapatkan cuan, secara tidak langsung kamu telah mengantarkan ilmu pengetahuan kepada orang yang membutuhkan.

8. Kursus Komputer

Selain mampu berkomunikasi dalam bahasa asing, jenis bisnis di bidang edukasi lainnya yaitu mahir menggunakan komputer. Selain untuk kerja, komputer juga diperlukan di sekolah. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu membuka kursus komputer.

Targetnya bisnis ini bisa saja anak sekolah maupun orang dewasa yang memiliki kebutuhan m untuk bisa mengoperasikan komputer dan software tertentu. Tarifnya pun relatif tinggi dan hal ini juga berpotensi mengundang keuntungan yang tidak sedikit.

9. Les Baca Tulis Hitung

Mobilitas masyarakat relatif tinggi sehingga membuat para orang tua rela meninggalkan anak demi bekerja dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Sibuk dengan pekerjaan, sehingga peran orang tua untuk mengajarkan pendidikan pada anaknya tidak ada waktu sehingga kesempatan belajar menjadi lebih sedikit. 

Tidak heran, jika banyak orang tua melimpahkan tanggung jawab dalam mengajar dan mendidik anak mereka orang lain. Pembelajaran yang dibutuhkan adalah mengajarkan anak untuk membaca, menulis, dan menghitung. 

Jadi, tidak ada salahnya dengan peluang ini kamu bisa menekuni bisnis les baca tulis hitung, apalagi kamu menyukai dan sabar terhadap anak-anak. Demikian pembahasan mengenai 9 jenis bisnis di bidang edukasi yang menjanjikan dan bisa menjadi pilihan untuk bisnis kamu.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Semoga informasi ini bermanfaat, dan bisa menjadi referensi kamu dalam memulai dan menjalankan bisnis edukasi.
Related Posts