taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan yang Wajib Anda terapkan

Cara Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan yang Wajib Anda terapkan

Salah satu asset yang paling berharga bagi suatu perusahaan adalah pelanggan. Pelanggan ini bisa menentukan keberhasilan perusahaan. Tidak memilikinya pelanggan suatu perusahaan tidak memiliki keuntungan dan berakibat tidak berkembangnya perusahaan. 
Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan
Kunci meningkatkan pelanggan adalah adanya komunikasi yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. Hal ini akan memberikan dampak yang positif dalam mendapatkan aset dan keuntungan agar bisnis tetap berdiri kokoh. Ada berbagai cara yang harus Anda lakukan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Di bawah ini cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan. 

Cara Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan 

Sesuatu yang penting dan fundamental dalam mengembangkan bisnis adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan juga merupakan salah satu etika yang penting dalam berbisnis. 

Hubungan yang baik dengan pelanggan akan memberikan perasaan energi daya tarik untuk berlangganan membeli atau menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ada cara tersendiri untuk meningkatkannya. Berikut di bawah ini cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang wajib Anda terapkan.

1. Mengenal CRM 

CRM adalah singakatan dari Customer Relationship Management artinya strategi dalam mempertahankan dan mengelola hubungan antar perusahaan dengan pelanggan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas yang berakibat pelanggan melakukan pembelian produk secara berulang dan mereka tidak akan lari ke kompetitor lain. 

2. Memberikan Fasilitas Informasi

Cara yang kedua dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan adalah dengan memberikan fasilitas informasi yang mudah diakses oleh pelanggan Anda. Cara ini dapat merupakan upaya untuk terus terhubung dengan pelanggan. Hal ini juga dapat membangun komunikasi yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. 

Strateginya adalah dengan mencantumkan nomor Hp, email, akun media sosial yang bisa diakses untuk mendapatkan informasi seputar perusahaan Anda. selain itu dengan melakukan ini, Anda juga bisa mendengar keluhan, pesan dan kesan para pelanggan Anda selama menggunakan produk dan jasa bisnis Anda. 

Dari apa yang disampaikan oleh konsumen, Anda bisa membuat rencana-rencana kedepan untuk meningkatkan dan memperbaiki pelayanan dan kualitas produk serta jasa dalam perusahaan Anda. Sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis Anda. 

3. Memiliki Data Pelanggan

Dalam mengembangkan bisnis yang tak kalah penting untuk Anda lakukan adalah memiliki data pelanggan. Dari mulai nama, kota tinggal hingga kontak mereka seperti nomor hp, WA, akun media sosial dan lainnya. Pastikan Anda menyimpan data mereka dengan lengkap sehingga Anda dapat memberikan pelayanan dan respon yang lebih baik. 

Ada cara mudah untuk mendapatkan data mereka. Yakni bisa dengan membuat kolom register seperti Google Form, lalu meminta mereka untuk mengisinya dengan lengkap ketika mereka pertama kali berbelanja ke toko Anda. Data ini bisa digunakan untuk memberikan kabar mengenai produk baru ataupun promo-promo yang sedang berlaku di toko Anda.

4. Melakukan Survey

Strategi yang tak kalah pentingnya juga adalah melakukan survey kepada pelanggan Anda. Mintalah konsumen Anda untuk mengisi kuesioner atau untuk meninggalkan jejak pendapat mereka terhadap produk dan jasa yang Anda tawarkan. 

Cara ini untuk mengetahui performa bisnis yang Anda miiliki agar mengetahui perasaan dan apa yang mereka suka dan tidak suka dari bisnis Anda. Dalam melakukan survey bisnis Anda bisa memanfaatkan berbagai cara untuk memperoleh datanya. Misalnya dengan web form, chat ataupun melalui aplikasi khusus yang Anda ciptakan. 

5. Atasi Komplain Pelanggan dengan Baik

Setelah Anda mendapatkan umpan balik dari pelanggan berupa keluhan, kritik dan saran dari mereka selanjutnya adalah mengatasinya. Jangan sampai dari apa yang disampaikan pelanggan tidak ada aksi ataupun reaksi apapun dari perusahaan Anda. Hal ini tentu memperburuk citra dari perusahaan yang Anda jalankan tersebut. 

Tidak memberikan respon apapun akan memberikan kesan tidak peduli dan tidak mendengar keluhan pelanggan. Tetapi jika Anda responsif dengan memperbaiki kualitas produk dan pelayanan Anda berdasarkan apa yang diharapkan pelanggan hal ini justru akan meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan.

6. Memberikan Hadiah khusus Kepada Pelanggan Setia 

Suatu kelebihan jika Anda memiliki pelanggan yang setia. Karena artinya mereka sudah nyaman dengan bisnis Anda. maka sangat penting untuk memberikan hadiah kepada mereka atas loyalitasnya. Misalnya dengan memberikan promo-promo khusus seperti diskon, bonus atau lainnya. Hal ini akan mampu meningkatkan hubungan Anda dengan mereka. 

7. Mengadakan Acara Khusus

Cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang terakhir adalah dengan mengadakan acara khusus. Para pelanggan setia Anda akan meresa senang jika mereka diakui bagian dari perkembangan dari bisnis Anda. Buatlah suatu acara agar Anda bisa bertemu langsung dengan pelanggan Anda dan memberikan apresiasi terhadap mereka. 

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





7 cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang wajib Anda tahu di atas dijamin dapat meningkatkan keuntungan dari bisnis Anda. perusahaan Anda pun akan semakin berkembang dan mampu menggaji beberapa karyawan, sehingga bisa bermanfaat untuk banyak orang. 
Related Posts